[tolong] FC yang aneh -- test maraton

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by adeindra » Mon Dec 07, 2009 12:06 pm

kayak metodenya outobild, mereka pasti ngetes dengan membawa mobilnya jalan 100 km dulu baru isi... baik untuk rute kombinasi maupun tol

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by pauluspaska » Mon Dec 07, 2009 1:04 pm

Saya lupa dapet dari artikel di mana, yang bilang lebih menguntungkan isi bensin waktu suhu lingkungan SPBU dan tekanan udara benar-benar rendah.

suhu dan tekanan tinggi membuat cairan bensin memuai dan menguap.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
arie aja
GC Lover
GC Lover
Posts: 222
Joined: Tue Jul 22, 2008 1:27 pm

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by arie aja » Mon Dec 07, 2009 1:20 pm

dari forum sebelah..

1. ISI BENSIN HANYA DI PAGI HARI,
saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin ?padat?, sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai (!) Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya. Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya. Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

2. SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE
ini mostly karena di sanakita ngisi bensin sendiri alias self-service. Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting ke slow mode (bisa nggak ya?).The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb. Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran. Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu. Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.

3. ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)
Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara yang ada disana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya(internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki. àtrus hubungannya sama hemat bensin apa ya? mungkin gini: kalo di Pom bensin, mereka punya ?internal floating roof?, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

4. SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI (ADATRUK PENGISI)
jangan mengisi bensin. Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.

chrisna97
GC Noob
GC Noob
Posts: 173
Joined: Mon Sep 14, 2009 11:15 am

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by chrisna97 » Mon Dec 07, 2009 2:34 pm

Saya ikut nimbrung ya, karena lagi test FC juga buat GC saya.
- Mobil cuma dipakai istri sekitar komplek aja di Taman kopo dan sesekali keluar komplek dan setelah beberapa hari odometer menunjukkan 181.1 sy isi bensin full tank 29.92 jadi cuma dapet 1:6.05Km
- Penasaran krn anak2 sdh beres ULUM, jadi mobil sy pakai ke kantor odometer 47.9 Km isi bensin 4.52ltr jadi dapet 1:10.59Km

dalam beberapa hari ini sy coba pakai nanti mau check kalau sudah sekitar 100 KM isi bensin brp liter?

Masukkan dari PP waktu isi bensin pagi2 sy baru tahu ya bisa berpengaruh, thanks ;)

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by nanangsurya » Mon Dec 07, 2009 3:20 pm

Mo sumbang saran.....secara kebetulan setiap senin saya pasti tes FC......saya usahakan jalanan sama kondisi kemacetan juga sama, yaitu sidoarjo surabaya (joyoboyo) sebelum berangkat full tank mpe peres......7 KM awal jalan biasa rame lancar kec rata2 maks 40kph sering gas rem......20 km jalan tol rame lancar kec rata2 80kph.....1Km selanjutnya macet merayap......3 Km selanjutnya rame lancar....(kondisi tiap hari senin pagi pasti sama)
Hasil 31 Km = 0.65-0.9 liter. Jadi hasilnya 1 lt=34.4 - 47.6km
Sebagai perbandingan kalau saya parkir di rumah (kondisi garasi 50cm lebih tinggi dari jalan perumahan, lebar garasi hanya 3 m) sebelum parkir tengki saya full tank peres....ancang2 sampe parkir trus paginya keluar lagi sampe posisi terparkir rapi di jalan....bensin di full tank lagi peres....habis sekitar 0.7-1 liter.
Jadi itu sebagai perbandingan kenapa hasil tes kita berbeda2....
Saran

1. Usahakan pada saat tes kondisi mobil, beban, rute, kondisi rute, cara bawa mobil, POM Bensin sama, karena klo tes dengan rute dan kondisi yang beda sama aja juga bohong......
2. Pada saat tes usahakan tidak pake acara mampir2 karena pada saat parkir udah abisin BBM lumayan banyak belum lagi penguapannya.

Klo itu djalani kayaknya hasilnya ga beda2 jauh kok om.......karena tiap senin saya jalanin itu dan jadi rutinitas beli bensin ga sampe seliter.....:)

rgds
nanangsurya
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

chrisna97
GC Noob
GC Noob
Posts: 173
Joined: Mon Sep 14, 2009 11:15 am

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by chrisna97 » Tue Dec 08, 2009 10:42 am

chrisna97 wrote:Saya ikut nimbrung ya, karena lagi test FC juga buat GC saya.
- Mobil cuma dipakai istri sekitar komplek aja di Taman kopo dan sesekali keluar komplek dan setelah beberapa hari odometer menunjukkan 181.1 sy isi bensin full tank 29.92 jadi cuma dapet 1:6.05Km
- Penasaran krn anak2 sdh beres ULUM, jadi mobil sy pakai ke kantor odometer 47.9 Km isi bensin 4.52ltr jadi dapet 1:10.59Km

dalam beberapa hari ini sy coba pakai nanti mau check kalau sudah sekitar 100 KM isi bensin brp liter?

Masukkan dari PP waktu isi bensin pagi2 sy baru tahu ya bisa berpengaruh, thanks ;)
Hari Sabtu & Minggu pakai GC dengan beban lebih berat karena bawa Istri dan 3 anak, dan tadi pagi saya isi full tank lagi dapet 20.18 ltr menempuh jarak 161.5, jadi FC 1:8.

Jadi kalau mau test FC betul kata Om Nanangsurya, harus dengan kondisi yang sama, kalau kondisi sudah sama masih beda hasilnya baru service carbu kalee ya :-?

User avatar
alk
GC Whore
GC Whore
Posts: 2124
Joined: Sun Jul 20, 2008 7:20 pm
Location: Purworejo~Magelang (PP)

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by alk » Tue Dec 08, 2009 11:11 am

mungkin lebih menguntungkan isi BBM saat matahari tidak bersinar, malem s/d subuh saat udara dingin....
GRAND CIVIC
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by pauluspaska » Tue Dec 08, 2009 11:27 am

chrisna97 wrote:
Hari Sabtu & Minggu pakai GC dengan beban lebih berat karena bawa Istri dan 3 anak, dan tadi pagi saya isi full tank lagi dapet 20.18 ltr menempuh jarak 161.5, jadi FC 1:8.

Jadi kalau mau test FC betul kata Om Nanangsurya, harus dengan kondisi yang sama, kalau kondisi sudah sama masih beda hasilnya baru service carbu kalee ya :-?
karbu kalo udah sehat tapi kompresi kurang dan pengapian jelek bisa tetep boros Om Chrisna...
cara memeriksa pembakaran dilihat dari kondisi busi.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by fasc » Tue Dec 08, 2009 2:50 pm

adeindra wrote:kayak metodenya outobild, mereka pasti ngetes dengan membawa mobilnya jalan 100 km dulu baru isi... baik untuk rute kombinasi maupun tol
idealnya si gitu om. satu yang penting dicermati dari metode mereka, sebelum ditest didiemin dulu semaleman dalam kondis penuh, paginya ditambah lagi sampai luber pake gelas ukur, untuk mengeluarkan udara yang mungkin terjebak didalem

gelas ukur? dapet ide ni ngukurnya pake gelas ukur, tapi ada gak disini ya?

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by nanangsurya » Tue Dec 08, 2009 3:23 pm

gelas ukur banyak di jual di apotik......beli yang dari kaca om jangan yang plastik...dijamin yg plastik ga akurat....:)
bagaimanapun caranya tes.....ya harus tetep sama kondisinya....klo biasanya didiemin semalem .....klo mo tes jugaharus didiemin semalam lagi.....klo biasanya ga didiemin klo mau tes lagi ya ga usah di diemin semalem......biar adil...halahhhh
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

Post Reply