Page 2 of 4

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Thu Feb 17, 2011 6:40 pm
by ega_culun
Saya dulu pernah gt jg om,ternyata setelan vacum yg narik idle karbunya kendor.hehe

[Post made via Mobile Device] Image

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Thu Feb 17, 2011 10:52 pm
by Koboy
wah.....kalo masalah rpm alias idle....ampun deh om...macem2....sampe sekarang saya punya blum ketemu juga idlenya...gak tau tuh kenapa....dari selang2 vacum, service karbu, vacum2nya, cek pcv valve, tambah kabel masa, cek cdi, koil, sampe pinjem delco segelundung, sampe ganti busi dan kabel busi....tetep aja blum ketemu....sampe akhirnya males ndiri....sampe hampir semua DIY yg ada di forum ini udah semua saya lakuin....tapi yg ngalamin sampe kaya begini paling juga saya doang om....kalo yg saya sebutin diatas itu om cek semua....pasti ada yg nyangkutlah...

o..ya..yg belum saya lakuin cuma 1 om....masalah kompresi mesin...alias hrs OH. kalo sampe udah OH tetep ya...gak tau...hehehehe....

[Post made via Mobile Device] Image

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Fri Feb 18, 2011 8:31 am
by Acuy700
Thank you Om Ega n Om Koboy,...atas pencerahan'a neey.... sbtul'a dlu jg saya pernah ngalamin RPM turun mendadak di Tol smp akhirnya mesin mati sma skali n G bsa distater,..akhir'a diderek sm mobil dr TOL smp keluar Tol Ciganea gtu d... msuk bengkel lalu dicek sana sini,.. cek pengapian, cek sikring,..cek CDI , eh t'nyata Delco'a lumer gara2 kepanasan gtu Om,... Nah, skrg kasus'a mirip2 gtu neey,... Jd RPM turun dibawah 500 gtu,... n hmpir2 mati...

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Sat Feb 19, 2011 10:47 pm
by pauluspaska
Kalau om koboy atau om acuy di jakarta bisa saya bantu periksa om.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Sun Feb 20, 2011 7:37 am
by zulindra
oya om PP, saya bingung kok derajat pengapian gak tepat ya. sy nyetelnya pake standar whitemark. tapi pas selang ditancepin ke delco, derajatya gak nyampe di red mark (bahkan garis paling pertama). ada saran gak om ?

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Sun Feb 20, 2011 11:30 am
by pauluspaska
Coba ketika atur timing, delko digeser-geser sampai pas.
Trus simulasikan bukaan gas.
1.Gas disentak cepat, apakah RPM naik dengan cepat atau sperti tertahan? Mau pilih yang mana? Mau cepat naik yang artinya putaran bawah bertenaga tapi cepat loyo di atas atau sebaliknya?
Sehari-hari gaya nyetir kayak apa? Stop n go yang cepat atau santai?
2. Gas perlahan dinaikan sampai mesin mulai menjerit. Jangan sampai red line. Berapa RPM? Lihat di spek mesin peak torque ada di RPM berapa? Peak torque bisa digeser dikit kok.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Sun Feb 20, 2011 1:00 pm
by zulindra
pengenx sih putaran atas bwah tetap mantap.. He3x. Saya sih suka yang akselerasi cepat. Cuma rada2 nglitik kalo nanjak. RPM sy atur di 800-900.
Peak torque apaan om ?

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Sun Feb 20, 2011 3:25 pm
by Koboy
pauluspaska wrote:Kalau om koboy atau om acuy di jakarta bisa saya bantu periksa om.

[Post made via Mobile Device] Image
wah....om pp thanks banget.... kalo suatu saat saya ke jakarta, coba deh saya kontak2 om pp sapa tau bisa ketemu dan bisa dimintai tolong sama bisa direpotin... hehehe.....

[Post made via Mobile Device] Image

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Sun Feb 20, 2011 3:29 pm
by Koboy
wah...maksudnya whitemark, resline apaan sih om....gak mudeng

[Post made via Mobile Device] Image

Re: RPM engine turun tiba2....

Posted: Sun Feb 20, 2011 5:48 pm
by zulindra
white mark tuh tanda yang ada di crankshaft om.. kalo GC 91 white mark ada 2 garis, red mark 3 garis. nyetel pengapian kalo pake timing light acuannya tanda itu om..