discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Tue May 17, 2011 11:34 pm
h3nk1 wrote:
maksudnya waktu di starter gak ada bunyi starter ato bunyi cetek2 ato bunyi apapun gitu om...hanya lampu tekanan oli agak redup dikit om...trus kalo di coba beberapa kali kadang mau aja tiba2 njreng idup gitu om...kalo gak kadang dibiarin dulu semalaman setelah itu kadang mau om...kalo di jumper mau om...tapi akinya gak masalah...soalnya kalao udah idup habis di jumper langsung dimatiin trus di idupin lagi mau dia om...bingung jg neh...
Kalo di jumper mau, berarti masalah di switch kontaknya. Biasanya plat kontaknya sudah aus dan kotor, per penekannya juga agak lemah.
Tapi bisa juga pin penghubung kabelnya longgar. Tidak terlalu sulit memperbaiki switch kontak, tapi kebanyakan memilih menambahkan relay pada bendiknya.
btw... om h3nk1 pake M/T ato A/T...? soalnya agak beda jalur starternya.
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Tue May 17, 2011 11:56 pm
Koboy wrote:
sekalian juga mo nanya nih om....bedanya kalo yg bermasalah di CDI ato koil gimana om....? apa ada semacam gejala gimana...? soalnya mbl saya termsk kadang susah staternya....tapi kadang juga gampang banget...bingung juga saya....emangnya kalo staternya susah apa ada hubungannya ama idle..?
Gejalanya suka mirip om, mesin sering tiba2 mati lalu bisa dihidupkan lagi dan mati lagi, tapi dalam hal ini tingkat kerusakan koil lebih tinggi dibanding CDI.
Kalo cuma susah start, keknya penyebabnya belum tentu mereka berdua.
Hubungannya dg idle saya kira relatip om, tergantung penyebab susah startnya. kalo susah start karena dinamo starter lemah, pasti ga ada hubungan dg idle...
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
Tapi kalo penyebabnya proses di ruang bakar kurang sempurna....pasti idle bermasalah pula.
-
ega_culun
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 969
- Joined: Sat Oct 23, 2010 3:09 am
- Location: semarang
-
Contact:
Post
by ega_culun » Wed May 18, 2011 12:40 am
Wah,mumpung ada tread ini.numpang nanya.
GC saya aneh om,kadang2 rpm tiba2 tinggi gmw turun klo ac off atau pas kompresor acnya g nyaut.disekitaran 1500.
Trus jalan,normal lagi..dan kadang pula kalo pas dimatiin,extra fan AC masih nyala untuk sekian detik om.pdhl kontak sudah pada posisi off.jadi klo pas rpm tinggi saya kudu matiin mobil pas Ac saya nyalakan,biar mesin g goncang krn rpm ketinggian.
Ada masalah sama apanya ya om.biasanya problem ini timbul kalo habis dipake lari2 kecil om.kan mobil jadi panas,tapi kadang pas pelan saat macet juga timbul..
Mohon bantuannya om.
Makasi sblmnya
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Wed May 18, 2011 1:43 am
Coba cek selang2 vacumnya om, mungkin ada yg longgar ato bocor. Paling gampang cek saat masalah timbul, jadi langsung tau reaksinya.
Fan AC memang dirancang demikian om, ada delay control yg mengatur kerja fan AC.
-
ega_culun
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 969
- Joined: Sat Oct 23, 2010 3:09 am
- Location: semarang
-
Contact:
Post
by ega_culun » Wed May 18, 2011 7:20 am
Selang vacum sudah saya ganti semua om.dan tdk ada masalah kebocoran sprtinya..
Tapi wajar g sih om delaynya kalo Ac sudah off dan kontak juga sudah dalam posisi off.fan masih nyala sekian detik.??
-
h3nk1
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 366
- Joined: Fri Nov 12, 2010 10:35 am
- Location: padang-payakumbuh sumbar
Post
by h3nk1 » Wed May 18, 2011 11:08 am
Pa'de Gung wrote:h3nk1 wrote:
maksudnya waktu di starter gak ada bunyi starter ato bunyi cetek2 ato bunyi apapun gitu om...hanya lampu tekanan oli agak redup dikit om...trus kalo di coba beberapa kali kadang mau aja tiba2 njreng idup gitu om...kalo gak kadang dibiarin dulu semalaman setelah itu kadang mau om...kalo di jumper mau om...tapi akinya gak masalah...soalnya kalao udah idup habis di jumper langsung dimatiin trus di idupin lagi mau dia om...bingung jg neh...
Kalo di jumper mau, berarti masalah di switch kontaknya. Biasanya plat kontaknya sudah aus dan kotor, per penekannya juga agak lemah.
Tapi bisa juga pin penghubung kabelnya longgar. Tidak terlalu sulit memperbaiki switch kontak, tapi kebanyakan memilih menambahkan relay pada bendiknya.
btw... om h3nk1 pake M/T ato A/T...? soalnya agak beda jalur starternya.
maksudnya di jumper sama aki mobil lain om...mobil saya M/T om...
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Wed May 18, 2011 2:17 pm
ega_culun wrote:Selang vacum sudah saya ganti semua om.dan tdk ada masalah kebocoran sprtinya..
Tapi wajar g sih om delaynya kalo Ac sudah off dan kontak juga sudah dalam posisi off.fan masih nyala sekian detik.??
Betul om, Saat AC on Fan dan idle up nyala duluan baru kompresor, supaya RPM ga sempat drop saat dibebani kompresor.
sebaliknya saat off kompresor mati duluan baru fan dimatikan.
Kalo selang vacum sudah diganti, coba cek selang yg masuk ke solenoid idle up, selang yg ke hisap harus di bawah, kalo kebalik bocor.
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Wed May 18, 2011 2:24 pm
h3nk1 wrote:
maksudnya di jumper sama aki mobil lain om...mobil saya M/T om...
Kalo gitu ya jelas dari akinya om.... coba cek dulu klem di pole akinya, mungkin tidak tersambung bagus.
-
h3nk1
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 366
- Joined: Fri Nov 12, 2010 10:35 am
- Location: padang-payakumbuh sumbar
Post
by h3nk1 » Wed May 18, 2011 2:50 pm
Pa'de Gung wrote:h3nk1 wrote:
maksudnya di jumper sama aki mobil lain om...mobil saya M/T om...
Kalo gitu ya jelas dari akinya om.... coba cek dulu klem di pole akinya, mungkin tidak tersambung bagus.
maksudnya kalo di jumper pake aki mobil lain mau hidup om...habis itu kalo langsung dimatiin tuh mobil...di starter ulang tanpa di jumper ama aki mobil lain jg idup tuh mobil...berarti aki sebenarnya kan gak masalah...lagian aki udah di cek ama tukang aki masih bagus kok om...soalnya akinya jg blom ada 2 bulan baru diganti...
-
pauluspaska
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Post
by pauluspaska » Wed May 18, 2011 3:14 pm
h3nk1 wrote:
maksudnya kalo di jumper pake aki mobil lain mau hidup om...habis itu kalo langsung dimatiin tuh mobil...di starter ulang tanpa di jumper ama aki mobil lain jg idup tuh mobil...berarti aki sebenarnya kan gak masalah...lagian aki udah di cek ama tukang aki masih bagus kok om...soalnya akinya jg blom ada 2 bulan baru diganti...
Kalo ini gulungan solenoid yang harus diganti...udah kelamaan, ganti aja pasti langsung tokcer
Grandcivic Kaca Gelap