Page 2 of 5

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Nov 03, 2009 5:09 pm
by nanangsurya
pake coolant om tapi keknya yangdi blok mesin banyak endapannya deh.......bisa di bersihin ga ya....lagian radiator GC kayaknya ga ada saluran buat kuras ya...

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Nov 03, 2009 5:25 pm
by derryjanuari
hmm....gmn klo turun mesin n kuras radiator lg.....?

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Mon Nov 16, 2009 9:57 pm
by chrisna97
Sekalian tanya, kalau air Radiator pakai air Amidis bagus ga ya?
Ada yang pake ga?

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Mon Nov 16, 2009 10:41 pm
by irman7977
chrisna97 wrote:Sekalian tanya, kalau air Radiator pakai air Amidis bagus ga ya?
Ada yang pake ga?
Menurut info yang terbaik tetep pake AQUA..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Mon Nov 16, 2009 11:53 pm
by Ctrl_Alt_Del
aqua yg mana nih? jgn salah, aqua air minum itu air mineral, justru banyak mineralnya..
carinya yg destilasi..



.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Nov 17, 2009 5:31 am
by ariphrp
Jangan pakai air mineral oom.. bikin kerak itu..
Pakai air destilasi atau radiator coolant aja..
Radiator GC nggak ada pengurasnya? ada kok.. saya setiap ganti radiator coolant kan nguras radiator..

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Nov 17, 2009 3:24 pm
by chrisna97
ariphrp wrote:Jangan pakai air mineral oom.. bikin kerak itu..
Pakai air destilasi atau radiator coolant aja..
Radiator GC nggak ada pengurasnya? ada kok.. saya setiap ganti radiator coolant kan nguras radiator..
Om Arip, tlg di runtut dong bagaimana cara nguras air radiator, bisa sendiri atau harus ke tukang Radiator.
Kalau bisa sendiri saya mau kuras sendiri aja trus ganti pakai air destilasi berarti Amidis boleh dong itukan ga ada mineralnya.

Mohon petunjuknya, thanks

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Nov 17, 2009 4:07 pm
by pauluspaska
kalau mau kuras air radiator gaya hardcore:
Kalau sirkulasi air mantap, bubuhkan larutan detergen atau sabun colek ke dalam radiator sebelum mesin hidup
1. hidupkan mesin selama 10 menit. 5 menit juga boleh tapi biasanya belum cukup untuk membuka thermostat, kecuali digas RPM sampe 2000 beberapa saat.
2. buka selang radiator yang menempel di mesin bagian atas pada saat mesin hidup itu, cabut perlahan untuk menghilangkan tekanan. jangan mendadak, air panas bisa muncrat kemana-mana. Waktu melepas selang, bungkus selang dengan kain kering tebal dan lindungi tangan.

3. biarkan air mengalir keluar dari dalam mesin sambil mulut radiator diisi air mengalir terus menerus. Kalau penuh hentikan air masuk. Biasanya air berhenti keluar dari mesin kalau tidak ada lagi air di dalam mesin. sampai suhu thermostat tercapai maka air segar masuk lagi ke mesin.
4. kalau mau lebih hardcore, biarkan thermostat membuka tutup beberapa kali sampai air di radiator habis sama sekali tanpa ada air segar masuk, dengan ditandai uap panas saja yang keluar dari mesin. Matikan mesin, lalu pasang kembali selang dengan erat. Masukan air segar destilasi atau air tanah (saya biasa pakai air tanah, sebab saya sering kuras model begini jadi gak sempat karatan)

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Nov 17, 2009 4:15 pm
by Fieldz
om arip, kalo pake coolant itu bukannya agak2 mengkhawatirkan y buat mobil2 seumur2 GC...?
kata bbrp temen2 malah bisa bikin rontok daleman... hiiiiiiii... :-s
yg bener yg mana y? :-?

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Nov 17, 2009 7:41 pm
by 4rif
fasc wrote:
kalo kata apit jangan pake coolant, palagi yang merek2 abal-abal, emang bener coolant titih didih naek tapi bisa bikin kropos blok (kayak punyaku)
mendingan pake air destilat (aer aki yang warna biru), jangan yang merah tu asam sulfat
waduh...padahal baru kemarin ganti pake coolant..
sebelumnya pake air tetesan dari condensatnya AC...
Jadi mending kuras lagi ya..?