Page 2 of 2

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Posted: Mon Mar 12, 2012 12:32 pm
by pelurutajam
mungkin timing belt juga harus dipastikan om, apabila belt kendor akan berakibat tidak sinkronya antara naik turunnya piston dan buka tutupnya klep, jadi berasa seperti tidak ada kompresi..

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Posted: Fri Mar 16, 2012 7:48 am
by mukti
adi_vostro wrote:Emmm,,,maaf nih,,saya belum begitu nangkap maksudnya..tp sepengertian saya,,menurut cerita dari Om,,kompresi hilang gara2 ada sisa lem sealer yg nempel di ruang bakar (buring) yg bikin macet piston..jadi piston nggak bisa naik turun dengan lancar.. gitu yah maksudnya?maaf kalo salah...
Kalo menurut saya sih nggak begitu Om..nggk mungkin piston bisa terhambat gara2 lem sealer...
Alasannya :
1. Gerak naik turun dr piston itu berasal dr perputaran kruk as..kalo seher macet nggk mau gerak,brarti logikanya kruk as jg nggk muter dong..semua bagian mesin jg bakalan macet,termasuk dinamo starter jg nggk bisa muter (soalnya kan dinamo starter tugasnya kan gerakin flywheel yg nyambung ke kruk as)
2. Bekas Sealer bakalan musnah kalo masuk ruang bakar..karena kompresi yg gedhe sama suhu tinggi..

Kemungkinan kompresi hilang :
1. Seher + ring seher uda aus..jadi nggak bisa lagi ngepas di buring..akibatnya kompresinya gembos,trus ada oli yg masuk ke ruang bakar...
2. Seal klep jebol..
3. Perpack cilinder head jebol..kompresi bocor..
4. Ada kotoran (bekas sealer termasuk) di sela2 klep...bikin klep nggak bisa nutup sempurna..atau permukaan klep jg nggk rata (pernah kejadian,dulu waktu masih suka balapan, mobil distarter nggk bisa nyala,,loss kompresi..saya getok2 per klep dan batang klep..eh,kompresi balik lagi..nggak mapan gitu lah istilah saya)
5. Permukaan cilinder head melengkung...bisa aja karena overheat...
Dll deh...


Kalo dr pengalaman saya,,sepertinya begitu Om..maap kalo ada yg salah,,soalnya saya nubie jg... :D

NUBIE????? :mrgreen: :mrgreen: :p :p