Page 2 of 4

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Thu Jan 08, 2009 8:28 pm
by meneer
abah wrote:
wah, yaiyalah yaiyadong kalo udah 6 bulan mah.. kalo kata tukang AC langganan mah, AC tuh diisi freon 2 ampe 3 bulan sekali.
weh..itumah siasat biar dagangannya dia laku om... :D

punya gw juga udah setaun lebih dah...tu AC masi seperti kulkasssssssssssssssssssssss....

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Fri Jan 09, 2009 9:48 am
by abah
pauluspaska wrote:Saya terakhir kali ke tkg AC persis 1 thn silam(halah silam!) Sampe hari ini tdk perlu nambah freon sedikitpun

Montir saya kasih jaminan 1 thn wktu saya ganti kompresor.

Dia juga blg freon itu gk mungkin habis kalo gk bocor dipentil atau di jalur pipa. Freon itu bukan bahan pakai habis seperti bensin gitu.
Oh, gitu?? trus yang dihembuskan tu apa dong?? apa freon yang mendinginkan hembusan nafas, eh, angin dari kipas?? ko bisa instan dinginnya yah?? wah, jadi ikut nanya tentang AC nih..

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Fri Jan 09, 2009 7:49 pm
by pauluspaska
Om lukman,
Kulkas dirumah apa diganti freon tiap 3 bulan?

Sya ndak tau cara kerja kompresor AC tp yang saya tau kalo gak bocor di pentil dan pipa2 freon itu gk perlu dtambah.

Kulkas rumah jg gitu.

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Fri Jan 09, 2009 9:19 pm
by bisatyo
iye,, punya gw dah setaun lebih juga msh kek kulkas,, :)

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Wed Jan 14, 2009 10:04 am
by iphoer
meneer wrote: weh..itumah siasat biar dagangannya dia laku om... :D

punya gw juga udah setaun lebih dah...tu AC masi seperti kulkasssssssssssssssssssssss....
bisa bikin es gak nyah? wahaha...
betul. Kalo sistem AC itu tidak ada kebocoran, freon gk mungkin abis. Dan sebaiknya setelah satu tahun dikuras + divakum lagi.

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Thu Jan 22, 2009 8:20 am
by adhy pe
iphoer wrote: bisa bikin es gak nyah? wahaha...
betul. Kalo sistem AC itu tidak ada kebocoran, freon gk mungkin abis. Dan sebaiknya setelah satu tahun dikuras + divakum lagi.
Bisa bikin es Om..
tapi mesti bawa kulkas di mobil nya he..he.. :P :P
minggu lalu abis servis AC + nanya kok krg dingin pdhl tekanan kompressor bagus.. dibilang kebanyakan freon jd kompr. tdk bisa maks. kerja mendinginkan mobil.. :x :x

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Thu Jan 22, 2009 4:51 pm
by onta
coba mbantu biar paham dan ga gampang dikibulin kaya saya :)

yang namanya freon mulai dari r12-r134a semuanya adalah zat cair
yg punya titik didih di bawah 0 derajat Celcius kira2 di kisaran −29.8 °C.
Jadi klo suhunya di atas itu misal -18°C, itu freon akan menjadi gas dari wujud aslinya cair.
Karakteristik inilah yg dimanfaatkan dalam sistem pendingin.

Freon yg cair, dialirkan sedikit demi sedikit lewat expansion valve yg letaknya persis sebelum evaporator.
Sesuai dengan namanya evaporator, disinilah proses pendinginan suhu yang sebenarnya.
Udara sirkulasi kabin disedot dan ditiup oleh blower melewati evaporator yang bentuknya seperti radiator.
Karena perbedaan suhu kabin dan freon cair, maka freon akan menguap/mendidih.
Gas freon tadi disedot oleh kompresor untuk dirubah wujudnya menjadi cair.
Begitu seterusnya sampai kompresor dimatikan.

Untuk menjaga wujud freon tetap cair sampai ke tujuannya, yaitu sebelum expansion valve,
maka tekanan/pressure harus dijaga diatas 960kPa pada suhu kamar 40°C.
Untuk suhu di atas 40°C seperti suhu ruang mesin maka dibutuhkan tekanan yang lebih besar.
Resikonya dengan tekanan yang besar, kerja kompresor jadi berat.
Untuk menjaga suhu di bawah 40°C maka dibutuhkan sistem pendingin yang namanya condensor + kipasnya.
Apa fungsi expansion valve??
Fungsinya adalah untuk menjaga tekanan yang dibutuhkan freon untuk tetap menjadi zat cair.

kenyataan:
- jangan berlebihan mengisi freon, apabila berlebih, freon yang menuju kompresor masih akan berwujud cair, sehingga kompresor akan rusak karena bekerja menekan zat cair.
- Suhu pipa ac setelah kompresor yg menuju expansion termasuk di bagian condenser, diusahakan tidak terpapar panas, karena semakin rendah suhunya, semakin ringan kerja kompresor karena pressure yang dibutuhkan lebih rendah.
- mengapa bahaya ada air di sistem AC? sama seperti berlebih mengisi freon, adanya air di sistem AC akan merusak kompresor karena bekerja menekan zat cair. itulah kenapa dibutuhkan dryer yang berfungsi untuk menangkap air yang berkeliaran di jalur AC.
- saat mengisi freon hendaklah tekanan suction dan releave di ukur sesuai dengan spek freon tsb. Utk GC yg menggunakan r12 tabel pressure ada di manual. jangan lupa cek tabel kesesuaian suhu dan tekanan.
- nda ada hubungannya ngerokok merusak system AC, karena AC adalah closed system. Kecuali filter evaporator yg bau asep rokok. Sementara di GC nda ada filter blas.

semoga berguna...

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Thu Jan 22, 2009 5:29 pm
by pauluspaska
Jadi freon bisa abis dengan sendirinya gak kalo semua gak ada yang bocor?

Sepertinya kudu membalut pipa AC yang deket exh manipol pake flexi nih....tapi kok jadi karat ya?

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Thu Jan 22, 2009 6:17 pm
by Ctrl_Alt_Del
freon gak bakal abis asal 100% gak bocor.. yg ada dinginnya berkurang..

mirip kayak radiator, aer radiator, angin, dan kipas radiator..

cuma disini freon penempatannya sama kayak aer radiator, kipas radiator sama kayak blower, radiator sama kayak evaporator..

angin yg di dalem kabin, dilewatin melalui evap yg dingin, jd deh udara dingin..
ini yg terus2an muter2 di kabin..

Re: Nanya tentang AC dan mesin..

Posted: Thu Jan 22, 2009 6:19 pm
by Ctrl_Alt_Del
abah wrote:
wah, yaiyalah yaiyadong kalo udah 6 bulan mah.. kalo kata tukang AC langganan mah, AC tuh diisi freon 2 ampe 3 bulan sekali.
mendingan tukang ac lu suruh berenti jd montir.. suru jualan pisang goreng aja..




.