discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Mon Oct 18, 2010 11:57 pm
Dengan IC pembagi biasa bisa ga om? setiap satu pulsa triger akan menggeser posisi on satu langkah dan kembali ke satu lagi setelah pulsa ke 4. tapi masalahnya ini hanya mengitung pulsa, sedangkan start posisi tidak selalu dari coil 1,2,3 ato 4. belum lagi putaran balik saat mesin mati ato gagal start juga mengirim satu pulsa, brarti harus bisa hitung mundur, trus pengingat posisi coil terakhir saat mesin dimatikan supaya aman saat catu daya di lepas.
weeehhhh......... nyerah om...
![D oh #-o](./images/smilies/40.gif)
-
Kurniawan dicky
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Post
by Kurniawan dicky » Tue Oct 19, 2010 7:53 am
Yap..Pa'de Gung, IC pembagi mungkin bisa dimanfaatkan... jika gagal start atau saat pertama start posisi pada angka sembarang, IC pembagi harus mulai dari 1 lagi (reset). Setelah ketemu angka 1 nya (posisi top cam shaft), baru dia akan berhitung pulsa lagi....
Sepertinya perlu satu sensor lagi untuk posisi 1 nya....hmmmm...
IC pembagi bisa high speed gak om? jangan sampe salah hitungan saat rpm tinggi...
![Ha ha :))](./images/smilies/21.gif)
-
pauluspaska
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Post
by pauluspaska » Tue Oct 19, 2010 11:13 am
Tuh kan, diskusi ini udah mulai kayak para engineer Honda baru mikirin soal ECU...hehehe
Dari pada pusing bikin actuator dan rangkaian logic, sebaiknya masih pakai distributor, coil indipenden buat masing2 busi.
Coba bayangkan, kita harus memikirkan kalau rangkaian IC pembagi bisa menghitung tepat saat salah start atau saat rem mendadak yang bikin timing belt loncat. Pusing.
Distributor terhubung ke derajat pengapian TDC dengan noken as, jadi walau salah start/gak mau nyala, dia masih mengikuti putaran noken as itu.
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Tue Oct 19, 2010 1:37 pm
Kurniawan dicky wrote:Yap..Pa'de Gung, IC pembagi mungkin bisa dimanfaatkan... jika gagal start atau saat pertama start posisi pada angka sembarang, IC pembagi harus mulai dari 1 lagi (reset). Setelah ketemu angka 1 nya (posisi top cam shaft), baru dia akan berhitung pulsa lagi....
Sepertinya perlu satu sensor lagi untuk posisi 1 nya....hmmmm...
IC pembagi bisa high speed gak om? jangan sampe salah hitungan saat rpm tinggi...
![Ha ha :))](./images/smilies/21.gif)
Betul om, kalo reset dipasang di top cam shaft pasti salah hitung bisa dikoreksi, tapi masih punya angka kesalahan 1 sampe 2 langkah sampai top cam shaft di capai. Tentang respon max frekwensi IC saya blum tau om, keknya masih tergantung kwalitas juga to ? yg di pasaran umum kali beda dengan kw alsina.
Tuh kan, diskusi ini udah mulai kayak para engineer Honda baru mikirin soal ECU...hehehe
Dari pada pusing bikin actuator dan rangkaian logic, sebaiknya masih pakai distributor, coil indipenden buat masing2 busi.
Coba bayangkan, kita harus memikirkan kalau rangkaian IC pembagi bisa menghitung tepat saat salah start atau saat rem mendadak yang bikin timing belt loncat. Pusing.
Distributor terhubung ke derajat pengapian TDC dengan noken as, jadi walau salah start/gak mau nyala, dia masih mengikuti putaran noken as itu.
Wakakkkkkkk.... cuma penjajakan kok om..... sapa tau bisa bikin ECU......
![Rolling on the floor =))](./images/smilies/24.gif)
-
Kurniawan dicky
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Post
by Kurniawan dicky » Tue Oct 19, 2010 5:50 pm
pauluspaska wrote:Tuh kan, diskusi ini udah mulai kayak para engineer Honda baru mikirin soal ECU...hehehe
Dari pada pusing bikin actuator dan rangkaian logic, sebaiknya masih pakai distributor, coil indipenden buat masing2 busi.
Coba bayangkan, kita harus memikirkan kalau rangkaian IC pembagi bisa menghitung tepat saat salah start atau saat rem mendadak yang bikin timing belt loncat. Pusing.
Distributor terhubung ke derajat pengapian TDC dengan noken as, jadi walau salah start/gak mau nyala, dia masih mengikuti putaran noken as itu.
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
Betul om PP, terlalu ribet kalo bikin ECU...pantesan harganya mahal....xixixi
Jadi untuk pengatur timing masih menggunakan distributor Om.. dan betul pakai coil idependent alias 1 koil per busi...
Nah signal pengapian yang dari distributor yg masih low volt itu kita bagi2 ke 4 koil tadi melalui transistor switching .
Kalo yg pernah di coba di corola itu, 1 sensor mengendalikan 1 coil, jadi tinggal tambah aja jadi 4 sensor...
nah kalo hanya 1 sensor saja yg digunakan, maka perlu rangkaian pembaginya / sequencer..
kira..kira..begitu om..
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Tue Oct 19, 2010 9:43 pm
Setuju om, lebih gampang pakai 4 sensor. Keknya signal pulser cukup untuk mentriger transistor switching, brarti tinggal pasang 4 pulser di ujung rotor.
Tinggal design tutup distributor yg sesuai, bagus juga tu.....
-
pauluspaska
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Post
by pauluspaska » Wed Oct 20, 2010 3:20 pm
Saya punya spare tutup delko, sok siapa yang mau experimen tutup delko
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
-
Kurniawan dicky
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Post
by Kurniawan dicky » Wed Oct 20, 2010 5:00 pm
pauluspaska wrote:Saya punya spare tutup delko, sok siapa yang mau experimen tutup delko
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
musti Delco segelundung om
kalo pake 4 sensor kira2 begini: gimana om?
dis 2.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
adi_vostro
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1051
- Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
- Location: jogja-semarang
Post
by adi_vostro » Wed Oct 20, 2010 11:00 pm
ijin memantau Om............
nb : sharing dong Om, keuntungan sistem distributorless ini...
![Big hug :ymhug:](./images/smilies/6.gif)
![Image](http://i1009.photobucket.com/albums/af212/adi_vostro/DSC00247-1-1.jpg)
whity luphly hunny bunny sweety.......
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Wed Oct 20, 2010 11:15 pm
adi_vostro wrote:ijin memantau Om............
nb : sharing dong Om, keuntungan sistem distributorless ini...
![Big hug :ymhug:](./images/smilies/6.gif)
Pengapian jadi lebih stabil om, baik di putaran rendah maupun tinggi.
lebih jelasnya biar dijelasin ma yg punya thred.