Page 2 of 4

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 9:30 am
by zinedine26
Mgkn mau nyoba ganti seal klep+PCV VALVE dulu om mener!thks sarannya
BTW, PCV VALVE tempatnya di sebelah mana ya? :-?

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 9:48 am
by pauluspaska
Kalau turun mesin kita ingin agar mesin kita kembali sehat, efisien dan irit. Sayang kalau cuma berharap oli gak habis saja.

Biasanya mekanik akan memeriksa seluruh kondisi jeroan mesin.

1. Seal klep pasti selalu ganti. Klep akan di skir / skur
2. Packing Head
3. Packing intake dan exhaust (kalau waktu bongkar hati-hati, masih bisa dipertahankan)
4. Metal-metal pasti akan diperiksa, apakah ada baret-baret atau aus
5. Ring seher
6. Biasanya akan oversize karena keausan. Oversize relatif lebih murah dibanding balik ke standar

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 10:34 am
by zinedine26
pauluspaska wrote:Kalau turun mesin kita ingin agar mesin kita kembali sehat, efisien dan irit. Sayang kalau cuma berharap oli gak habis saja.

Biasanya mekanik akan memeriksa seluruh kondisi jeroan mesin.

1. Seal klep pasti selalu ganti. Klep akan di skir / skur
2. Packing Head
3. Packing intake dan exhaust (kalau waktu bongkar hati-hati, masih bisa dipertahankan)
4. Metal-metal pasti akan diperiksa, apakah ada baret-baret atau aus
5. Ring seher
6. Biasanya akan oversize karena keausan. Oversize relatif lebih murah dibanding balik ke standar
Mgkn itu untuk nanti om, setelah dananya cukup :D , kalau sekarang mgkn coba ganti seal klep+pcv seal dulu, ntar kl blm sembuh juga ya terpaksa :(

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 11:48 am
by pauluspaska
:D, untuk bisa ganti seal klep harus turun 1/2 deh kalau gak salah.
Kalau turun 1/2, biasanya sekalian skir klep tuh, trus ganti packing head juga

Nah ini yang dibilang sama teman2, banyak biaya keluar ketika kita berencana mau ganti sesuatu yang ada kaitannya dengan jeroan mesin.

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 12:12 pm
by nareswari
pengalaman saya om, sekedar mau berbagi saja siapa tau ada manfaatnya..

kejadian dialami oleh saya di awal tahun 2011 bermula dari tarikan mobil terasa loyo padahal kondisi mobil mesin seperti terlihat sehat, kalau pagi2 knalpot masih berembun yang katanya orang2 itu indikasi mesin sehat..

akhirnya saya coba cek konsultasi ke bengkel menurut diagnosa awal cukup turun mesin 1/2 buar skir klep (bener gak bahasanya), dengan harga kurang lebih 1-1.5 jt, karena ada beberapa part yg terlihat harus sudah diganti.. sepakat deal bongkar...

tapi kemudian setelah dibongkar, apa yang terjadi.. piston sudah oblak dan pilihannya adalah mesin turun total atau hanya skir klep saja.. dan kemudian mengingat tanggung akhirnya turun total tuh mesin dengan semua part yang memungkinkan untuk diganti, diganti dengan yang baru.. total 5,5 juta abisnya..

jadi kalau memang mau turun mesin siapin dana minimal 5-6 juta om,kalau kemudian cukup dengan turun 1/2 dan masalah dianggap selesai berarti anggaplah dapat bonus om.. hehehe

CMIIW, semoga jadi bahan pertimbangan..

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 1:03 pm
by pauluspaska
nareswari wrote:pengalaman saya om, sekedar mau berbagi saja siapa tau ada manfaatnya..

kejadian dialami oleh saya di awal tahun 2011 bermula dari tarikan mobil terasa loyo padahal kondisi mobil mesin seperti terlihat sehat, kalau pagi2 knalpot masih berembun yang katanya orang2 itu indikasi mesin sehat..

akhirnya saya coba cek konsultasi ke bengkel menurut diagnosa awal cukup turun mesin 1/2 buar skir klep (bener gak bahasanya), dengan harga kurang lebih 1-1.5 jt, karena ada beberapa part yg terlihat harus sudah diganti.. sepakat deal bongkar...

tapi kemudian setelah dibongkar, apa yang terjadi.. piston sudah oblak dan pilihannya adalah mesin turun total atau hanya skir klep saja.. dan kemudian mengingat tanggung akhirnya turun total tuh mesin dengan semua part yang memungkinkan untuk diganti, diganti dengan yang baru.. total 5,5 juta abisnya..

jadi kalau memang mau turun mesin siapin dana minimal 5-6 juta om,kalau kemudian cukup dengan turun 1/2 dan masalah dianggap selesai berarti anggaplah dapat bonus om.. hehehe

CMIIW, semoga jadi bahan pertimbangan..
LIKE THIS

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 1:27 pm
by adeindra
xixixi sebenarnya rata2 beberapa temen yang pernah share soal turun mesin juga merasakan hal begini...

tujuan awal hanya turun setengah untuk skir klep eeeeh ternyata harus turun full...

niat awal pengiritan... malah jadinya keluar biaya yang kalo diitung2 malah murahan beli blok bawah ZC buat dipasang di mobil :p





cuuuuuuzzzz abis ngomporin langsung kabuuurr

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Wed May 02, 2012 1:35 pm
by pauluspaska
Om Ade, pusing ah pake blok ZC, pusing BBM nya hehehehe

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Thu May 03, 2012 7:29 am
by zinedine26
Turun mesin full nih kayaknya, mana lagi engga punya duit :sad:
btw, makasih om2 semua :)

Re: Nambah Oli mesin, Wajar apa tidak?

Posted: Thu May 03, 2012 7:50 am
by irwans85
konsul kebengkel dulu aja om...ane cuma kena 1,8jtan dulu :
- ongkos turun mesin
- packing
- ring seher
- skir klep
- seal klep
- nambal blok