Page 2 of 8

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Aug 22, 2011 9:57 pm
by indra trisna
Thanks pakdegung infonya,,, klo gitu gejala2 CDI semafut ( stengah mati) gimana ya?? :D

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Aug 22, 2011 10:14 pm
by L 5146 US
pengalaman wkt persiapan gath 2 gresik, klo jalan normal RPM naik turun (ga stabil) tp klo dibejek masih bertenaga, cek 1 per satu daleman delco mulai trecker ga masalh & tinggal 1 item (cdi) & pinjem cdi si blonthank....akhirnya sembuh smp bwt lebaran, abis lebaran hunting delco segelondong punya mas astro....mpe skrg gc item hijrah ke malang.....malah jd inget si item...... :(( :((

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Sep 05, 2011 3:26 pm
by thufail
Mo sharing aja... sebelum lebaran mobil mogok total ga bisa starter, di cek busi ternyata ga ada api sama sekali.. analisis montir ktnya klo ga CDI, Koil yang kena... langsung jalan ke atrium, karna toko pada tutup, yang ktemu cuma toko Timur Raya..
kt montir, biasanya yang rusak koilnya, CDI jarang rusak... berhubung domisili di bogor, ya udah sekalian aja beli CDI sama Koil biar ga bolak balik.. Kmaren harga CDI yang Ori 600rb, Koil Ori 450rb... (kemahalan ngga ya harganya?) dengan perjanjian klo cdi belom dibuka segelnya bisa dibalikin...

pertama yang diganti Koilnya. Setelah diganti ternyata mesin nyala. Dipanasin 10 menit tetep nyala. Begitu mau jalan, masuk gigi mundur, mesin langsung mati lagi... cek2 pengapian ngga ada setrum sama sekali. Langsung aja CDI diganti juga, mesin langsung Greng....

Pas lagi lebaran mo silaturahmi di jalan, tiba2 GC ngadat. ngga mo idup sama sekali.. info dari bini yang biasa make sehari-hari sebelumnya mesinnya suka ndut2an....:)) :( cek busi ga ada apinya sama sekali (maklum, taunya cek busi doang). panggil montir besoknya... tutup tempat CDI ma Koil itu, yang ada kabel businya.. (apa ya namanya?? :-? ) dibersihin... eh mesin greng lagi.... montirnya juga bingung, ko bersihin gitu doang mesin bisa sampe mati total....

selamet, kirain mesti ganti CDI lagi....

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Sep 05, 2011 3:38 pm
by adeindra
emang segituan lah harganya

wah mungkin juga om kalo tutup tutup distributornya, titik kontaknya kotor kena oli jadinya api engga ngalir deh ke kabel busi

Re: Share CDI mati

Posted: Tue Sep 06, 2011 11:02 am
by choElo98
murah koilnya om, disini 580rb

Re: Share CDI mati

Posted: Tue Sep 06, 2011 12:17 pm
by zulindra
Jadi kepikiran bisa aja cuma rotor yang kotor jadi ganti CDI dan Koil.. pernah juga GC saya didiagnosa oleh montir koilnya kalah.. ternyata cuma kabel busi aja yang oblak.. pas service kontak poin kabel busi problem solved..

Re: Share CDI mati

Posted: Thu Sep 08, 2011 10:14 am
by alens akbar
nimbrung juga..
beberapa hari yg lalu waktu malem'' cari ceperan alias (cewekpinggirjalan)
gjalanya sblum cdi mati mobil ndut"an..
bbrpa jam kmudian waktu mau pulang, kcepatan tinggi mesin langsung mati total!!
jantung langsung nyut2an.. waktu itu sktar jm 11 malem d tengah sawah apeeeeesss :(( :((

langkah pertama: buka kap doang gak ngapa2in sangking bingungnya apa yg kudu d benerin!!
langkah kedua : telpon pa'de ehhhh gak diangkat" (mungkin uda istirahat)
langkah ketiga : telpon om han ehhhhhh nihil juga, kagak diangkat...

terpaksa nginepp d mobil sampek pagii, sktar jm 8pagi mobil derek dateng, langsung bwa kbengkel.

* ternyata CDI tewasss :((
langsung berangkat k toko sparepart sarinah motor kediri
nanya'' harga CDI ori harganya 450K
sdangkan segelondong DELCO harga 650K
langsung aja ambil yg segelondong!!

pasang langsung greeengggg :ymparty: :ymparty:

tpiii stelah d testdrive mbil masih ndut"an..
akhirnya lepas kabel busi n cek busi ternyata ada salah satu kabel yg (methel) *bhsa indonesianya apaan yak??
ganti aja skalian kabel businya.. langsung oke lagi dueeeehhh
alhamdulillah :ymhug: :ymhug: :ymhug:

Re: Share CDI mati

Posted: Tue Jan 24, 2012 11:14 am
by azerocks
Pa'de Gung wrote:
arozi wrote:Edun....
Bukan nya kalo CDI mati tuh ga akan bisa starter om?
Betul om, ga bisa di stater, tapi kadang mau idup lagi (CDI pertama mati total) dan kejadiannya ga tentu, bisa saat mesin dingin or panas.
Cuma saya perhatikan pas lagi jalan trus mati jarum RPM langsung 0, padahal mesin masih muter serperti kalo di dorong.
Sedangkan dulu waktu coil mati dengan kejadian yg sama jarum RPM baru 0 setelah mobil/mesin berhenti.
Om, kalo kejadiannya kayak dibawah ini tandanya CDI mati juga kah?

posisi mesin mati -> kunci kontak diputar ke posisi On -> mesin idup -> masukkin gigi satu, baru mau jalan, mesin mati -> kunci kontak ke posisi off-kan, putar lagi ke posisi On -> mesin idup, RPM naek ke posisi idle, eh mesin langsung mati, RPM otomatis drop ke 0 -> coba starter lagi, distart sepertinya ada arus listrik #suara starter normal# tapi mesin gak 'ngangkat' #punten kalo istilahnya kurang tepat, hehehe...#
sejauh ini baru coba:
1. sedot selang bensin siapa tau selang bensin mampet --> hasilnya, selang bensin awalnya terasa berat tapi beberapa kali dicoba lancar, bensin ampe penuh dimulut... :?
2. cek aki -> masih oke
3. cek radiator -> secara visual level air di radiator dan reservoir normal
4. cek busi -> dudukan busi paling kanan (kalau kita menghadap ruang mesin) ternyata sudah oblak, diputar berapa kali pun gak mengencang dan ada sedikit oli di badan busi tsb. tiga busi lainnya secara fisik masih oke, mungkin ini yang menyebabkan konsumsi bbm saya beberapa hari terakhir jadi boros yah #maaf potensi OOT#
5. terakhir cek delco -> sempet kaget kalo ternyata terlihat rumah delco dan dudukan chop2 kabel busi itu #apaan nih istilahnya mulay ngawur..# ada sedikit celah menganga indikasi kurang rapat, dan baut-baut pengencangnya ternyata kendor. alhasil, nekat diputer dikit pake obeng selanjutnya pake tangan maka terlihatlah isian delconya. isinya lembab, tidak terlalu kotor tapi ada beberapa tetes air. dicoba dibersihin trus dipasang lagi, dikencengin sebisanya dengan obeng seadanya...distarter daaannn... avada kedabra...!!!


...masih mati... :((

sementara si bleki ngejugrug dulu dsimpen di kantor orang.. :((

what's wrong with my GC LX? CDI? Koil? Delco? atau busi? newbie gak ngerti niiih.. :(

plis help....

Re: Share CDI mati

Posted: Tue Jan 24, 2012 11:17 pm
by Pa'de Gung
Kayaknya karna ada air di tutup delko om, bisa jadi air tidak hanya di tutup delko, tapi juga di bagian laen.
Kadang air tidak cukup hanya dikeringkan dg di lap, tapi harus dengan pemanas, pake hair dryer ato pake korek api.

Mengetahui RPM langsung drop ato tidak, mobil harus pada posisi jalan.
>>delko masih berputar tapi mesin mati >> kalo RPM langsung 0 kemungkinan CDI mati, ato tegangan ke delko putus.
>>Kalo RPM turun pelan2, kemungkinan coil yg mati.

Re: Share CDI mati

Posted: Wed Jan 25, 2012 12:41 am
by yudy
gw juga maren ngalamin juga, tiba2 jarum rpm joget2 alias naik turun :-o ...eh pas parkir mo starter ga bisa...alhasil nyisihin kocek 400k :( buat gendong besutan dari tebet ke cibubur...eh besoknya di cek ternyata switch yg nyambung ke delko ga plug in, akhirnya di cabut dulu udah gitu dipasang lagi :-? ...cek greennnggg :) ...ternyata switchnya ga kenceng alias kendor ;)