Page 2 of 2

Re: radiator ud dirubah

Posted: Fri Mar 19, 2010 12:53 pm
by Kurniawan dicky
onta wrote:klo waktu manasin mobil, coba dibuka tutup radiatornya. ceritakan di sini kaya apa.
punyaku hampir mirip ceritanya, diamati dari daerah tutup radiator ga ada muncrat, ga ada gelembung.
eh kemarin hoki, pas iseng2 mlototin mesin ketahuan selang heater dari termostat dah bocor.
abis di betulin ga lagi berkurang.
Nambah satu tips lagi... sering2 melototin mesin... sapatau hoki... :D :D
Kalo saya sering cek karna takut digigitin tikus om...

Re: radiator ud dirubah

Posted: Sun Apr 04, 2010 11:06 pm
by nouvaricko
kata orang bengkel sih di liat waktu dingin..buka tutup radiator, trus nyalaken mesin..kalo air langsung muter, tandanya termostat udah ke laut.. :D
ane beli di tukang jagal dapet 50rb.. barunya sekitar 150an mungkin...

Re: radiator ud dirubah

Posted: Tue Apr 06, 2010 3:09 pm
by shopin
nouvaricko wrote:kata orang bengkel sih di liat waktu dingin..buka tutup radiator, trus nyalaken mesin..kalo air langsung muter, tandanya termostat udah ke laut.. :D
ane beli di tukang jagal dapet 50rb.. barunya sekitar 150an mungkin...
bukanya klo muter tandanya sirkulasi air radiator normal om??

Re: radiator ud dirubah

Posted: Tue Apr 06, 2010 3:21 pm
by b2199nb
nah lo yg bener yg mana nih??????

Re: radiator ud dirubah

Posted: Tue Apr 06, 2010 3:30 pm
by nanangsurya
oowee wrote:
kemarin waktu panasin mobil trus buka tutup radiatornya ga ada yg muncrat, ga ada yg gelembung,
tapi rada curiga ada yg bocor om, soalnya diintip kolong mobil ada bekas air yg menetes, padahal baru sebulan radiator diservis (ganti pantat radiator dengan plat kuningan),...

kalau asap putih menandakan air kebakar trus kalau dibiarkan apakah akan merusak mesin om???
mohon pencerahannya om plizzz!!!!
klo asepnya putih pekat.....tuh oli yang kebakar.......klo asepnya item...tuh pembakaran ga sempurna....klo asepnya putih bening begitu keluar knalpot langsung ilang tuh uap air...kaya air di masak....

Re: radiator ud dirubah

Posted: Tue Apr 06, 2010 3:33 pm
by b2199nb
nah klo majalah aer muter tuh bijimane om nanang, ada 2 persepsi tuh yg bener yg mana, yg sesat biar ketauan wkwkwkwk

Re: radiator ud dirubah

Posted: Tue Apr 06, 2010 4:39 pm
by nanangsurya
klo masalah aer yang muter.....sama2 benernya om...cuman tinggal di gabungin ajah......klo untuk mobil yg tanpa thermostat...begitu mesin di idupin ya langsung muter tuh aerna......klo yang pake thermostat kan harus liak dulu temperaturnya..klo emang udah panas dan waktuna muter ya pasti muter deh tuh aer.......karena fungsina thermostat kan untuk mengatur on off nya waterpump.....
hehehehehe...klo ada yg salah boleh kok di koreksi...
Tapi intina...lebih baik aerna muter om dari pada ga muter sama sekali....

Re: radiator ud dirubah

Posted: Tue Apr 06, 2010 4:58 pm
by cokgus
nanangsurya wrote:klo masalah aer yang muter.....sama2 benernya om...cuman tinggal di gabungin ajah......klo untuk mobil yg tanpa thermostat...begitu mesin di idupin ya langsung muter tuh aerna......klo yang pake thermostat kan harus liak dulu temperaturnya..klo emang udah panas dan waktuna muter ya pasti muter deh tuh aer.......karena fungsina thermostat kan untuk mengatur on off nya waterpump.....
hehehehehe...klo ada yg salah boleh kok di koreksi...
Tapi intina...lebih baik aerna muter om dari pada ga muter sama sekali....
water pump bknny muter terus om?,ga pake switch,sblm mencpai suhu optimal termostat ga buka dl,airnya sirkulasi di water jacket aj,stlh suhu optimal termostat ngebuka,air yg d water jaket keganti pake air yg diradiator....Kalo muter brarti sirkulasi bgus kalo trus2an muter brrti ga pake termostat ato trmostat kebuka trus,jd mesin ga pernah mencpai suhu optimal...Silahkn dikoreksi kalo salah,hehe

[Post made via Mobile Device] Image

Re: radiator ud dirubah

Posted: Tue Apr 06, 2010 6:25 pm
by Kurniawan dicky
Yup betul om cokgus...thermostat ngebuka di suhu tertentu (85oC) secara mekanik bimetal untuk mensirkulasi air ke radiator.
Waterpump jalan terus seiring putaran mesin...