Page 2 of 2

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Sun Apr 17, 2011 10:35 pm
by Pa'de Gung
Kebanyakan kasus seperti ini karna putaran fan terbalik om, dulu saya pernah alami saat baru ganti extra fan.
Dan saya yakin muternya bener, karna arahnya sama dengan fan utama. Ternyata extra fan muternya berlawanan dengan fan utama.
Ga ada salahnya diyakinkan lagi kalo semua fan menghisap udara dari radiator dan nyembur udara ke mesin.

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Mon Apr 18, 2011 9:13 am
by Kurniawan dicky
Nambahin om...
kalo radiator and fan normal, kemungkinan kompresor berat, bisa dari komponen dalam kompresornya, bisa juga aliran freon tersumbat seperti filter dryer udah ngeblok atau kondensor mampet. GC saya juga sekarang kondisi kompresornya berat, kerasa banget pas lagi AC on tapi gak sampe overheat. Meski kompresor dah di O/H masih berat, sama tk AC di vonis kondensor tersumbat mesti belum ngeblok, tandanya di pipa input ke kondensor terjadi panas (bukan panas dri mesin).

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Mon Apr 18, 2011 9:20 am
by Kurniawan dicky
Oh ya, kalo kondensor ato pipa ato dryer filter ada yg mampet bikin kerja kompresor berat dan terjadi panas, kalo udah panas maka thermal fusenya bekerja, jadi kompresor magnet tidak mau ON. efeknya rpm naik dan AC gak dingin. Kompresor panas bisa juga karena kurang oli.

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Mon Apr 18, 2011 6:41 pm
by Ctrl_Alt_Del
nah itu dia... kayaknya ac gw mampet trus thermal fuse aktif (baru tau gw kerjanya bgini)
soalnya gejalanya jg kayak switch aktif tp kompresor kayak yg gak konek alias rpm aja yg naek..
sempet gw perhatiin di dryer jg koq cairan freonnya agak2 coklat gitu.. kayaknya ada lumpur/karat di dalem..
coba dhe ntar gw ganti freon n dryer dl..

btw, R12 sama R134 kan beda yah, klo mesinnya udah gado2 alias campur2 gimana tuh?
soalnya di manual book katanya komponen R12 ama R134 ngga bisa disatuin..
nah kompresor gw kan r134, sementara komponen lainnya masih bawaan GC yg r12 kan ya?
brarti kudu ganti dari kondenser, dryer, evap, dkk dong? apa cukup dryernya aja ? kondenser n evap kayaknya gitu2 aja dhe.. :p


.

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Mon Apr 18, 2011 7:17 pm
by meneer
dah isi r134 aja oms...ama ganti dryer...aq aja sekian taun ga mleduk koq :D

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Tue Apr 19, 2011 7:56 am
by Kurniawan dicky
AFAIK om, R12 ke R134 kalo kompresornya dah R134, lainnya hanya tinggal ganti Oring di tiap2 sambungan, lalu dryer, lalu connector buat isi freon. Lengkapnya di sini:
http://www.sanden.com/originals/images/retro.pdf

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Tue Apr 19, 2011 4:26 pm
by jimbuntu
Wah... thanks atas infonya Om Kurniawan....
sepertinya ini masalah di AC GC ku juga nih...
ada bengkel Ac besar yg nyaranin lebih baik ganti seluruh komponen AC (kompresor dll nya) soalnya dah tua ....... diitung-itung ampe 3,5 jutaan...
apa emang sampe segitu ya harganya?

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Wed Apr 20, 2011 10:32 am
by Kurniawan dicky
jimbuntu wrote:Wah... thanks atas infonya Om Kurniawan....
sepertinya ini masalah di AC GC ku juga nih...
ada bengkel Ac besar yg nyaranin lebih baik ganti seluruh komponen AC (kompresor dll nya) soalnya dah tua ....... diitung-itung ampe 3,5 jutaan...
apa emang sampe segitu ya harganya?
Udah tua kalo masih berfungsi baik knapa mesti ganti om...
Kalo krna udah tua diminta ganti mah...lama2 mobilnya juga di saranin ganti om... :D :mrgreen:

Re: mesin atau ac yg ngadat ?

Posted: Thu May 05, 2011 4:08 pm
by jimbuntu
Benul kata Om Dicky....
lagi nyari bengkel AC yg bener2 mau sepenuh hati perbaiki tu AC mobil..... he he he