Page 2 of 10

Re: Tentang Busi

Posted: Wed Sep 17, 2008 10:31 am
by General Lee
mobil karbu ngapain kudu ada resistas di busi? mobil karbu sebaiknya mengurangi efek resistan pada sistem pengapian. itu lebih bagus, tapi kalau injeksi mungkin lain.

Re: Tentang Busi

Posted: Thu Sep 18, 2008 12:08 am
by saitama
saya ganti busi pake busi ori nya zebra setelah berguru dari bapak jendral ijo

ternyata ngefek lhoooo

coba deh dan rasakan beda nyaa

Re: Tentang Busi

Posted: Thu Sep 18, 2008 8:36 am
by pauluspaska
Busi OEM Zebra ya? hmmm...tak coba ah....pasti lebih murrah dari pade pake Iridium geto... :mrgreen:

Re: Tentang Busi

Posted: Thu Sep 18, 2008 5:41 pm
by dodon_nouva90
jadi yang lbih bagus itu , pake punya crv atw zebra??
klo crv,crv yg taun brapa ya om??

Re: Tentang Busi

Posted: Fri Sep 19, 2008 9:47 am
by pauluspaska
Kemarin tanyak ke Atrium senen, mau beli busi Zebra, mereka malah balik tanya, zebra tahun berapa? EFI atau ESP-ass? waktu disodorin katalog/brosur busi NGK utk zebra aja ada 2 jenis busi....
Tokona malah maksain suruh pake NGK Iridium.....males ah...mahal!
akhirnya beli busi ORI GC...eh waktu genti sendiri, ternyata selama ini gw pake jenis BKRE6.....heat radiatornya lebih pendek dari pada yang ORI GC...jadi kebayang aja tuh pemantiknya pasti sembunyi ke dalem HEAD....

Re: Tentang Busi

Posted: Fri Sep 19, 2008 11:56 pm
by saitama
kalo beli bawa contoh businya gc aja om soalnya emang ada 2 jenis businya zebra

ada yang gemuk n pendek n ada yang panjang kurus

kalo ga salah gc pake yang kurus n panjang deh
kalo ga salah beda di bentuk badannya

Re: Tentang Busi

Posted: Sun Sep 21, 2008 9:45 pm
by General Lee
gue kebetulan punya nih buku tentang busi. dari denso langsung.
busi intinya sama, yang penting ukuran drat dan panjang drat busi.

kalau kuncinya untuk membuka dan menutup terserah sobat.

kode busi terdiri dari
contoh W16EX R-U11 dari denso

W= merupakan ukuran diameter ulir dan Hex (ada tabelnya)
16=tingkat panas busi. makin kecil angkanya, proses pelepasan panas kian sulit, makin tinggi angkanya makin mudah melepas panas. jadi busi W16 akan lebih panas dari W20 atau W24
E=panjang ulir (ada tabelnya)
X=Rancangan khusus (ada tabelnya)
R=konstruksi dalam kode R menandakan resistan jika gak ada kode R berarti tanpa resistan. jadi kalau misalnya busi ada kode R, jika suplai dari koil 10 ribu volt yang nyampe busi cuma 8 ribu, tergantung satuan ohm pada resistan
U=bentuk gap khusus. (ada kode lain misalnya, GL, L, S, U, US, V, Z, C, P) masing-masing punya bentuk yang berlainan.
11 (jika ada)= merupakan gap optimal yang bisa digunakan pada busi. angka makin besar gap busi pun gede maksimum adalah 2 mm, makin kecil (khusus denso cuma 9) artinya gap busi yang dianjurkan adalah 9. untuk gap juga berhubungan dengan koil yang digunakan makin gede suplai dari koil, gap yang digunakan lebih besar dari ukuran standarnya.


ADA YANG MAU NIH FOTO COPYNYA. perlembar 2000 perak, he, he, he atau tuker ama ikan bakar boleh.
hua, hua, hua, hua, cuma bercanda bro.

Re: Tentang Busi

Posted: Sun Sep 21, 2008 10:10 pm
by dodon_nouva90
wah,manten ni om jendral,...

emmm,tapinya om,...
jadi busi yang bagus bwt GC/nova tu yang serinya brapa om??
hehehe,... masi rada binun soalnya
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Re: Tentang Busi

Posted: Mon Sep 22, 2008 11:07 am
by General Lee
K20 cukup deh, itu kalau gak salah businya zebra.

Re: Tentang Busi

Posted: Mon Sep 22, 2008 11:09 am
by Wa_oNe
dodon_nouva90 wrote:wah,manten ni om jendral,...

emmm,tapinya om,...
jadi busi yang bagus bwt GC/nova tu yang serinya brapa om??
hehehe,... masi rada binun soalnya
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

om general mo kawinan ya don....

:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: