Page 2 of 2

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Thu Jan 19, 2012 3:52 pm
by nanangsurya
coz masalah ini gampang sulit om...punya saia sembuh setelah musti turun 1/2 mesin hehehe...ada yg keropos di silinder cupnya......abis 2-3jutaan

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Thu Jan 19, 2012 6:25 pm
by Pa'de Gung
Diemaz Esperanta wrote: kipas..., :-? kemarin mondar mandir sambil ngecek uga relatip nyala/muter terus om..?
apa kalo kipas ga muter air radiator bisa habis ya om..??
Cara kerja radiator kan emang gitu om....
Saat radiator panas (air memuai ) akan luber ke reservoir, setelah didinginkan oleh fan cooling air dari reservoir akan terhisap lagi masuk ke radiator.
Kalo radiator ga berhasil didinginkan air akan keluar semua ke reservoir tanpa kembali ke radiator.

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Fri Jan 20, 2012 9:45 am
by Dim2 Ntd
nanangsurya wrote:coz masalah ini gampang sulit om...punya saia sembuh setelah musti turun 1/2 mesin hehehe...ada yg keropos di silinder cupnya......abis 2-3jutaan
ow engga om...,insya Allah kalo masalah silindr cop ga ada apa2/sehat...,cz belum lama udah service total masalah mesin dengan persinggungannya.., :D
Pa'de Gung wrote:
Diemaz Esperanta wrote: kipas..., :-? kemarin mondar mandir sambil ngecek uga relatip nyala/muter terus om..?
apa kalo kipas ga muter air radiator bisa habis ya om..??
Cara kerja radiator kan emang gitu om....
Saat radiator panas (air memuai ) akan luber ke reservoir, setelah didinginkan oleh fan cooling air dari reservoir akan terhisap lagi masuk ke radiator.
Kalo radiator ga berhasil didinginkan air akan keluar semua ke reservoir tanpa kembali ke radiator.
ow...,gt ya om..?
kalo tutup radiator ga sesuai dengan ukuran/diperuntukan itu bermaslah ga om..?
maksudnya alakadarnya yg penting nutup kenceng gt..?cz katanya itu ada ukurane om...,mang ukurannya berapa om untuk tutup radiator standar LX..?
mohon petunjuk
:D

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Fri Jan 20, 2012 12:05 pm
by Pa'de Gung
Ukuran alsinya 0.9 om... artinya kalo tekanan dalam radiator melebihi angka itu, katup tekan (karet di ujung per) akan terbuka dan air mengalir ke reservoir.
Sebaliknya saat radiator dingin (tekanan turun) air akan terhisap melalui katup vacum (di tengah katup tekan) masuk ke radiator.
Kalo tekanan tutup lebih besar, artinya tekanan dalam radiator juga besar, berarti butuh suhu lebih lebih tinggi untuk membuka katup tekan.
Kondisi karet tutup maupun karet katup juga harus bagus om, kalo terjadi sedikit kebocoran saja, radiator akan menghisap udara dari luar.

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Fri Jan 20, 2012 10:36 pm
by Dim2 Ntd
Pa'de Gung wrote:Ukuran alsinya 0.9 om... artinya kalo tekanan dalam radiator melebihi angka itu, katup tekan (karet di ujung per) akan terbuka dan air mengalir ke reservoir.
Sebaliknya saat radiator dingin (tekanan turun) air akan terhisap melalui katup vacum (di tengah katup tekan) masuk ke radiator.
Kalo tekanan tutup lebih besar, artinya tekanan dalam radiator juga besar, berarti butuh suhu lebih lebih tinggi untuk membuka katup tekan.
Kondisi karet tutup maupun karet katup juga harus bagus om, kalo terjadi sedikit kebocoran saja, radiator akan menghisap udara dari luar.
:))
sumpah om..,ane baca berulang ulang saran om ne sambil bayangin gambaran jalan2 air di radiator...,
ternyata ya muter juga ya om..?
ok om...,nanti saya cek kembali...,
makasi banget ya om atas informasinya...,bermanfaat sekali ni...sumpah..
mw langsung ke bengkel andalan agar di 87 kan saran dr om ni...
\M/

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Sat Jan 21, 2012 5:29 pm
by Pa'de Gung
Hahahahhh.... radiator bisa pecah kalo ga ada ventilasinya om...
Ada gambarnya kok, biar bacanya ga muter2 :D
Image

Gambar atas : saat radiator panas, tekanan tinggi dalam radiator membuka katup tekan.
Gambar bawah : saat suhu radiator turun katup vacum terbuka, air dari reservoir kembali ke radiator.

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Sun Jan 22, 2012 5:44 am
by h3nk1
Pernah jg ngalamin tutup radiator udah gak bgs/bocor...air di radiator habis tapi air di tabung cadangan gak pernah berkurang...

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Mon Jan 23, 2012 11:46 am
by Dim2 Ntd
Pa'de Gung wrote:Hahahahhh.... radiator bisa pecah kalo ga ada ventilasinya om...
Ada gambarnya kok, biar bacanya ga muter2 :D
Image

Gambar atas : saat radiator panas, tekanan tinggi dalam radiator membuka katup tekan.
Gambar bawah : saat suhu radiator turun katup vacum terbuka, air dari reservoir kembali ke radiator.
iya om...,sekarang sya udh rada mudeng ni..., :D
terus kemarin alhamdulillah pas ikut gath Pangandaran saya banyak dapet share dr temen2 masalah yg saya alami..,
ternyata hitter dan komponennya yg masih nyambung ke apa ya om itu namanya aq lupa :-\ suruh dilepas aja...,karna memang disamping di Indonesia kita ga perlu pemanas mesin juga komponen tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik..,
kemarin trs sya lepas dan alhamdulillah temperatur sudah nggak naik selama pake AC..,tp jg belum tau untukkelanjutannya...,
:D
Om Pakde...,kalo masi ada saran lain ane kasi tau ya...?masi butuh banyak banget saran ni...,karna ane kan masi newbie...,
h3nk1 wrote:Pernah jg ngalamin tutup radiator udah gak bgs/bocor...air di radiator habis tapi air di tabung cadangan gak pernah berkurang...
:-o
gitu ya om...,sekarang gimana om..?udah baikan kah?
crita dong masalah perbaikannya sampe bener2 clear tu problem...?
:D

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Wed Feb 01, 2012 6:09 pm
by Dim2 Ntd
up

Re: pake AC air radiator kering/habis

Posted: Thu Jul 05, 2012 12:37 pm
by dhadhik
wah itu sich mirip banget dengan kejadian saya, mobil di pake macet2an ampe 2jam g masalah dengan temperatur, tapi sekalinya si pake keluar kota lewat jalan tol dan kebetulan sepi, sekalian ngetes mentoknya gas di kecepatan berapa. pas kecepatan 160 KM/Jam yaaaa baru sekitar 1-2 menitan pas saya ngeliat temperatur kok udah hampir di 3/4 dan akhirnya berhenti dan ngecek air di radiator kayak air mendidih lalu sy tgg 10 menit sambil saya siram dikit2 radiatornya akhirnya normal kembali. di cek semua normal, ternyata masalahnya radiatornya ada 7 lubang mampet. setelah itu aman terkendali.

begitu om cerita saya,