wta : porting polishing
Re: wta : porting polishing
taroh bagasi tah!?biar mirip pemakai BBGGeneral Lee wrote:
saitama lagi ngebet pasang turbo, tapi kegedean, jadi turbo truknya kagak bisa masuk.
eh dia skr lagi ngerayu temen gue supaya superchargernya dijual (krn pengein masang) tapi orangnya gak mau.
kalau sip lagi pasang kompresor tambal ban, boostnya gede banget tuh. hua, hua, hua![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: wta : porting polishing
tapi bagos juga tuh.. gw jg pengen..General Lee wrote:
saitama lagi ngebet pasang turbo, tapi kegedean, jadi turbo truknya kagak bisa masuk.
eh dia skr lagi ngerayu temen gue supaya superchargernya dijual (krn pengein masang) tapi orangnya gak mau.
kalau sip lagi pasang kompresor tambal ban, boostnya gede banget tuh. hua, hua, hua![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
bisa sekalian buat niup aer cuci mobil kan.. jadi irit lhoo aer yg dipakenya kotoran2 di body jg lebih keangkat...
![Uber Geek :ugeek:](./images/smilies/icon_e_ugeek.gif)
![Uber Geek :ugeek:](./images/smilies/icon_e_ugeek.gif)
![Uber Geek :ugeek:](./images/smilies/icon_e_ugeek.gif)
Re: wta : porting polishing
punya gua di skir doang ama apit katanya fungsi nya sama antara pnp dan di skir ....yang bener gimana sih om mohon penjelasanya...
Re: wta : porting polishing
resky wrote:punya gua di skir doang ama apit katanya fungsi nya sama antara pnp dan di skir ....yang bener gimana sih om mohon penjelasanya...
ah ya gak sama dong bos.
skir atau skur klep mengembalikan kondisi sitting klep dan klep supaya tidak ada kebocoran saat langkah kompresi.
sedangkan porting polish meningkatkan efisiensi volumetrik sebuah mesin tiap silinder.
memang saat skir/skur klep tenaga kembali normal karena tekanan kompresi di ruang bakar kembali kesediakala. makanya si apit bilang kayak PnP (itu cuma efeknya aja).
nah PNP sendiri sebenarnya bisa menaikkan tekanan kompresi juga loh. loh kok bisa?
ya benar, denga pnp yang benar efisiensi naik.
misal sebuah mesin 500 cc dengan perbandingan kompresi 10:1 sanggup mengisap bbm+udara 400 cc tentunya *(ingat rumus perbandingan kompres, kan V1+v2/v1). nah Pnp itu meningkatkan v2 sehingga angka pada v2 tambahj gede. kompresi pun naik.
ini mirip dengan pemasangan force induction mulai supercharger dan turbo charger. itulah knp pemasangan FI membutuhkan bahan bakar oktan tinggi (kalau boostnya gede).
nah berhubung menaikkan efisiensi volumetrik melalui PNP tidak seekstrem FI, tidak membutuhkan bahan bakar oktan tinggi. begichu.
jadi jangan samakan skur/skir klep dengan PNP.
memang efeknya sama. yaitu sama-sama enteng.
itu bedanya
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: wta : porting polishing
klo mnrt gw... knapa dibilang sama..
krn org2 msh debatable bgt soal PnP bikin boros or not..
klo di PnP krn tambah enteng, org jadi demen bejek, trus jadi bensin lebih ngocor... trus ntar mekanik disalahin 'kok jadi boros'
kebanyakan pengennya pake harian, so cukup skir klep doang..
kecuali org yg emg pengen PnP dan dah oke dgn konsekwensina..
krn org2 msh debatable bgt soal PnP bikin boros or not..
klo di PnP krn tambah enteng, org jadi demen bejek, trus jadi bensin lebih ngocor... trus ntar mekanik disalahin 'kok jadi boros'
kebanyakan pengennya pake harian, so cukup skir klep doang..
kecuali org yg emg pengen PnP dan dah oke dgn konsekwensina..
Re: wta : porting polishing
ya tentunya kudu diimbangi beberapa perbaikan dan penyempurnaan juga om di sektor yg laen...percuma dong kalo PnP duank...sektor pengapian dan faktor mesin yg laen kudu ikutan di cek juga...el_meler wrote:bener ga seh klo PnP pas ama upgrade pengapian, FC jd mayan ngirit......tekan pedal dikit dah ngacir.......
misal nih...PnP udah...tapi karbu mbrebet ga keruan gara2 pakingnya udah sobek atw juga kabel businya dah kemakan usia,sehingga langsamnya ga bisa enak...ya mubazir to...mao disetel sampe gempor ya tetep ngono kuwi hasile
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
Re: wta : porting polishing
ya stidaknya siapken dana lain2 lah...buat beli kabel busi (sapa tau waktunya ganti +- 250K),busi (lupa),repair kit karburator (90K),carb spray (35K),engine conditioner (35K),dll...el_meler wrote:klo gtu kondisi kudu normal dolo....bru maen PnP ya.......siyap laksanaken komandan meneerrrr.......
dll itu kaya bli rokok,bakso,gorengan,nasi pecel,nonton bioskop,makan pizza,nraktir kita2 juga...dllnya malah lebih mahal loh...bisa 500rebuan lah
![Laughing :lol:](./images/smilies/icon_lol.gif)
![Laughing :lol:](./images/smilies/icon_lol.gif)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: wta : porting polishing
Porsi paling besar yang bisa menyebabkan terjadi perbedaan besar adalah pengapian + karbu yang sehat. Setelah PnP, jangan harap pengen tarikan disemua rentang RPM terisi penuh, atau jadi tembus 180 Km/j, atau bisa berdecit waktu shifting gear....
Perbedaan mesin setelah dan sebelum PnP itu kentara, tapi gak jor-joran....
Kalo di matik, terasa lebih panjang aja di D3, selebihnya biasa aja.
Emang biasanya stlh PnP bawaannya jadi ngacir mulu. Secara sebelumnya ngos-ngosan....
Sblm PnP, gw biasa bw gc paling top 100 km/j, cruising 90 km/j.....skrg cruisingnya jadi 100 km/j.
Tempo hari ada yang nulis di forum kalo efisiensi itu dipengaruhi oleh jarak yang ditempuh, BBm dan waktu tempuh.
Jadi kalo boros itu relatif.
FC 1:10 kalo bisa lari cruising 140 km/j itu lumayan irit loh...
Perbedaan mesin setelah dan sebelum PnP itu kentara, tapi gak jor-joran....
Kalo di matik, terasa lebih panjang aja di D3, selebihnya biasa aja.
Emang biasanya stlh PnP bawaannya jadi ngacir mulu. Secara sebelumnya ngos-ngosan....
Sblm PnP, gw biasa bw gc paling top 100 km/j, cruising 90 km/j.....skrg cruisingnya jadi 100 km/j.
Tempo hari ada yang nulis di forum kalo efisiensi itu dipengaruhi oleh jarak yang ditempuh, BBm dan waktu tempuh.
Jadi kalo boros itu relatif.
FC 1:10 kalo bisa lari cruising 140 km/j itu lumayan irit loh...
Grandcivic Kaca Gelap
Re: wta : porting polishing
astaga...kalo bisa cruising 140 kpj di indo hebat om... ![Laughing :lol:](./images/smilies/icon_lol.gif)
![Laughing :lol:](./images/smilies/icon_lol.gif)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat