tambah pengalaman lg ane....nice inpo om...PapaEmy wrote:Mr.Kethu wrote:Thanks ats infonya..piston n ring piston udh ganti semua,mlh ring pistonnya dignti lg yg buat balap..kmrn pas mu distel lg malah baut tensioner yg di blok mesin dol..hufftt..mumet..kepaksa hrs bongkar lg..bobok, dibor, dibuat drat baru..tambah lama lg ni GC saya mondok di bengkel..waktu kejadian mogoknya, mesin distater macet ngga om? kl mesin macet ngga bisa distart sama sekali biasanya yg kena metalnya, bisa metal duduk ato metal jalan, aneh kalo mesin bisa distart (oleh dinamo stater mksdnya) tapi ngga ada kompresi sama sekali..Mr.Kethu wrote:klo turun mesinya krn desember kmrn GC saya mogok di blora..dicek kompresi ga ada n dua busi dah klomoh oli..trpksa mobil hrs diderek n divonis turun mesin..dibongkar mesin trnyata blok mesin udh baret..
krn piston ikut diganti kmrn, harusnya jangan lsg jalan inreyen om, krn pistonnya belom kuat utk lsg dibebani utk lsg jalan normal walau pun utk inreyen, pengalaman dulu pernah gnti piston, mesin dihidupin dulu non-stop selama 48 jam, baru stlh itu jalan inreyen 1000km, kemudian gnti oli dan filter lg baru stlh itu bisa dipake normal spt biasa.
Keliatannya om kpaksa turun lg mesinnya, kl dugaan sy pistonnya yg baru ga bisa dipake lg krn kmrn ngebul, begitu jg dgn ring pistonnya, sama gasket cylinder head (ato paking set) jg kpaksa ganti lg, tp kl metal duduk metal jalannya ngga perlu ganti lg. Nanti stlh mesin dibangun ulang jangan lsg jalan inreyen lagi om, dan selama inreyen mesin jgn digeber ato dibebani penuh dulu 1000km pertama utk amannya
kalo mslh dinding cylinder baret, itu yg ngerapiin tukang bubut, nanti pas bongkar lg sertakan piston baru (yg mau dipasang) berikut ring piston barunya ke tukang bubutnya biar dipasin ama dia, 1 pasang aja buat contohnya, ikutin saran tukang bubutnya kl misalnya perlu oversize, overisize brp perlunya sesuai dgn kondisi blok mesinnya, oversize hny di ring piston bukan di pistonnya, krn kl bore (diameter) pistonnya diganti yg lebih besar maka cylinder headnya biasanya ganti juga yg sesuai dgn piston ukuran barunya, jgn lupa kode piston aslinya itu hrs sesuai dgn cylinder head bawaan mobilnya, kalo kode piston barunya berbeda dgn piston aslinya hati2 krn bisa menyebabkan valve/katup jadi mentok krn celah celong2 di permukaan piston ngga sesuai dengan bukaan valvenya, nanti malah jadi berantakan semua
ok deh gitu aja dulu.. semoga bisa membantu yaa..
Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
- kempoel888
- GC Maniac
- Posts: 1164
- Joined: Mon Sep 10, 2012 7:27 pm
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
moga2 aj GC saya jd lbh baik om stlh turun mesin..soalnya saya kuatir jg klo udh ngobok2 mesin..hiks..
- krisnadew
- GC Whore
- Posts: 2370
- Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
- Location: semarang-yogyakarta
- Contact:
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
Sepakat, reyen duduk minimal 2 hari, setelah itu baru dipake jalan, part racing pun pake perlakuan yg sama
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
Seneng deh kalo berbagi ilmu gini
Lanjooooottt
Lanjooooottt
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
ngga usah kuatir om, yg penting montirnya paham akan kerjaannya bukan sekedar bisa bongkar pasang aja, jangan keneknya yg ngerjain..Mr.Kethu wrote:moga2 aj GC saya jd lbh baik om stlh turun mesin..soalnya saya kuatir jg klo udh ngobok2 mesin..hiks..
sama nanti pas engine running sblum jalan inreyen 1000km pertama, perhatikan tempratur mesinnya, kalo ada yg ngga normal ketauan semua koq di tahap ini, dan krn dalam hal ini kasusnya bongkar semua lg, sekalian termostat dipasang lagi (pake/beli yg ori), bnyk montir yg nyepelein kegunaan termostat pdhl gunanya utk mendapatkan temperatur mesin yg ideal sesuai standard design mesinnya, memang pada saat termostat itu nanti rusak.. tempratur pasti naik, tapi kalo solusinya termostat dibuang atau ngga diganti baru termostatnya, utk jangka pendek gpp dan temp mesin (yg terlihat di jarum temp cluster) relatif lebih rendah, tetapi utk jangka panjang bisa menyebabkan blok mesin kropos krn perlakuan tempratur yg tidak sesuai dengan tempratur idealnya, krn dengan tidak adanya termostat.. tempratur sirkulasi air relatif sama, tapi dengan termostat terpasang.. temp air di blok mesin dan di radiator berbeda, sehingga pendinginan di blok mesin lebih ideal sesuai dengan rancangan manufakturnya.
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
klo reyen jalan apakah boleh dibebani ac??..PapaEmy wrote:ngga usah kuatir om, yg penting montirnya paham akan kerjaannya bukan sekedar bisa bongkar pasang aja, jangan keneknya yg ngerjain..Mr.Kethu wrote:moga2 aj GC saya jd lbh baik om stlh turun mesin..soalnya saya kuatir jg klo udh ngobok2 mesin..hiks..
sama nanti pas engine running sblum jalan inreyen 1000km pertama, perhatikan tempratur mesinnya, kalo ada yg ngga normal ketauan semua koq di tahap ini, dan krn dalam hal ini kasusnya bongkar semua lg, sekalian termostat dipasang lagi (pake/beli yg ori), bnyk montir yg nyepelein kegunaan termostat pdhl gunanya utk mendapatkan temperatur mesin yg ideal sesuai standard design mesinnya, memang pada saat termostat itu nanti rusak.. tempratur pasti naik, tapi kalo solusinya termostat dibuang atau ngga diganti baru termostatnya, utk jangka pendek gpp dan temp mesin (yg terlihat di jarum temp cluster) relatif lebih rendah, tetapi utk jangka panjang bisa menyebabkan blok mesin kropos krn perlakuan tempratur yg tidak sesuai dengan tempratur idealnya, krn dengan tidak adanya termostat.. tempratur sirkulasi air relatif sama, tapi dengan termostat terpasang.. temp air di blok mesin dan di radiator berbeda, sehingga pendinginan di blok mesin lebih ideal sesuai dengan rancangan manufakturnya.
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
sharinggg om,nopa sy juga klo digeber 4rb rpm keatas ngebul putih banyakk bangett,padahal dah swap engine juga!mesin nya padahal bagus om waktu dipake tmn sebelumnya ga ngebul tapi pas sy pake ngebul,katanya sih denger2 ada kebocoran olie di booster rem yang masuk ke manipol itu bisa buat ngebul!mohon masukan nya om!
Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul
Boleh gpp om, kl reyen jalan spt mbl baru aja, pake normal gpp, asal jangan dibeset ngoper di bates rpm merah aja, nanti udah lewat 1000km pertama, ganti oli ama filternya baru stlh itu kalo mau dibeset mesinnya.. silakan deh he3xMr.Kethu wrote:klo reyen jalan apakah boleh dibebani ac??..
kalo oli rem (dari master) bocor ke booster terus masuk ke manifold mah mening bongkar booster ama master remnya om, bahaya itu kl dibiarin, rem juga rasanya ga normal waktu bekerjazimbah wrote:sharinggg om,nopa sy juga klo digeber 4rb rpm keatas ngebul putih banyakk bangett,padahal dah swap engine juga!mesin nya padahal bagus om waktu dipake tmn sebelumnya ga ngebul tapi pas sy pake ngebul,katanya sih denger2 ada kebocoran olie di booster rem yang masuk ke manipol itu bisa buat ngebul!mohon masukan nya om!
kalo dugaan saya itu mgkn bukan bocor dari booster ke manifold tp lebih ke ring piston om krn ngebulnya pas digeber rpm 4rb, krn kl bocor dari booster dan oli rem yg ke bakar biasanya di rpm rendah jg udah ngebul om, dan bau oli kebakarnya beda dengan oli mesin yg kebakar, tp utk amannya mening secepetnya dicek booster dan master remnya om