Page 2 of 4

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Wed Sep 25, 2013 11:16 pm
by saiful
Aki nya sudah dibalikin lg pakde gung...waktu aki saya di mobil lain,norMal norMal saja... Tp waktu saya pakai aki orang lain,ngedrop jg lama lama...hehehee...
Oke pkade gung nanti saya cb cek koneksi kabel2 grounding nya..
Om yuqi... Maksudnya ganti penjepit / clamp yg di kutupnya aki ya?

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Sep 26, 2013 12:08 am
by Pa'de Gung
Kalo om saiful punya Volt / AVO meter, coba tes tegangan langsung di alternatornya.
Tapi aki harus di charge dulu supaya bisa start.
Pertama cek tegangan aki, biasanya sekitar 12,5 V
Lalu hidupkan mesin, cek lagi tegangan aki, normalnya harus naik di kisaran 13,5 V.
Kalo tegangan di aki ga naik, coba cek tegangan di alternatornya, kalo tegangan di alternator kurang dari 13 V artinya alternator bermasalah.
Kalo tegangan alternator lebih dari 13 V kemungkinan ada konensi kabel yg rusak.

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Sep 26, 2013 6:08 am
by zastraw
Saya ganti alternator, saya cek voltasenya 14 Volt lebih bahkan hampir 15 Volt. Normalkah? Apa yang harus di cek

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Sep 26, 2013 7:41 am
by adeindra
voltasenya saat kondisi bagaimana om? hidup idle or saat beban tinggi? (semua lampu, ac, audio dan kelistrikan lain hidup)

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Sep 26, 2013 11:59 am
by Pa'de Gung
zastraw wrote:Saya ganti alternator, saya cek voltasenya 14 Volt lebih bahkan hampir 15 Volt. Normalkah? Apa yang harus di cek
Kalo ini voltase saat lampu utama on ato AC on normal om...
Tapi kalo semua beban off, keknya ketinggian om, aki akan diisi terlalu cepat, umur aki akan lebih pendek.

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Sep 26, 2013 2:25 pm
by zastraw
Saya saat beban off om. Apa yang harus diperbaiki ya agar bisa normal?

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Sep 26, 2013 4:20 pm
by Pa'de Gung
Saya kira ini ga bisa dilakukan sendiri om, normalnya saat beban off voltase ada dikisaran 13,5V, saat beban naik tegangan juga naik di kisaran 15V
Perubahan ini dilakukan oleh IC dalam alternator.
Jadi kemungkinan masalahnya ada pada IC pengatur arus nya.

Tambahan dikit, Aki 12V tegangan minimalnya 12,5V , Tegangan max 14,5V (jenuh)

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Sep 26, 2013 5:33 pm
by saiful
Waahh...jelas banget nih penjelasannya pakde gung...makasih banyak Dhe...jd ada pencerahan...hehehee...karena gak punya avo meter,Kemaren ngetestnya ujung obeng di dekatkan ke alternator dan tertarik daya magnet dr alternator...

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Fri Sep 27, 2013 8:52 am
by basementproject
saiful wrote:Aki nya sudah dibalikin lg pakde gung...waktu aki saya di mobil lain,norMal norMal saja... Tp waktu saya pakai aki orang lain,ngedrop jg lama lama...hehehee...
Oke pkade gung nanti saya cb cek koneksi kabel2 grounding nya..
Om yuqi... Maksudnya ganti penjepit / clamp yg di kutupnya aki ya?
ya betul kemarin ganjel2 make plat gak bener,ganti yang kuningan cuma 12 rebu lancar, kmrn brmasalah yg (-) nya

Re: Numpang nanya tentang alternator

Posted: Thu Oct 17, 2013 11:13 am
by Donking
Pa'de Gung wrote:Saya kira ini ga bisa dilakukan sendiri om, normalnya saat beban off voltase ada dikisaran 13,5V, saat beban naik tegangan juga naik di kisaran 15V
Perubahan ini dilakukan oleh IC dalam alternator.
Jadi kemungkinan masalahnya ada pada IC pengatur arus nya.

Tambahan dikit, Aki 12V tegangan minimalnya 12,5V , Tegangan max 14,5V (jenuh)