Page 2 of 4

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Wed Mar 27, 2013 7:46 am
by adeindra
mantab om infonya.... biar bisa ikutan rewelin montir nih nanti kalo mereka ngerjainnya kurang tepat


eh, senior standar itu mah ngeri emang om paul mesinya... hiiiiiiii

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Wed Mar 27, 2013 10:46 am
by choElo98
wah mo diy yang ini, cuma masih lumngerti om PP,
-alat timinglight ?
-step pengerjaan bikin seperti trit karbu, om
biyar gampang ngerti om.. tq

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Wed Mar 27, 2013 10:50 am
by pauluspaska
Oh Ok om, saya update di page 1 ya

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Wed Mar 27, 2013 10:53 am
by hoxs21
mantab...
ditunggu step by step nya om...

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Wed Mar 27, 2013 12:52 pm
by meneer
sebenarnya ada beberapa mekanik yg bisa melihat TOP tanpa intip lubang busi...punya mata Xray kah? :D

btw,om pp...belum dijelaskan mengenai posisi top itu yg bagaimana...


newbie ijin menyimak

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Wed Mar 27, 2013 1:29 pm
by pauluspaska
Kalau mau cari tahu posisi topnya Cam, buka tutup timing belt, kemudian putar pulley kruk as berlawanan arah jarum jam. Cari tulisan 'UP', Tulisan itu harus persis dipuncak, dan ada 2 garis di sisi lain yang harus sejajar dengan silinder head

Kalau untuk posisi top kruk AS, cari white mark (biasanya sudah gak ada lagi warnanya) yang diwakili dengan tanda strip TUNGGAL di pulley kruk as. Itu TDC (top dead center) kruk as

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Wed Mar 27, 2013 4:01 pm
by Fieldz
hihih.. ga ngerti seiprit2nya jg..
nunggu om PP buka bengkel aja deh.. :D

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Tue Apr 09, 2013 8:40 am
by 3lm3l3r
klu timing ga pas, apa pengaruh ama tarikan om ??? kapan ari pinky ganti timingbelt...trus ama dinamo amper (rusak kudu replacement,dapet punya genio 450k)....bis tuh ama mekanik dikampung dimajuin apa dimundurin gtu lupa yar waktu start gampang (delco digeser2)....efeknya tarikan udah di gas mentok gamaw lari niiiii...jadi binun....mo nyalip truk aja susah....klu sebelum kejadian diatas (ganti dinamo amper ama timingbelt) mobil bisa lari, tinggal dipantengin gigi 2 RPM 4000 udah lari kayak vtec on....


kira2 yg keliru yg mana ya...timingbelt ?? delco ?? maklum dibengkel biasa bukan spesialis honda :nerd :(( :((

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Thu Apr 11, 2013 9:16 pm
by indra trisna
:D :D :D manteb om PP share ilmunya,,,
pengaturan timing ignition juga berpengaruh pada kuwalitas emisi
karena jika timing ignition pas,, maka bahan bakar akan terbakar sempurna..
ini senbabnya jika kita ingin merubah peakain bahan bakar misalnya dari premiu ke pertamax kita wajib merubah timing ignition. :D :D

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Fri Apr 12, 2013 11:18 am
by pauluspaska
3lm3l3r wrote:klu timing ga pas, apa pengaruh ama tarikan om ??? kapan ari pinky ganti timingbelt...trus ama dinamo amper (rusak kudu replacement,dapet punya genio 450k)....bis tuh ama mekanik dikampung dimajuin apa dimundurin gtu lupa yar waktu start gampang (delco digeser2)....efeknya tarikan udah di gas mentok gamaw lari niiiii...jadi binun....mo nyalip truk aja susah....klu sebelum kejadian diatas (ganti dinamo amper ama timingbelt) mobil bisa lari, tinggal dipantengin gigi 2 RPM 4000 udah lari kayak vtec on....


kira2 yg keliru yg mana ya...timingbelt ?? delco ?? maklum dibengkel biasa bukan spesialis honda :nerd :(( :((

Om Meler,

Secara praktis lapangan, seharusnya montir jalanan pun paham soal timing, hanya saja spek mobil tiap model dan pembuat bisa berbeda-beda.
Montir hanya fokus pada mesin yang bisa nyala. Timing sesuai spek sering kali diabaikan. Saat mesin bisa nyala, montir akan atur-atur karbu untuk bisa kompensasi kehalusan getaran. padahal ada alat timing light yang bisa dipakai.

Masalahnya montir berbudget kecil gak mau kerja dua kali atau tiga kali kalau timing gak pas. soalnya kudu bongkar timing lagi dan atur ulang penempatannya soalnya itu berarti kerja besar lagi.

Pengapian yang gak pas dikhawatirkan terjadi knocking. Saat piston bergerak ke atas, busi sudah nyala sehingga piston malah disuruh turun. bisa bikin bolong piston

Pengaturan delko itu hanya bersifat 'fine tune' aja. Timing yang pas dan ideal itu membuat posisi delko pas di tengah, selanjutnya kalau kita mau majuin atau munduring delko untuk atur power band bisa dilakuin,