Page 2 of 7

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Tue Jul 22, 2008 5:03 pm
by Funk_flex
insul buat header sih efeknya memang bikin mesin lebih dingin...tapi headerku jadi cepat getas karena panasnya nda keluar...so ada + - nya juga

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Tue Jul 22, 2008 6:11 pm
by badooy
@PP: gw bingung dengan:
Kemarin aja waktu olah raga naik sepeda, udara lagi dingin-dinginnya, perlu usaha lebih keras untuk bisa lari ....
maksudnya, klo udara dingin, nasi yg diperut susah panass, jadi energi kurang untuk kaki supaya bisa goes kenceng gitu yah??
atau saiah salah yg betul gimana analoginya??? :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

@funkflex:
insul buat header sih efeknya memang bikin mesin lebih dingin...tapi headerku jadi cepat getas karena panasnya nda keluar...so ada + - nya juga
keknya om PP ngomongin apa ya.. tp bukan exhaust wrap yg di header ntu... tp bahasa londonya kali "paking intek" :mrgreen:

Image

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Wed Jul 23, 2008 9:25 am
by pauluspaska
B4D0OY wrote:@PP:


Image
yang ini Om....sorry..mungkin yang bener adalah packing manifold..tapi waktu googling bener kok....

waktu saya pegang manifold panas banget ya....pantesan..antara karbu dan manifold ada karet keras item di dasar karbu..supaya panas karbu gak merembet ke karbu.

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Thu Jul 24, 2008 2:19 pm
by onta
oh itu toh barangnya ......
ta kirain manifold dibungkus2 pake isulator.
trus ada yg tau pastinya aliran air radiator ke arah manifold tujuannya apa??
apa bypass termostat, pemanas manifold atau dua2nya??
ada yg pernah coba dibuntu hasilnya kaya gmn??

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Thu Jul 24, 2008 10:12 pm
by badooy
pauluspaska wrote:
yang ini Om....sorry..mungkin yang bener adalah packing manifold..tapi waktu googling bener kok....

waktu saya pegang manifold panas banget ya....pantesan..antara karbu dan manifold ada karet keras item di dasar karbu..supaya panas karbugak merembet ke karbu.
panas cyl head (ruang bakar) gak merembet karbu gitu maksudna? :mrgreen:
just wondering.. brp signifikan ktnya tuw pake tu paking?

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Fri Jul 25, 2008 10:03 am
by pauluspaska
onta wrote:oh itu toh barangnya ......
ta kirain manifold dibungkus2 pake isulator.
trus ada yg tau pastinya aliran air radiator ke arah manifold tujuannya apa??
apa bypass termostat, pemanas manifold atau dua2nya??
ada yg pernah coba dibuntu hasilnya kaya gmn??
ini dari artikel http://www.autospeed.com.au/A_110474/cms/article.html


Summary
Having seen many people shell out hundreds of dollars for performance mods of dubious value, I wanted as much data as possible to show that this intake manifold insulator thing really worked. I was able to show that:

The intake ran 30 degrees F (17 degrees C) cooler at cruise and at least 50 degrees F (28 degrees C) cooler at idle;
According to my dyno plots, I gained up to 7 horsepower and 11 ft-lbs of torque over the major portion of the power curve.
My best time at the track was ~0.1 seconds quicker and ~1 mph faster.
110474_5mg.jpg

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Sat Jul 26, 2008 12:21 am
by saitama
hmmm yayayyaya no comment dulu aaahhh

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Sun Aug 10, 2008 4:09 pm
by General Lee
udara ataupu bahan bakar sebelum masuk ruang bakar harus dingin. knp demikian?
dalam sebuah molekul seperti udara atau BBM, akan mengalami pertambahan jumlahnya jika mengalami penurunan suhu. sebaliknya kalau suhu panas jumlah molekul pun sedikir. intinya kepada kepadatan molekul.
logikanya begini. misal pada suhu normal (contoh 30 derajat celcius) 1 gram udara memiliki 10 molekul udara. jika didinginkan misal 20 derajat jumlah molekul pada 1 gram berubah jadi 15 buah. sebaliknya jika panas misal 40 derajat jumlah molekul pada 1 gram udara jadi tinggal 5 doang.

dari situ kembali ke teori motor bakar. karena jumlahnya molekul pada udara bertambah otomatis jumlah kalor saat terjadi pembakaran lebih banyak. power meningkat.

kalau blm jelas main logika saja.
sobat masuk ruang A/C selama 10 menit, terasa nafas lebih ringan. kemudian keluar ke ruangan yang tidak ber A/C pasti nafas seakan lebih sesak. itu mengisyaratkan jumlah molekul yang diisap hidung menuju paru-paru pada saat kondisi panas sedikit, sebaliknya saat kondisi dingin jumlahnya lebih banyak. alhasil, napas jadi enteng.

balik ke BBM. antara BBM dan udara saling terkait jika ngomongin ke faktor temperatur. kedua ini merupakan bahan yang memiliki jumlah molekul tertentu. jadi intinya pendinginan BBM atau udara masuk sama-sama akan meningkatkan tenaga mesin.
sebagai bukti :kalau gak salah 3-4 tahun lalu team Ferrari pernah dicekal karena menggunakan bahan bakar dingin. saat itu jead todt memasukkan tangki Ferrari milik Schumacher dimasukkan ke dalam kulkas. karena menggunakan bahan bakar illegal itulah akhirnya FIA mengelurkan aturan baru dengan 'TIDAK MEMPERBOLEHKAN PENGGUNAKAN BAHAN BAKAR DINGIN'. selain F1 balap international sejak saat itu seperti MotoGP, World Rally hingga World Superbike tidak diperbolehkan menggunakan cooling fuel (bahan bakar yang didinginkan)
nah, berhubung di balap Indonesia regulasi bahan bakar dingin blm terlalu menjadi permasalahan. temen2 di forum ini bisa memanfaatkan bahan bakar dingin untuk balapan, misalnya drag race atau touring car.
selamat mencoba.

Sorry boss Saitama gue ngelancangi masuk forum nih. abis forum sebelah sepi-sepi aja, sih. he, he, he, he

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Sun Aug 10, 2008 10:19 pm
by badooy
wiiitttsss... wiiiiww.w...
mantaafff bengeeet penjelasanna...
S3 nya Sastra Fisika om?? :P

Re: (WTA) Insulator Manifold

Posted: Mon Aug 11, 2008 12:02 pm
by Kurniawan dicky
wedew,... mantab neh... :o :o
di web water4gas, ada alat untuk panaskan BBM dgn tujuan hemat.
berlawanan dgn cerita ini, yg BBM nya didinginkan dgn tujuan tenaga.
Feeling sy seh emang sebaiknya dingin....cmiiw
Lalu kalo pake insulator biar dingin, aliran air panas radiator ke intake manifold menjadi tidak diperlukan, begitu kah??