Disumbat?? ga keras tuw remnya??fasc wrote: 2. apa fungsi dan bagaimana fungsi vacuum?
karna ternyata di selang master vacuum gcku, disumbat pake lem
VACUM
Re: VACUM
Re: VACUM
bukan master rem omonta wrote:
Disumbat?? ga keras tuw remnya??
maksudnya pembagi vacuum cabang 5, yang ada gambarnya diatas, disumbat satu
kalo aslinya 5, yang satu buat apa dong? aslinya uda disumbat?onta wrote:Pembagi vacuum yg 5 biji lobang ga ada bedanya antara matic ama manual. Sami mawon lah ..
Umumnya, seperti kata sesepuh, yg dipake cm 4 lubang sesuai gambar.
Lubang yg nongol ke atas bisa dipake buat yg lain al: vacuum meter / HCS
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: VACUM
Om Yulian, cuma pake 4 cabang kok. Yang satu lagi saya pakai buat Vacuum meter.
Grandcivic Kaca Gelap
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: VACUM
Yuk kita urutin biar beres.SuPeRNoVa wrote:Bos2 numpang bantuannya.......g ada masalah vacum dan urutan selangnya....di mobil g master vacumnya cuma ada 4 cabang...g bingung ngaturnya biar bener lg....
kondisinya :
1. slang vacum yg dr delco langsung ke carburator.tidak ke master vacum dulu
2. yang ke master vacum membran yg deket carburator
3. yang ke master slang yg ke ac yg nempel deket body...
pokonya ada 1 yg kosong tuh di master vacumnya.....
tlng bantuannya...please
1. Yang dari delco masuk ke master. 5-1=4
2. Selang solenoid AC di body masuk ke master. 4-1=3
3. Dari bodi karbu atas ke master. 3-1=2
4. dari membran controller ke master. 2-1=1
Jadi sisa 1 kan? harus di sumbat supaya vacuum gak bocor.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: VACUM
thanks om onta, om ade, om paska
pertanyaan lagi
1. apa sih sebenernya fungsi vacuum advance (vacuum delco) ?
2. mggu lalu baru ketahuan ditengah2 selang ke vacuum delco disumbat pake gotri, pas dicoba gotri diilangi rpm jadi naek turun gak karuan, pasang lagi deh. ini apanya yg rusak, vacuum delco, delco pa malah karbu?
pertanyaan lagi
1. apa sih sebenernya fungsi vacuum advance (vacuum delco) ?
2. mggu lalu baru ketahuan ditengah2 selang ke vacuum delco disumbat pake gotri, pas dicoba gotri diilangi rpm jadi naek turun gak karuan, pasang lagi deh. ini apanya yg rusak, vacuum delco, delco pa malah karbu?
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: VACUM
AFAIK ya,fasc wrote:thanks om onta, om ade, om paska
pertanyaan lagi
1. apa sih sebenernya fungsi vacuum advance (vacuum delco) ?
2. mggu lalu baru ketahuan ditengah2 selang ke vacuum delco disumbat pake gotri, pas dicoba gotri diilangi rpm jadi naek turun gak karuan, pasang lagi deh. ini apanya yg rusak, vacuum delco, delco pa malah karbu?
1. vacuum advance di delco fungsinya untuk maju mundurin timing pulser berdasarkan kevacuuman intake manipold.
2. Kemungkinan vacuum membrannya sudah bocor.... coba slang yg ke membran disedot mulut untuk cek kebocoran.
Re: VACUM
betul tuw Om Dicky.
cara kerja vacuum advance dah pernah di bahas di topik yg mana lupa![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Intinya timing pengapian bisa diatur berdasarkan load mesin. (ditentukan ama besaran bukaan skep karburator, semakin dibuka, daya vacuum di intake manifold akibat gerakan isapan piston semakin kecil)
Logikanya, kalau gas diinjek dalam:
- isapan bensin di venturi karbu mengecil
- kompensasinya power valve bekerja untuk membesarkan supply bensin + accelerator pump
- jumlah bbm yg masuk ruang bakar semakin banyak sehingga membutuhkan waktu untuk terbakar habis semuanya
- timing pengapian mundur karena vacuum advancer menerima daya vacuum dr intake yg lebih kecil saat posisi skep karbu idle
Kalau vacuum advance disumbat, pastinya mobil nda bisa irit, tenaga kempos bisa jg sering nglitik.
Pengapian hanya mengandalkan mekanikal advancer yg bekerja ketika rpm diatas 2000/2500
Saat cruising, supply bensin minim, pengapian terlalu mundur. Sebelum piston naik di posisi seharusnya, busi sudah menyala.
Coba cek postingan dr Om PP, bisa jadi vacuum diaghpragmanya dah bocor, atau governor advance (isi pelor 3 di dalam delco) pecah.
semoga membantu
[Post made via Mobile Device]![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
[Post made via Mobile Device]![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
cara kerja vacuum advance dah pernah di bahas di topik yg mana lupa
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Intinya timing pengapian bisa diatur berdasarkan load mesin. (ditentukan ama besaran bukaan skep karburator, semakin dibuka, daya vacuum di intake manifold akibat gerakan isapan piston semakin kecil)
Logikanya, kalau gas diinjek dalam:
- isapan bensin di venturi karbu mengecil
- kompensasinya power valve bekerja untuk membesarkan supply bensin + accelerator pump
- jumlah bbm yg masuk ruang bakar semakin banyak sehingga membutuhkan waktu untuk terbakar habis semuanya
- timing pengapian mundur karena vacuum advancer menerima daya vacuum dr intake yg lebih kecil saat posisi skep karbu idle
Kalau vacuum advance disumbat, pastinya mobil nda bisa irit, tenaga kempos bisa jg sering nglitik.
Pengapian hanya mengandalkan mekanikal advancer yg bekerja ketika rpm diatas 2000/2500
Saat cruising, supply bensin minim, pengapian terlalu mundur. Sebelum piston naik di posisi seharusnya, busi sudah menyala.
Coba cek postingan dr Om PP, bisa jadi vacuum diaghpragmanya dah bocor, atau governor advance (isi pelor 3 di dalam delco) pecah.
semoga membantu
[Post made via Mobile Device]
![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
[Post made via Mobile Device]
![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: VACUM
Tuh pakarnya mesin turun gunung...
kalo vacuum delco disumbat, gak bisa instant waktu nyalip, ada jeda. Nglitik pula...
kalo vacuum delco disumbat, gak bisa instant waktu nyalip, ada jeda. Nglitik pula...
Grandcivic Kaca Gelap
Re: VACUM
benul, uda ketemu di milistonta wrote:betul tuw Om Dicky.
cara kerja vacuum advance dah pernah di bahas di topik yg mana lupa![]()
Wed Apr 11, 2007 8:11 am
Loh kok malah dibuntu??
ada masalah?
klo ga salah fungsi vacuumnya itu untuk memajukan timing pengapian.
dari spec pabrik kalau mesin idle (sedotan yang terkuat) maks timing bisa maju sampai 18 derajat BTDC.
kalau tanpa vacuum advance, timing pengapian mentok di 2 derajat BTDC (tergantung setelan distributor).
Klo vacuum ga dipasang, timing pengapian jadi static.
klo ngikut standart pabrik di 2 derajat, tarikan mobil waktu beban berat (tanjakan) jadi lelet (hilang tenaga).
terpaksa harus stel distributor jadi lebih maju pengapiannya.
Klo pengapian maju, bisa muncul gejala knocking (sumber penyakit mesin).
saya sempet ganti vacuum, ketahuannya tarikan mesin berat + bbm boros.
Cuma masalah BBM boros tetep masih ada. hiks
![Sad :(](./images/smilies/2.gif)
sama ini
Fri Apr 13, 2007 8:57 am
Ralat yang kemarin,
sebenernya ga dipasang vacuum advance ga bikin nglitik.
Mesin-mesin yg lama sekali pada ga pake vacuum advance (VA).
Fungsi utamanya VA tandem sama mekanikal advance
cara kerjanya hampir bisa dikatakan bergantian
kalau mekanikal advance (per) timing maju dipengaruhi sama rpm mesin.
kalau VA dipengaruhi sama isapan manifold.
Isapan terbesar saat mesin idle (low rpm) dan isapan terkecil saat full wide open throtle blade (high rpm)
VA ini dikondisikan bekerja pada rpm rendah dimana mekanikal advance belum bekerja sepenuhnya.
VA ini bekerja kalau injek gasnya ga dalem2 (di jalan tol kecepatan konstan atau di kota kecepatan rendah)
intinya engine efisiensi: bbm irit, mesin lebih responsive
semoga ini ga salah .... hehehhe
klo salah ya gw minta tolong diajari ama yg lebih tau
bener, ni ketahuannya sehabis overhaul kok kalo dalkot boros banget 1:8, sblumnya ga pernah ngukur fc dalkot. kata koh apit si karbunya ga beres tuonta wrote: Kalau vacuum advance disumbat, pastinya mobil nda bisa irit, tenaga kempos bisa jg sering nglitik.
Pengapian hanya mengandalkan mekanikal advancer yg bekerja ketika rpm diatas 2000/2500
Saat cruising, supply bensin minim, pengapian terlalu mundur. Sebelum piston naik di posisi seharusnya, busi sudah menyala.
kalo luar kota non tol si masih terhitung irit lah 1:13
thanks om onta