Page 2 of 2

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Tue Dec 15, 2009 7:47 am
by fasc
hoho.. kenalan dulu om ilham.hitech biar tambah seru n' asyik ngobrolnya
juga untuk menghormati para sesepuh yang telah susah payah membangun forum ini. ok :?:
disini http://www.grandcivic.com/viewforum.php?f=5

btw, kalo mang bis turun mesin, si bengkel mestinya tanggung jawab sampe bener-bener beres

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Tue Dec 15, 2009 9:45 am
by pauluspaska
coba bantu ya...
kalo bengkel bilang dinding silinder harus OS tapi gak dilakukannya, berarti dia gak teliti dan gak profesional! (maaf)

kalau saya bisa marah besar om. Kok malah banyak masalah ya setelah O/H.
Asep putih keluar dari filter udara, dinding selinder gak di OS, start susah...

Asep putih keluar sewaktu susah start atau mesin sudah jalan? Saya ragu kalau keluar swaktu mesin udah jalan, soalnya kalau udah jalan mekanisme hisap dan buang seharusnya bekerja baik! kalau analisa teman-teman yang lain bilang seal klep gak becus di pasang atau yang lain-lain berarti ni montir gak punya pengalaman O/H. Ini baru mesin SOHC (cam yang harus diatur cuma satu jadi gak mungkin meleset) gimana yang DOHC I-VTEC dll...

Asep putih biasanya adalah hasil tendangan BBM dan udara oleh piston yang gak dapet pengapian, berarti timing meleset, no wonder start susah banget karena bbm gak dibakar, mekanisme hisap dan buang gak berjalan baik.

Kenapa saya bisa analisa begini karena saya pernah ngalamin juga, tapi ini montirnya saya sendiri! hahaha...gara-gara timing meleset, dapet tendangan asep putih dan susah start.

Maaf ya om jadi sewot gini...

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Tue Dec 15, 2009 11:59 am
by saitama
Hmmmmm...... Coba cek posisi timing ud bener blm... Tktnya mbleset 1 atw 2 gigi.... Posisi timing hrs bnr2 0 (nol) ada tandanya kok d casing askruk...
Kl msh ttp coba turun head ajah.. Cek smua dinding boring piston ad yg luka ga?? Piston oblak ga?? Cek lg klepnya... Ud bnr2 g bocor?? Tes pake kucuran bensin... Cek per klep, seal klep, bos klep dlm kondisi terpasang.. Oblak ga?? Tktnya kebalik pasang in-ex nya...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Tue Dec 15, 2009 12:49 pm
by ariphrp
bisa jadi kek pengalaman saya udah ganti piston dll.. ternyata nggak di Over sized.. bengkelnya merintis karir dari mbetulin pompa dragon kali ya.. :))

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Tue Dec 15, 2009 1:26 pm
by pauluspaska
Yang disebutin mbah Saitama itu mah prosedur montir yang teliti dan pro....
tapi gak usah berburuk sangka deh....coba minta pertanggungjawaban montir.

Montir kepala saya yang membantu turun mesin kemarin kasih jaminan mobil bisa lebih baik walau yang ngerjainnya montir-montir muda, dan memang benar...

Bongkar ulang, coba wawancara montirnya, tanya-tanya gitu biar kita tahu dia udah ngerjain apa aja...siapa tahu dia cuma tahu bongkar pompa dragon...:))

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Tue Dec 15, 2009 1:34 pm
by saitama
Bused... Gw ud jd mbah y om paul... Hahahaha..... Berasa tua deh..... Hahahaha....

Yg psti smua hrs d cek... Jgn sll percaya.. Krna itu mbl qt.. Duit qt... Yg pake qt... Jd yg brhak nyuruh jg qt.. Gitu...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Wed Dec 16, 2009 6:44 am
by cipik90
urun rembug dikit ya...
1. Lubang breather adanya di head cover jadi kalo waktu start keluar asap putih kemungkinannya sbb :
- klep in - out tdk menutup sempurna sehingga kompresi di ruang bakar dengan panas tinggi masuk ke ruangan head cover
dan membuat oli di ruang tersebut terbakar sehingga muncullah asap putih
2. Asap putih keluar dari karburator / filter udara kemungkinannya sbb :
- titik pengapian atau advance vacuum belum pas sehingga pada saat terjadi kompresi klep in msh terbuka maka gas
yg terkompresi keluar lewat klep in tsb dan masuk ke karburator / filter udara
3. Asap putih keluar lewat lubang knalpot kemungkinannya sbb :
- sehabis turun mesin itu suatu hal yg biasa spt dibilang om jarno tunggu saja 1 - 2 hari karena msh banyaknya oli yg
'berceceran' di sepanjang ruang bakar shg ikut terbakar
- kalo asap masih keluar terus baik saat di injak pedal gas maupun tidak artinya ring piston tdk 'ngeplak' dengan dinding
silinder (proses turun mesin harus diulang)
- kalo asap putih keluar saat pedal gas diinjak artinya ada kebocoran di klep out, bisa dari sealnya yg kurang bagus atau skir
klepnya yg kurang rapi (proses turun 1/2 mesin lagi)

CMIIW.....
salam

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Mon Dec 21, 2009 10:52 pm
by doenz
mo nambahin pengalaman ni,,dulu sebelum delco mati total punya saya jg gt,,keluar asep putih dari lubang saringan udara,,,ga tau knapa ya?kejadiannya setiap mobil di start...

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Posted: Thu Dec 24, 2009 11:48 pm
by ilham.hitech
Problem solved....,
Ternyata Liner nya udah ga rata, terus di oversize ke 050, Blok mesinya di rebuild biar center lagi, sebelum direbuild kruk as nya susah banget muternya..mungkin itu yg bikin startnya susah ditambah kompresi yang tidak sempurna karena permukaan linernya yg ga rata yg menyebabkan ga ada tenaga. akhirnya ganti Piston dan ring piston OS 050. metal jalan dan metal duduk juga di ganti. Sekarang udah normal saat ini dalam masa reyen(bnr ga tulisnya....mohon maaf kl salah). Thanks buat GC ers yang telah membantu memberi saran. GC.com emang top markotop. Thanks