Nanya tentang AC dan mesin..

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by meneer » Thu Jan 08, 2009 8:28 pm

abah wrote:
wah, yaiyalah yaiyadong kalo udah 6 bulan mah.. kalo kata tukang AC langganan mah, AC tuh diisi freon 2 ampe 3 bulan sekali.
weh..itumah siasat biar dagangannya dia laku om... :D

punya gw juga udah setaun lebih dah...tu AC masi seperti kulkasssssssssssssssssssssss....
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by abah » Fri Jan 09, 2009 9:48 am

pauluspaska wrote:Saya terakhir kali ke tkg AC persis 1 thn silam(halah silam!) Sampe hari ini tdk perlu nambah freon sedikitpun

Montir saya kasih jaminan 1 thn wktu saya ganti kompresor.

Dia juga blg freon itu gk mungkin habis kalo gk bocor dipentil atau di jalur pipa. Freon itu bukan bahan pakai habis seperti bensin gitu.
Oh, gitu?? trus yang dihembuskan tu apa dong?? apa freon yang mendinginkan hembusan nafas, eh, angin dari kipas?? ko bisa instan dinginnya yah?? wah, jadi ikut nanya tentang AC nih..

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by pauluspaska » Fri Jan 09, 2009 7:49 pm

Om lukman,
Kulkas dirumah apa diganti freon tiap 3 bulan?

Sya ndak tau cara kerja kompresor AC tp yang saya tau kalo gak bocor di pentil dan pipa2 freon itu gk perlu dtambah.

Kulkas rumah jg gitu.

User avatar
bisatyo
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 829
Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
Location: Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by bisatyo » Fri Jan 09, 2009 9:19 pm

iye,, punya gw dah setaun lebih juga msh kek kulkas,, :)

User avatar
iphoer
GC Whore
GC Whore
Posts: 3571
Joined: Thu May 22, 2008 9:09 am
Location: Bandung, Jakarta
Contact:

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by iphoer » Wed Jan 14, 2009 10:04 am

meneer wrote: weh..itumah siasat biar dagangannya dia laku om... :D

punya gw juga udah setaun lebih dah...tu AC masi seperti kulkasssssssssssssssssssssss....
bisa bikin es gak nyah? wahaha...
betul. Kalo sistem AC itu tidak ada kebocoran, freon gk mungkin abis. Dan sebaiknya setelah satu tahun dikuras + divakum lagi.
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--

User avatar
adhy pe
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 813
Joined: Fri May 23, 2008 7:48 am

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by adhy pe » Thu Jan 22, 2009 8:20 am

iphoer wrote: bisa bikin es gak nyah? wahaha...
betul. Kalo sistem AC itu tidak ada kebocoran, freon gk mungkin abis. Dan sebaiknya setelah satu tahun dikuras + divakum lagi.
Bisa bikin es Om..
tapi mesti bawa kulkas di mobil nya he..he.. :P :P
minggu lalu abis servis AC + nanya kok krg dingin pdhl tekanan kompressor bagus.. dibilang kebanyakan freon jd kompr. tdk bisa maks. kerja mendinginkan mobil.. :x :x

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by onta » Thu Jan 22, 2009 4:51 pm

coba mbantu biar paham dan ga gampang dikibulin kaya saya :)

yang namanya freon mulai dari r12-r134a semuanya adalah zat cair
yg punya titik didih di bawah 0 derajat Celcius kira2 di kisaran −29.8 °C.
Jadi klo suhunya di atas itu misal -18°C, itu freon akan menjadi gas dari wujud aslinya cair.
Karakteristik inilah yg dimanfaatkan dalam sistem pendingin.

Freon yg cair, dialirkan sedikit demi sedikit lewat expansion valve yg letaknya persis sebelum evaporator.
Sesuai dengan namanya evaporator, disinilah proses pendinginan suhu yang sebenarnya.
Udara sirkulasi kabin disedot dan ditiup oleh blower melewati evaporator yang bentuknya seperti radiator.
Karena perbedaan suhu kabin dan freon cair, maka freon akan menguap/mendidih.
Gas freon tadi disedot oleh kompresor untuk dirubah wujudnya menjadi cair.
Begitu seterusnya sampai kompresor dimatikan.

Untuk menjaga wujud freon tetap cair sampai ke tujuannya, yaitu sebelum expansion valve,
maka tekanan/pressure harus dijaga diatas 960kPa pada suhu kamar 40°C.
Untuk suhu di atas 40°C seperti suhu ruang mesin maka dibutuhkan tekanan yang lebih besar.
Resikonya dengan tekanan yang besar, kerja kompresor jadi berat.
Untuk menjaga suhu di bawah 40°C maka dibutuhkan sistem pendingin yang namanya condensor + kipasnya.
Apa fungsi expansion valve??
Fungsinya adalah untuk menjaga tekanan yang dibutuhkan freon untuk tetap menjadi zat cair.

kenyataan:
- jangan berlebihan mengisi freon, apabila berlebih, freon yang menuju kompresor masih akan berwujud cair, sehingga kompresor akan rusak karena bekerja menekan zat cair.
- Suhu pipa ac setelah kompresor yg menuju expansion termasuk di bagian condenser, diusahakan tidak terpapar panas, karena semakin rendah suhunya, semakin ringan kerja kompresor karena pressure yang dibutuhkan lebih rendah.
- mengapa bahaya ada air di sistem AC? sama seperti berlebih mengisi freon, adanya air di sistem AC akan merusak kompresor karena bekerja menekan zat cair. itulah kenapa dibutuhkan dryer yang berfungsi untuk menangkap air yang berkeliaran di jalur AC.
- saat mengisi freon hendaklah tekanan suction dan releave di ukur sesuai dengan spek freon tsb. Utk GC yg menggunakan r12 tabel pressure ada di manual. jangan lupa cek tabel kesesuaian suhu dan tekanan.
- nda ada hubungannya ngerokok merusak system AC, karena AC adalah closed system. Kecuali filter evaporator yg bau asep rokok. Sementara di GC nda ada filter blas.

semoga berguna...

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by pauluspaska » Thu Jan 22, 2009 5:29 pm

Jadi freon bisa abis dengan sendirinya gak kalo semua gak ada yang bocor?

Sepertinya kudu membalut pipa AC yang deket exh manipol pake flexi nih....tapi kok jadi karat ya?
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by Ctrl_Alt_Del » Thu Jan 22, 2009 6:17 pm

freon gak bakal abis asal 100% gak bocor.. yg ada dinginnya berkurang..

mirip kayak radiator, aer radiator, angin, dan kipas radiator..

cuma disini freon penempatannya sama kayak aer radiator, kipas radiator sama kayak blower, radiator sama kayak evaporator..

angin yg di dalem kabin, dilewatin melalui evap yg dingin, jd deh udara dingin..
ini yg terus2an muter2 di kabin..

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Post by Ctrl_Alt_Del » Thu Jan 22, 2009 6:19 pm

abah wrote:
wah, yaiyalah yaiyadong kalo udah 6 bulan mah.. kalo kata tukang AC langganan mah, AC tuh diisi freon 2 ampe 3 bulan sekali.
mendingan tukang ac lu suruh berenti jd montir.. suru jualan pisang goreng aja..




.

Post Reply