Page 2 of 5

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Mon May 03, 2010 3:36 pm
by ijosambeliler
cokgus wrote: br jd ada bcor halus om..Pas kuras radiator ke tukang radiator skalian aj dicek kbocorannya..Khusus u/ minyak rem bs aj berkurang krn smakin tipis kampas otomatis minyak jg turun

[Post made via Mobile Device] Image
ok om..td abis jalan ane perhatiin ada tetesan air persis di bwh radiator,cuma dikit bbrp tetes gitu,sumbernya ane cari sptnya di body radiator bag bwh,tp kl mesin lg dingin tetesan itu ga tjd..
mgn minyak rem,bs dibalik ga logikanya om,mksd ane kl minyak ga berkurang brarti kampas rem msh ckp sehat?

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Mon May 03, 2010 4:02 pm
by ariphrp
Coba ganti pake radiator coolant.. paginya intip ke kolong.. ada tetesan air warna hijau nggak? kan bisa dibedain jadinya air kondensasi ac atau radiator coolant..

Kalau berkurangnya banyak & sering ngisi/nambah, bisa jadi bocor serius itu oom.. kemungkinan bocor:
- Selang Radiator, atas maupun bawah
- Pipa by pass yang nyambung ke rumah thermostat, biasanya keropos karatan..
- Waterpump bocor..
- Radiatornya emang bocor
- Tutup radiator dah harus ganti juga bikin air menguap cepat


Kalau jelaga hitam karena setelan bahan-bakar terlalu kaya.. jadinya pembakaran nggak optimal.. jelaganya terbuang melalui knalpot.. sebenernya pagi kalau knalpot berair sudah bagus.. tinggal setelan supply bahan bakar aja yang belum pas

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Tue May 04, 2010 9:05 am
by choElo98
numpang masalah juga nih om...kalo diGCku kalo mesin panas(abis dipake gitu) biasanya air di reservoirnya jadi penuh, kenapa om???? :-\ :-\ :-\
kebiasaan pagi selalu nambahin air radiator (+-1aqua gelas) walaupun air direservoir normal(posisi maX), Benarkah??
Kalo di gas, air diradiator luber ke luar dan ada gelembung udaranya, Sehatkah??
#:-s #:-s
trims om.

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Tue May 04, 2010 9:17 am
by ariphrp
Kalau kondisi panas memang air reservoir bertambah oom.. maka nggak boleh diisi penuh reservoirnya.. batas maximum aja cuma setengah kan?

Naah kalau digas lalu radiatornya luber/nyembur alias mudal keluar mulut radiator kemungkinannya:
- Ada yang mampet, radiator kudu diservis
- Packing dexcel/cylinder head dah bocor karena beberapa kemungkinan.. paling parah cylinder head melenting karena overheating.
- Kalau packing dexcel bocor biasanya ada gelembung udaranya.. karena kompresi mesin bocor ke saluran pendingin dan tekanannya itu jadi gelembung udara di mulut radiator.. paling parah, dari mulut radiator keluar asap baunya seperti knalpot.. Saya pernah ngalamin baru turun mesin tempo hari.. jadinya headnya di scrap/bubut biar rata.. baru pasang packing baru.

better check now unless you'll regret it...

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Tue May 04, 2010 9:50 am
by zulindra
baru tau aku kalo batas maksimum reservoir cuma setengah. pantas aja kemarin isi penuh malah tumpah2.

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Tue May 04, 2010 9:54 am
by ariphrp
Kan ada garis maksimal dan minimalnya oom.. kek air accu juga maksimalnya juga bukan sampe poll kan? coba perhatikan minyak rem dan power steering.. batas maksimalnya nggak sampe penuh di bibir botolnya..

Naah kalau bekel minum di botol maksimalnya emang sampe nyaris luber.. sama tuh sama air bak mandi.. =))

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Tue May 04, 2010 3:36 pm
by choElo98
waduuuhhh...trims om arip,,jadi deg degan nih kalo sampai melenting :( :(
coba diservis lagi radiatornya, coz terakhir servis plus ganti head radiator ke yang kuningan bulan desember'09.
kalo packing dexcel ntu yang mana om?
trus apa yang musti diganti, lama pengerjaan ama estimasi biaya produksinya om...he he
:-s :-s :-\

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Tue May 04, 2010 4:37 pm
by ariphrp
engine head tempat bersemayamnya klep, camshaft dan kawan-kawan.. itu kalau terpasang dengan blok mesin kan ada packing diantara dua bagian tersebut.. naah itu dia packing dexcel alias packing kepala mesin..

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Tue May 04, 2010 6:42 pm
by choElo98
om arip emang wuokeee dehh..langsung SIAGA menjawab pertanyaannya..tengkyuuuuuu deh om arip.
tapi belum ke jawab semuanya tuh om...Plissss!!

Re: Air raditor cpt berkurang & keluar kotoran dari knalpot

Posted: Wed May 05, 2010 8:48 am
by ijosambeliler
ariphrp wrote:Coba ganti pake radiator coolant.. paginya intip ke kolong.. ada tetesan air warna hijau nggak? kan bisa dibedain jadinya air kondensasi ac atau radiator coolant..

Kalau berkurangnya banyak & sering ngisi/nambah, bisa jadi bocor serius itu oom.. kemungkinan bocor:
- Selang Radiator, atas maupun bawah
- Pipa by pass yang nyambung ke rumah thermostat, biasanya keropos karatan..
- Waterpump bocor..
- Radiatornya emang bocor
- Tutup radiator dah harus ganti juga bikin air menguap cepat


Kalau jelaga hitam karena setelan bahan-bakar terlalu kaya.. jadinya pembakaran nggak optimal.. jelaganya terbuang melalui knalpot.. sebenernya pagi kalau knalpot berair sudah bagus.. tinggal setelan supply bahan bakar aja yang belum pas
Siap om..ane mang dah pgn ganti dgn radiator coolant,tp tar aja,skalian kuras n servis radiator nyari brgkali ada yg bocor,nyiapin dana dulu :smile:
kl sekedar nambahin radiator coolant tanpa kuras air radiator yg lama ngefek ga om?