Page 2 of 7

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 11:13 am
by Nawee
Berhubung GC umurnya dah uzur, jdna kudu, mesti, pasti, hrs bgt di skir klep dgn turun 1/2 msn, much better kl dbarengin dgn PnP yg baik
mengingat BBM dr jaman dulu yg ngga jelas kualitasna, dpt dpastikan GC dah bnyk Kerak karbonnya.

FYI... GC gue wkt di skir klep & PnP, saking kerasnya karbon yg nempel hrs dibersihan pake 'Kape'.

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 11:14 am
by iphoer
pauluspaska wrote:Cara paling mudah memeriksa apakah kita kudu skir klep:

1. Cek kompresi.
Kompresi standar GC 13 dengan spare sampai 2 (turun). Klep yang offset membuat tekanan bocor.

2. Busi
warna ujung busi yang tidak merata dan mencurigakan. Hitam dan atau basah dicurigai silinder itu yang bocor. Klep yang offset juga bikin kotot busi

3. Intip ruang bakar
Kalau berwarna hitam karena jelaga (gak bisa lihat warna dasar piston) dicurigai klep gak duduk dengan baik.

Kalau mau skir klep sekalian PnP aja....soalnya sekalian bongkar.

Foto waktu gw dulu PnP udah dihapus di HP jadi gak bisa posting nih....
Parts yang diganti waktu PnP:
1. Seal klep
2. gasket manifold
3. dan parts lainnya yang bakal ketauan waktu turun 1/2 itu.....
Optimasi Harga pas PNP kmrn dgn perts2 yg diganti itu?

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 11:49 am
by meneer
Nawee wrote:Berhubung GC umurnya dah uzur, jdna kudu, mesti, pasti, hrs bgt di skir klep dgn turun 1/2 msn, much better kl dbarengin dgn PnP yg baik
mengingat BBM dr jaman dulu yg ngga jelas kualitasna, dpt dpastikan GC dah bnyk Kerak karbonnya.

FYI... GC gue wkt di skir klep & PnP, saking kerasnya karbon yg nempel hrs dibersihan pake 'Kape'.
hihihi...jadi inget punya gw ndiri tuh om...
ga cuman kape ajah kali...obeng minus,digetok palu karet,semprot pake carb cleaner dan laen2...

saking tebelnya kali ya :lol:

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 1:14 pm
by Kurniawan dicky
saitama wrote:salam kenal brooo sesama grandy lover harus saling bantu kaan hehehe

kalo head yang item ( pic yang pertama ) tuh udah harus di bersihin total sebenernya skir klep tuh hanya karena terdapat kerak yang menumpuk di bagian klepnya entah di atas ataw di bawah mending kalo udah turun head sekalian aja suruh prting n polish

perlu di ingat bahwa porting n polish itu bukan memperbesar lubang intake ataw exhaust tapi menghaluskan pori2 yang terkena kerak yang terlalu menumpuk n udah keras banget ga bisa di bersihkan pake amplas biasa jadi ga usah takut untuk porting n polish

laen dengan scrub kalo scrub itu tujuan nya untuk memperbesar kompresi di ruang bakar biasanya di lakukan jika ingin ikut balapan yang membutuhkan tenaga besar ( hp gede belon tentu torsi gede )
ataw jika mesin udah pernah overheating secara extreme ( temperatur sampe mentookk ke atas itu wajib hukum nya harus scrub head karena permukaan nya molet

sekalian pada saat kita skir klep cek juga bos klep n setteng rumah klep nya kalo ada yang seret ganti aja bos klep nya dulu biasanya penggantian bos klep di barengi sama setteng klep nya

ngecek perlu ga nya di skir bisa di liat dari kompresi nya coba cek pake kompresi meter bawa ke bengkel aja kompresi std nya 14 bar kalo dia di bawah 14 bar berarti ada yang bocor kompresinya sehingga tenaga jadi loyo n bensin jadi boros

gituu aja deeehh maap kalo panjang dan laaaamaaa
Bravo Om, ini persis dialami GC ane. Pernah overheat, kompresi bocor, turun setengah, skirklep, pas dipasang kruk as berat...gagal deh malah mesin berasep putih. Trus turn full oversize 50 skalian p n p hasil nya tarikan enteng, suhu stabil. Hanya sayang ada masalah, getaran besar saat dibawah rpm 2000, mesin seperti pincang padahal kompresi semua ok. Kira2 masalahnya dimana Om? kata bengkel karena intake kelewat halus, betulkah?
tx b 4

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 1:20 pm
by adeindra
sebelum skir klep gue...sering gelitik bahkan dikecepetan tinggi (padahal udah setelan delko udah pas)...sekarang enakkkkkkkkkkkkk....
kalo di apit, 400ribu skir klep, kalo mau plus PnP jadi total 800ribu (jasa only). Kemarren itu gue tinggal mobil 4 hari.
Yang mungkin harus dibeli adalah paking, oli, saringan oli dan busi ...yang lain tergantung....
kalo kaya om iwan di provis, 2,4juta ya wan?

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 1:57 pm
by Nawee
adeindra wrote:sebelum skir klep gue...sering gelitik bahkan dikecepetan tinggi (padahal udah setelan delko udah pas)...sekarang enakkkkkkkkkkkkk....
kalo di apit, 400ribu skir klep, kalo mau plus PnP jadi total 800ribu (jasa only). Kemarren itu gue tinggal mobil 4 hari.
Yang mungkin harus dibeli adalah paking, oli, saringan oli dan busi ...yang lain tergantung....
kalo kaya om iwan di provis, 2,4juta ya wan?
Tul Om ADe include spare part... (mahal yah PnP di Provis :( :( )

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 2:35 pm
by badooy
Nawee wrote: Tul Om ADe include spare part... (mahal yah PnP di Provis :( :( )
kyknya di provis selain pnp tu komponen mesin dibalans ulang yah??
secara deket karya wisesa jg khan...

de, nambahin.. seal klep pastina wajib deh diganti..

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 7:27 pm
by yog134et
Cuma mau bantu neh om,

Btw abis P n P kemarin kruk as udh dibalance ulang blm om..?
kalo belum, mungkin salah satunya itu atau mungin cam nya udh gak standar?
kalo intake kelewat halus kek nya gak deh om...betul gak om yuda ? om iwan?

Bravo Om, ini persis dialami GC ane. Pernah overheat, kompresi bocor, turun setengah, skirklep, pas dipasang kruk as berat...gagal deh malah mesin berasep putih. Trus turn full oversize 50 skalian p n p hasil nya tarikan enteng, suhu stabil. Hanya sayang ada masalah, getaran besar saat dibawah rpm 2000, mesin seperti pincang padahal kompresi semua ok. Kira2 masalahnya dimana Om? kata bengkel karena intake kelewat halus, betulkah?
tx b 4[/quote]

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 7:37 pm
by saitama
alat buat cek kompresi modelnya kayak alat ukur tekanan angin cuma dia ntar nancepnya di lubang busi jadi busi di lepas trus di tancepin alat itu trus mobil di idupin ga pake busi selama sekitar 15 detik ntar di liat kompresi paling tingginya sampe berapa bar

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 7:41 pm
by saitama
q di surabaya bozz kalo di luar sby q ga tau dimana bengkel yang punya alat buat cek kompresi kalo cuma di hitung secara manual pake rumus itu kan berlaku pada saat ada ukuran2 nya kalo mesin kepasang kan kita ga bisa tau kalo pake alat itu ngeceknya pas waktu di pasang n mesin nyala jadi bisa di bandingkan secara itung2an brapa n secara nyatanya berapa