Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by saitama » Mon Nov 24, 2008 7:02 pm

onta wrote:Info pemasangan:
Setengah harian pasang byuh ... banyak kendala.
Dari masuk bandara, karburator ga boleh masuk kabin, terpaksa dilewatin bagasi.
Sampe rumah pipa vacuumnya idle unloadernya patah :( (hanciikkkkk ..... misuh2 aku)
Terpaksa diakalin dulu pake lem alteco + plastik sambungan selang akuarium.
Iseng2 gw buka jg dalemannya karbu. Oalah karbunya kotor banget, paking tutup karbunya jg dah sobek2, pompa crot bensin ngadat, power valve macet, hmmm kerjaan lagi.
Carb cleaner mana abis, mo ke toko males, terpaksa puter akal cr yg ada, ketemunya baygon semprot yg besar. Tinggal ganti semprotannya jadi deh carb cleaner hahahahha
Crot sana, crot sini, eh ampuh juga ternyata. Kerak2 item pada pergi, jalur2 pada bersih.
Setelah gw rakit lagi, dipastikan ga bocor, acara pasang dimulai. Terlebih dulu yg gw bilang jalur bocor gw tambal pake double tape.

Begitu dipasang, start mesin, jreng, vroommmm waaaanngggg, kok tinggi betul rpmnya sampe 5000.
Dilihat lagi ternyata kabel gasnya ga pas ama dudukan stopernya. Terpaksa ga pake kabel gas dulu, entar aja ngakalinnya.
Abis itu gw start lg, vrooommm, lho kok masih di 2000an rpmnya,
Diamat2in ga jelas masalahnya, tarik kesimpulan sementara spuyer yg kebesaran.
Gw ganti spuyer idle ama spuyer angin main jet ama karbu yg lama. spuyer idle tertulis angka 50, spuyer angin main tertulis 75. (katanya Om Saitama spuyernya sama ama GC ya??)
Gw pasang lagi, eh tetep gedhe rpmnya. Welah dalah kok ngerjain gw nih karbu.
Sambil mesin nyala gw senterin karbunya, kayanya throtlenya macet ga bisa nutup sempurna.
Terpaksa bongkar lagi, nah ketemu masalahnya. Ternyata tuas vacuum booster AC'nya pendek. Jadi ga bisa nutup throtlenya.
Bener dugaan gw, ini karbu dah jadi proyek kanibal sebelumnya. So hati2 yg nyari karbu prestige, soale honda bikin 7 series karbu loh, jadi susah mawasin pas beli.
Terpaksa gw ganti idle boosternya pake yg lama.
Singkat cerita selesai pasang, gw coba lagi, cekekekekk bruummm hehehheehe it's normal guys ...
Setel sana, setel sini, akhirnya dapet setelan rpm idle 900, vacuum 18inHG.
Kenapa di 900, soale puli alternatornya rada besar, punya feroza.

Utk sementara auto choke belum dipasang, nunggu dapet thermovalve yg 50C.

Om Meneer:
trims atas infonya. BTW di intake manifold ga ada drat tambahan .... hehehe gw yg hilaf ...
aku lihat sih beda om ukurannya tapi ga tau lagi kalo udah di bor lagi tuh spuyer, punya gc malah lebih gede 90-110

btw gimana udah bisa ngerasain bedanya pake akrbu prestige????

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by meneer » Tue Nov 25, 2008 12:25 am

wakakakaka..baygon bisa juga yah jadi carb cleaner..bisa ditiru nih :P
sampeyan lak dikandani arek cilik ga percoyo..
kongkon tuku repair kit pisan ga gelem..nek wes ngene iki yo'opo? :lol:

ya..ya...om sama2...
lha trus sampeyan masi tetep mau pasang auto chokenya?trus pasang nang ndi ne? :D
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by onta » Tue Nov 25, 2008 8:19 am

saitama wrote: aku lihat sih beda om ukurannya tapi ga tau lagi kalo udah di bor lagi tuh spuyer, punya gc malah lebih gede 90-110

btw gimana udah bisa ngerasain bedanya pake akrbu prestige????
loh wong nomernya dah beda :D so ta pasang spuyer GC.
yg 110 itu bukannya buat secondary?
klo diliat di karbu ada 3 spuyer yg punya nomor:
- buat idle yg panjang ukuran 50
- buat main, pendek ada di tengah 75
- buat secondary ukuran 110 ada di pinggir

Pas dipake bedanya bumi dan langit hehehe
Maklum yg lama rusak jadi ngempos, nglitik, terpaksa timing dimundurin.
Sekarang pencet gas dikit dah ngacir, timing bisa dimajuin lagi

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by onta » Tue Nov 25, 2008 8:25 am

meneer wrote:wakakakaka..baygon bisa juga yah jadi carb cleaner..bisa ditiru nih :P
sampeyan lak dikandani arek cilik ga percoyo..
kongkon tuku repair kit pisan ga gelem..nek wes ngene iki yo'opo? :lol:

ya..ya...om sama2...
lha trus sampeyan masi tetep mau pasang auto chokenya?trus pasang nang ndi ne? :D
Aseli baygon iso loh, coba toh, jangan lupa cuci tangan.
Karbu kit isina cuma gitu2 tok, mahal lage, bisa buat beli kepiting hehehe :p
Target kudu pasang autochoke, masih nyari posisi mo dipasang dimana thermo valvenya. Nanti klo ketemu ta kontak lagi konfirm harga thermovalve hehehehe

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by saitama » Thu Nov 27, 2008 9:42 pm

onta wrote:
loh wong nomernya dah beda :D so ta pasang spuyer GC.
yg 110 itu bukannya buat secondary?
klo diliat di karbu ada 3 spuyer yg punya nomor:
- buat idle yg panjang ukuran 50
- buat main, pendek ada di tengah 75
- buat secondary ukuran 110 ada di pinggir

Pas dipake bedanya bumi dan langit hehehe
Maklum yg lama rusak jadi ngempos, nglitik, terpaksa timing dimundurin.
Sekarang pencet gas dikit dah ngacir, timing bisa dimajuin lagi
nah ya itu yang jadi amslah aku lupa itu spuyer yang mana nya soalnya yang aku utek2 tuh spuyer barel 1 n barel 2 nya ntuh ga tau yang mana ( main?? secondary??, idle?? ) gituuuuuu

auto choke nya kabel apa selang yah aku kok lupa hehehhee, pokoknya modelnya di bendeng gitu deh ( jumper an ) tapi sama yang mana aku lupa, soalnya punya ku ga tak pasang

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by meneer » Mon Dec 15, 2008 5:10 am

SuPeRNoVa wrote:mau tanya apakah ganti karburator prstige langsung cocok dgn dudukan di gc?apa aja yg perlu dirubah?dan carbnya punya prestige thn brp?efeknya diganti carb prestige apa?
IMHO setelah merasakannya langsung...ganti carb prestige berefek lebih irit[kalo settingan ketemu]tapi lari lebih galak dan enteng.karena lubang venturi yg lebih besar 2 step dari karbu ori GC. :D

kalo bisa pasang punya prestige yg tahun 1989 alias seri trakhir dan karbunya seri trakhir juga dari 7 seri karbu prestige yg ada di pasaran...kalo masalah pemasangan bisa langsung plug n play pada dudukan ori GC [tapi kalo bisa mah baut tanemnya diganti yg panjangan dikit gitu] ;)

om er mungkin bisa jelaskan lebih detail tentang teknisnya :)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by onta » Mon Dec 15, 2008 7:10 am

teknisnya gada masyalah, langsung plek, asal tuw karbu dibersihkan dulu sebersih-bersihnya, maklum barang copotan lama ga dipake.
Klo yg gw dapet, gw ga ganti baut sama sekali, langsung plek.
Trus masalah baru muncul di dudukan setelan kabel gas, sama mekanisme autochoke.

Klo masalah kabel gas yg kurang panjang, bisa diakali dr dalem kabin. plastik tebel di ujung kabel ke arah pedal ga usah dipakai, jadinya paslah dudukan setelan kabel gas di karbu.

Untuk autochoke, yg dibutuhkan adalah termovalve bawaan prestige. Cukup satu yg bukaan 50C. Klo ga pake termovalve ya mending autochokenya diganti choke manual bawaan GC.
Klo saya, autochoke tetep gw pasang, menunggu dapet termovalve.

User avatar
Patric_Star
GC Whore
GC Whore
Posts: 3925
Joined: Wed Apr 01, 2009 12:38 pm
Location: Malang - Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by Patric_Star » Fri Sep 18, 2009 6:43 am

keren euy.....

User avatar
Patric_Star
GC Whore
GC Whore
Posts: 3925
Joined: Wed Apr 01, 2009 12:38 pm
Location: Malang - Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by Patric_Star » Mon Dec 28, 2009 8:05 am

ang wrote:
Wah jadi pengen nyoba nih...
Dah nanya supernova lg gak ada stok...
Please help adakah yg mau jual karburator honda prestige th 89 ????

Thanks all...

[Post made via Mobile Device] Image
ntar ane carikan karbunya... yg readystock malah karbu fiat 125 hehehe :p

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: Ganti Carb Prestige (vacuum diagram) -> awas gambar gedhe

Post by Kurniawan dicky » Sun Mar 07, 2010 10:35 am

Woooh, carbu ini ternyata ada vacuum switch nya... ini diaktifin gak Om? saya ada rencana pengen masang ini vacuum switch... yang bisa nge off di sekitar 25 in Hg..

Post Reply