Page 2 of 4

Re: upgrade performa mesin

Posted: Wed Aug 29, 2012 11:03 pm
by *jarno*
nah karena ga banyak yg bisa detail ngitung bakal se-balance apa si mesin, jadilah mahal jasanya dan masuk kategori fine tuning.

itu yg gw tau ya.. ga bisa sembarangan engine balance. gatau juga kalo sekarang cara ngitungnya makin modern, makin gampang, dan makin banyak montir yg ngerti, mungkin biayanya jadi lebih murah, atau malah gratis sekalian jasa turun mesin, huehe..

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Aug 30, 2012 1:36 am
by adi_vostro
Just share kemaren ongkos bubut2 + balance di saerah solo kena 1,8 jt..yg di bubut dan di balance itu pulley kruk as,flywheel,dekrup,kampas kopling,camshaft....
Itu diluar biaya buat part dan jasa bongkar pasang ya..

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Aug 30, 2012 8:10 am
by yudy
ijin belajar om

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Aug 30, 2012 12:12 pm
by b2199nb
waktu gw turun mesin, gw cuma bantu bongkar, ama masang doang om, pas pnp, papas head, bubut, dll, mekanik gw yg ngerti, gw cuma ngelongo bengong aja wkwkwkwkwkwkwk

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Aug 30, 2012 3:47 pm
by adeindra
nah tapi elo sempet liat kaga bud die tuh bener ngitung berat piston cintohnya pake timbangan lalu disamain ama piston yang lain gitu yak

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Aug 30, 2012 7:36 pm
by adi_vostro
adeindra wrote:nah tapi elo sempet liat kaga bud die tuh bener ngitung berat piston cintohnya pake timbangan lalu disamain ama piston yang lain gitu yak
Kalo engine balance,,yang ngerjain tukang bubut Bang...mekanik nyerahin semua part2 yg mau di balance ke tukang bubut...dan nggk semua bengkel bubut bisa ngebalance mesin...

Re: upgrade performa mesin

Posted: Fri Aug 31, 2012 5:13 am
by arozi
wow, solo sekarang jadi referensi yah
kemaren kaka galih Nonx juga malah cerita tentang solo
adi_vostro wrote:Just share kemaren ongkos bubut2 + balance di saerah solo kena 1,8 jt..yg di bubut dan di balance itu pulley kruk as,flywheel,dekrup,kampas kopling,camshaft....
Itu diluar biaya buat part dan jasa bongkar pasang ya..

Re: upgrade performa mesin

Posted: Fri Aug 31, 2012 8:29 am
by BAYU_DAMASTA
adi_vostro wrote:Just share kemaren ongkos bubut2 + balance di saerah solo kena 1,8 jt..yg di bubut dan di balance itu pulley kruk as,flywheel,dekrup,kampas kopling,camshaft....
Itu diluar biaya buat part dan jasa bongkar pasang ya..

sekalian share biaya bongkar pasang n berapa hari pengerjaannya dong um...
khan sekalian bisabuat ancang2 nih kalo jadi turun mesin

Re: upgrade performa mesin

Posted: Mon Sep 03, 2012 3:36 am
by mads
adeindra wrote:paling utama ini nih menurut gue
adeindra wrote:Banyak juga orang yang melepaskan resonator dengan alasan untuk mendapatkan power lebih dan suara yang gahar. untuk mobil dengan mesin yang masih standar disarankan untuk tidak melepaskan resonator, karena malah dapat menyebabkan tenaga mesin melemah serta bensin yang lebih boros juga. Sebagai solusinya jika ingin mendapatkan tenaga mesin yang lebih dan suara knalpot yang lebih gahar, bisa dilakukan dengan modifikasi resonator original atau mengganti dengan yang custom, selanjutnya mengganti muffler dengan yang jenis racing.

“Jika ingin mengganti resonator original dengan yang model custom, pilihlah yang diameternya tidak terlalu besar, terbuat dari bahan stainless steel dan yang didalamnya menggunakan jenis peredam yang bermutu dan tahan lama, biasanya peredam yang berwarna putih,”

Lain halnya jika memang mobilnya untuk kebutuhan balap yang memang kemampuan dan tenaga mesinnya sudah sangat besar sehingga mampu menghasilkan tekanan gas buang yang sangat besar pula, jadi resonator memang harus dilepas karena untuk menghindari tekanan balik gas buang (Back pressure) yang berlebihan kembali ke mesin. Intinya, sesuaikanlah dengan kebutuhan mengemudi dan kemampuan mesin mobil anda.
gue sendiri pernah ngerasain... saat salah satu resonator gue kropos... karena pingin penghematan akhirnya engga diganti resonatornya... cuma diganti pipa aje...
jadi resonator cuma pake 1 aje engga 2 kayak standarnya...

yang terjadi malah kaga enak banget suara mesin dengung di rpm 3000-4000 dan engga enak banget dah pokoke

akhirnya ganti resonator universal... enak lagi deeeeh
bang ini seriusan bikin ngedrop tenaga??gw kemaren kejadian nya sama, ganti pipa biasa gara2 bolong kejedur poldur di cipete, soalnya klo pake resonator lagi aga krik2 kesangkut kolongnya..nahh efek drop yg lo bilang itu jauh bgt ga ya??soalnya gw susah ngerasain nya, kaga bisa ditarik juga kan mobilnya heheheheheh

Re: upgrade performa mesin

Posted: Mon Sep 03, 2012 7:38 am
by adeindra
gue berasa banget mad terutaman gigi3
mending pakein resonator yang tipisan deh mad