Page 2 of 5

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 10:25 pm
by Erfan
derryjanuari wrote:atau bisa juga karbu nya "banjir" om,,, sy pernah ngalamin juga, mungkin karna kan klo AC nyala suplay bbm meningkat cmiiw :D
Pas jalan gak ada gejala karbu banjir/tersendat2 alias normal om..

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 10:31 pm
by Erfan
Pa'de Gung wrote:Harusnya ga ada beda pake AC ato tidak, karna semua perangkat ac di luar mesin.
Yg membedakan paling mesin jadi sedikit lebih panas (apalagi kalo fan udah ga bagus).
Menyemprotkan karbu cleaner saat mesin mati saya kira sama dengan menyiram bensin di mulut karbu/ kocok pedal gas sebelum start.
Dugaan saya sama, karbu ga sehat, ato bensin tercemar...
Kata orang bengkel itu karena pompa bensin udah gak normal (ganti baru) so supplay bensin jd gak lancar, bner gak pakde Gung??

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 10:36 pm
by Erfan
@om Ade: kl servis karbu dah dijalani tp kl kuras tangki blom. Bner jg y om, percuma brsihin karbu kl tangki pnuh kotoran. Tengkiu sarannya om..

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 10:39 pm
by Erfan
b2199nb wrote:yg dimaksud sama para sesepuh disini dengan servis karbu, bukan hanya semprot2 carb cleaner loh om, maksudnya ntu karbu di overhaul, ganti re pair kit karbu, cek gobangan macet gak
Nah ini yg blom dilakuin om. Kmrn cm bersihin aja gak ganti repair kit. Makasih inpona om...

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 10:42 pm
by Erfan
zulindra wrote:aku pernah ngalamin. Tapi setelah ganti busi sembuh..
Pas servis dah ganti busi om. NGK 15rbuan sie, hehehe...

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 11:38 pm
by Pa'de Gung
derryjanuari wrote:oh gt ya om pa'degung,,, klo logika sya kan klo nyalain AC rpm jd naik tu,,,brati nambah suplay bbm, nah,,,dah gt bbm gk kebakar dikarbu pas dimatiin jd banjir alias ngendap gitu deh,,,bener gk ya? ngarang.com xixixixi,,,,:D

lokasi dmna om? klo dicianjur n rancaeekek jatinangor overhaul karbu cm 50rb lho... :)
Kalo RPM dah naik berarti BBM dah kebakar om....
Dan lagi, banyak temen2 yg injek2 pedal gas sebelum stater mesin, tujuannya supaya ada BBM yg masuk intake dan mesin mudah dihidupkan.
Banjir menurut pegertian saya, BBM masuk ke intake tidak melalui jalur semestinya dan jumlahnya berlebihan.

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 11:47 pm
by Pa'de Gung
Erfan wrote:
Pa'de Gung wrote:Harusnya ga ada beda pake AC ato tidak, karna semua perangkat ac di luar mesin.
Yg membedakan paling mesin jadi sedikit lebih panas (apalagi kalo fan udah ga bagus).
Menyemprotkan karbu cleaner saat mesin mati saya kira sama dengan menyiram bensin di mulut karbu/ kocok pedal gas sebelum start.
Dugaan saya sama, karbu ga sehat, ato bensin tercemar...
Kata orang bengkel itu karena pompa bensin udah gak normal (ganti baru) so supplay bensin jd gak lancar, bner gak pakde Gung??
Kalo fuel pump ga normal harusnya saat dipake jalan justru bermasalah om, bukan cuma saat stater mesin.
Ada tiga selang di fuel pump, coba cabut selang yg kecil lalu hidupin mesin sebentar...
Kalo dari fuel pump keluar bensin, berarti fuel pump masih normal dan BBM yg disalurkan ke karbu cukup kemudian sisanya dikembalikan ke tangki melalui selang kecil itu.

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Wed Apr 18, 2012 11:57 pm
by derryjanuari
Pa'de Gung wrote:
derryjanuari wrote:oh gt ya om pa'degung,,, klo logika sya kan klo nyalain AC rpm jd naik tu,,,brati nambah suplay bbm, nah,,,dah gt bbm gk kebakar dikarbu pas dimatiin jd banjir alias ngendap gitu deh,,,bener gk ya? ngarang.com xixixixi,,,,:D

lokasi dmna om? klo dicianjur n rancaeekek jatinangor overhaul karbu cm 50rb lho... :)
Kalo RPM dah naik berarti BBM dah kebakar om....
Dan lagi, banyak temen2 yg injek2 pedal gas sebelum stater mesin, tujuannya supaya ada BBM yg masuk intake dan mesin mudah dihidupkan.
Banjir menurut pegertian saya, BBM masuk ke intake tidak melalui jalur semestinya dan jumlahnya berlebihan.

nah bensin jumlahnya berlebihan maksudnya om pa'de gung,,hehe :mrgreen: btw yg dimaksud bbm masuk ke intake tidak melalui jalur semestinya gmana y?
saya pernah juga ganti fuelpump ori harganya 600rbuan, gejalanya dulu klo dibawa ngebut lebih dari 120km/jam mesin serasa mu mati,,
ada jg tmen di bdg gejalanya pas udah parkir dia gk bsa stater,,,

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Thu Apr 19, 2012 12:51 am
by Pa'de Gung
Banjir disini maksutnya bensin luber melalui packing dll, jadi bensin seperti dituang gitu aja kedalam intake tanpa proses pengabutan.
Biasanya ini terjadi karna jarum pelampung bocor, dan bensin masuk ke karbu ga bisa di stop.
Pengalaman om derry bisa jadi memang karena fuel pump lemah, sehingga bensin yg masuk ke karbu lebih sedikit dari yg dikeluarkan.
Pengalaman temen om derry masuk akal juga, kalo fuel pump lemah biasanya tidak bisa isap BBM saat RPM rendah, jadi saat behenti bensin di tabung karbu udah hampir kosong, makanya susah start.
Tapi pengalaman saya berbeda, saya pernah jalan tanpa fuel pump sampai ketemu bengkel. walaupun harus berhenti tiap 200an meter untuk ngisi bensin di tabung karbu, dan tidak ada masalah dg start.

Re: Ask..Mesin susah nyala setelah parkir

Posted: Fri Apr 20, 2012 9:22 pm
by Erfan
Pa'de Gung wrote:
Erfan wrote:
Pa'de Gung wrote:Harusnya ga ada beda pake AC ato tidak, karna semua perangkat ac di luar mesin.
Yg membedakan paling mesin jadi sedikit lebih panas (apalagi kalo fan udah ga bagus).
Menyemprotkan karbu cleaner saat mesin mati saya kira sama dengan menyiram bensin di mulut karbu/ kocok pedal gas sebelum start.
Dugaan saya sama, karbu ga sehat, ato bensin tercemar...
Kata orang bengkel itu karena pompa bensin udah gak normal (ganti baru) so supplay bensin jd gak lancar, bner gak pakde Gung??
Kalo fuel pump ga normal harusnya saat dipake jalan justru bermasalah om, bukan cuma saat stater mesin.
Ada tiga selang di fuel pump, coba cabut selang yg kecil lalu hidupin mesin sebentar...
Kalo dari fuel pump keluar bensin, berarti fuel pump masih normal dan BBM yg disalurkan ke karbu cukup kemudian sisanya dikembalikan ke tangki melalui selang kecil itu.
Maaf baru bls pa'de guna, td pagi cb lepas selang kecil trnyata keluar bensin jadi gimana solusinya biar si lx bs lancar jaya lg?? mohon bantuannya..