Page 2 of 7

Re: VACUM

Posted: Wed Nov 04, 2009 10:58 am
by onta
fasc wrote: 2. apa fungsi dan bagaimana fungsi vacuum?
karna ternyata di selang master vacuum gcku, disumbat pake lem :cry:
Disumbat?? ga keras tuw remnya??

Re: VACUM

Posted: Wed Nov 04, 2009 11:41 am
by fasc
onta wrote:
Disumbat?? ga keras tuw remnya??
bukan master rem om
maksudnya pembagi vacuum cabang 5, yang ada gambarnya diatas, disumbat satu
onta wrote:Pembagi vacuum yg 5 biji lobang ga ada bedanya antara matic ama manual. Sami mawon lah ..
Umumnya, seperti kata sesepuh, yg dipake cm 4 lubang sesuai gambar.
Lubang yg nongol ke atas bisa dipake buat yg lain al: vacuum meter / HCS :D
kalo aslinya 5, yang satu buat apa dong? aslinya uda disumbat?

Re: VACUM

Posted: Wed Nov 04, 2009 12:46 pm
by adeindra
yang satu buat seperti yang gue bilang tadi. kaga kepake di indo. emang wajib disumbat kalo ennga dipake
paulus 5-5 nya dipake karena pake water injeksi kali :)

Re: VACUM

Posted: Wed Nov 04, 2009 1:39 pm
by pauluspaska
Om Yulian, cuma pake 4 cabang kok. Yang satu lagi saya pakai buat Vacuum meter.

Re: VACUM

Posted: Wed Nov 04, 2009 1:43 pm
by pauluspaska
SuPeRNoVa wrote:Bos2 numpang bantuannya.......g ada masalah vacum dan urutan selangnya....di mobil g master vacumnya cuma ada 4 cabang...g bingung ngaturnya biar bener lg....
kondisinya :
1. slang vacum yg dr delco langsung ke carburator.tidak ke master vacum dulu
2. yang ke master vacum membran yg deket carburator
3. yang ke master slang yg ke ac yg nempel deket body...
pokonya ada 1 yg kosong tuh di master vacumnya.....

tlng bantuannya...please
Yuk kita urutin biar beres.

1. Yang dari delco masuk ke master. 5-1=4
2. Selang solenoid AC di body masuk ke master. 4-1=3
3. Dari bodi karbu atas ke master. 3-1=2
4. dari membran controller ke master. 2-1=1

Jadi sisa 1 kan? harus di sumbat supaya vacuum gak bocor.

Re: VACUM

Posted: Thu Nov 05, 2009 2:17 pm
by fasc
thanks om onta, om ade, om paska

pertanyaan lagi
1. apa sih sebenernya fungsi vacuum advance (vacuum delco) ?
2. mggu lalu baru ketahuan ditengah2 selang ke vacuum delco disumbat pake gotri, pas dicoba gotri diilangi rpm jadi naek turun gak karuan, pasang lagi deh. ini apanya yg rusak, vacuum delco, delco pa malah karbu?

Re: VACUM

Posted: Thu Nov 05, 2009 2:33 pm
by Kurniawan dicky
fasc wrote:thanks om onta, om ade, om paska

pertanyaan lagi
1. apa sih sebenernya fungsi vacuum advance (vacuum delco) ?
2. mggu lalu baru ketahuan ditengah2 selang ke vacuum delco disumbat pake gotri, pas dicoba gotri diilangi rpm jadi naek turun gak karuan, pasang lagi deh. ini apanya yg rusak, vacuum delco, delco pa malah karbu?
AFAIK ya,
1. vacuum advance di delco fungsinya untuk maju mundurin timing pulser berdasarkan kevacuuman intake manipold.
2. Kemungkinan vacuum membrannya sudah bocor.... coba slang yg ke membran disedot mulut untuk cek kebocoran.

Re: VACUM

Posted: Thu Nov 05, 2009 4:21 pm
by onta
betul tuw Om Dicky.
cara kerja vacuum advance dah pernah di bahas di topik yg mana lupa :)
Intinya timing pengapian bisa diatur berdasarkan load mesin. (ditentukan ama besaran bukaan skep karburator, semakin dibuka, daya vacuum di intake manifold akibat gerakan isapan piston semakin kecil)
Logikanya, kalau gas diinjek dalam:
- isapan bensin di venturi karbu mengecil
- kompensasinya power valve bekerja untuk membesarkan supply bensin + accelerator pump
- jumlah bbm yg masuk ruang bakar semakin banyak sehingga membutuhkan waktu untuk terbakar habis semuanya
- timing pengapian mundur karena vacuum advancer menerima daya vacuum dr intake yg lebih kecil saat posisi skep karbu idle

Kalau vacuum advance disumbat, pastinya mobil nda bisa irit, tenaga kempos bisa jg sering nglitik.
Pengapian hanya mengandalkan mekanikal advancer yg bekerja ketika rpm diatas 2000/2500
Saat cruising, supply bensin minim, pengapian terlalu mundur. Sebelum piston naik di posisi seharusnya, busi sudah menyala.

Coba cek postingan dr Om PP, bisa jadi vacuum diaghpragmanya dah bocor, atau governor advance (isi pelor 3 di dalam delco) pecah.

semoga membantu

[Post made via Mobile Device] Image

[Post made via Mobile Device] Image

Re: VACUM

Posted: Fri Nov 06, 2009 1:24 pm
by pauluspaska
Tuh pakarnya mesin turun gunung...

kalo vacuum delco disumbat, gak bisa instant waktu nyalip, ada jeda. Nglitik pula...

Re: VACUM

Posted: Fri Nov 06, 2009 2:37 pm
by fasc
onta wrote:betul tuw Om Dicky.
cara kerja vacuum advance dah pernah di bahas di topik yg mana lupa :)
benul, uda ketemu di milist

Wed Apr 11, 2007 8:11 am
Loh kok malah dibuntu??
ada masalah?
klo ga salah fungsi vacuumnya itu untuk memajukan timing pengapian.
dari spec pabrik kalau mesin idle (sedotan yang terkuat) maks timing bisa maju sampai 18 derajat BTDC.
kalau tanpa vacuum advance, timing pengapian mentok di 2 derajat BTDC (tergantung setelan distributor).

Klo vacuum ga dipasang, timing pengapian jadi static.
klo ngikut standart pabrik di 2 derajat, tarikan mobil waktu beban berat (tanjakan) jadi lelet (hilang tenaga).
terpaksa harus stel distributor jadi lebih maju pengapiannya.
Klo pengapian maju, bisa muncul gejala knocking (sumber penyakit mesin).

saya sempet ganti vacuum, ketahuannya tarikan mesin berat + bbm boros.
Cuma masalah BBM boros tetep masih ada. hiks :(

sama ini

Fri Apr 13, 2007 8:57 am
Ralat yang kemarin,
sebenernya ga dipasang vacuum advance ga bikin nglitik.
Mesin-mesin yg lama sekali pada ga pake vacuum advance (VA).
Fungsi utamanya VA tandem sama mekanikal advance
cara kerjanya hampir bisa dikatakan bergantian

kalau mekanikal advance (per) timing maju dipengaruhi sama rpm mesin.
kalau VA dipengaruhi sama isapan manifold.
Isapan terbesar saat mesin idle (low rpm) dan isapan terkecil saat full wide open throtle blade (high rpm)
VA ini dikondisikan bekerja pada rpm rendah dimana mekanikal advance belum bekerja sepenuhnya.

VA ini bekerja kalau injek gasnya ga dalem2 (di jalan tol kecepatan konstan atau di kota kecepatan rendah)
intinya engine efisiensi: bbm irit, mesin lebih responsive

semoga ini ga salah .... hehehhe
klo salah ya gw minta tolong diajari ama yg lebih tau

onta wrote: Kalau vacuum advance disumbat, pastinya mobil nda bisa irit, tenaga kempos bisa jg sering nglitik.
Pengapian hanya mengandalkan mekanikal advancer yg bekerja ketika rpm diatas 2000/2500
Saat cruising, supply bensin minim, pengapian terlalu mundur. Sebelum piston naik di posisi seharusnya, busi sudah menyala.
bener, ni ketahuannya sehabis overhaul kok kalo dalkot boros banget 1:8, sblumnya ga pernah ngukur fc dalkot. kata koh apit si karbunya ga beres tu
kalo luar kota non tol si masih terhitung irit lah 1:13
thanks om onta