Page 2 of 5

Re: tanya about knalpot

Posted: Tue May 06, 2014 6:45 pm
by Lebut_MCC
Hehehehe maaf newby hihihihi..

Re: tanya about knalpot

Posted: Fri May 09, 2014 9:07 pm
by adi_vostro
Menurut pendapat saya,,semua perubahan di bagian mesin mengandung konsekuensi..
Termasuk juga di sektor saluran gas buang..
Pabrik Honda tentunya sudah melakukan riset yang mendasar untuk saluran gas buang..segala nya sudah dipikirkan konsekuensi dari berbagai aspek,,misalnya tingkat kebisingan,,efisiensi bahan bakar,,endurance mesin,dll sehingga terciptalah design saluran gas buang standar bawaan mobil..
Perubahan di setiap bagian saluran gas buang pasti ada konsekuensi nya..misalnya :
1. Perubahan di muffler ataupun resonator,,mengganti dengan part Racing (tidak sesuai dengan standarisasi pabrik)..akan didapat perubahan pada tenaga,,bisa meningkatkan tenaga mesin,,tapi juga ada perubahan di faktor lain (perubahan negatif) yaitu suara yg ditimbulkan akan menjadi lebih nyaring,,konsumsi bahan bakar bakal berubah,,endurance mesin juga berubah..tingkat emisi gas buang juga bakal berubah..
2. Contoh yang kedua,,perubahan pada sektor header..memperbaiki atau meriset header bisa mengoptimalkan tenaga mesin..tapi jg mengandung konsekuensi,misalnya tata ruang header di engine bay atau di ground clearence bakal berubah menjadi tidak standar (sering dijumpai pada header 4-1 panjang,,bakal sering mentok karena perbedaan konstruksi dan letak),,konsekuensi yg lain bisa ke perubahan konsumsi bahan bakar (bisa tambah irit ataupun jadi boros tergantung konstruksi header),,dll
3. Perubahan besarnya pipa,,juga terdapat plus minus yang ditimbulkan..
Pabrik Honda tentunya sudah mempertimbangkan semua aspek positif dan negatif tersebut untuk menyesuakan dengan standarisasi market..pernah tau juga di beberapa negara juga menerapkan standarisasi emisi gas buang,,tingkat polusi suara dan udara,,dll untuk setiap merk mobil dan jenis mobil yang dipasarkan di negara tersebut..tentunya honda sudah mendesign produknya,,agar bisa memenuhi standarisasi tersebut..
CMIW....
So,,mau standar apa tidak standar?? Terserah pilihan temen2..karena di indonesiaaaaaaa ini tidak ada regulasi yg jelas.. (Regulasi nya sih ada,,tp penerapannya saja yg blm 100 persen)

Re: tanya about knalpot

Posted: Sun May 11, 2014 10:19 pm
by adiet_playday
Wahhh ... bener2 komplit penjelasannya om, makasih bnyk om. Gra2 baca ini, jd mikir lg mau ngubek2 mufler dkk. Hahaha... sampe ga ad yg pngen ditanyain lg saking jelasnya

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 12, 2014 8:19 am
by adeindra
asik deh kalo om adi vostro udah jelasin panjang x lebar x tinggi

makasih ya om

tetep semangat om adit...

Re: tanya about knalpot

Posted: Tue May 13, 2014 2:57 pm
by Lebut_MCC
Mmmmmmeeeeeetttttttaaaalllllll abis ommmmmmm...

Re: tanya about knalpot

Posted: Tue May 13, 2014 10:08 pm
by adiet_playday
adeindra wrote:asik deh kalo om adi vostro udah jelasin panjang x lebar x tinggi

makasih ya om

tetep semangat om adit...
Huehehe.. mknya itu om , ampe komplit gitu, bener2 luar binasa om .. wkwkwk .. semangaaaatttt

Re: tanya about knalpot

Posted: Tue May 13, 2014 10:17 pm
by Lebut_MCC
Apa yg terjadi kalo dri header trus keluar pipa2 aja om? Bukan kah itu makin los..

Re: tanya about knalpot

Posted: Thu May 15, 2014 4:29 am
by adeindra
Keluar pipa terus 2 sampe belakang? Mesin standar?

Yakin gue mesin malah bakal ngempos kurang tenaga

Re: tanya about knalpot

Posted: Fri May 16, 2014 8:31 am
by joehanz
Corrola 76 temen kantor juga abis header trus dibagi pipa 2 jadi knalpotnya ujungnya 2 pdhl mesin standar dia juga suka kenceng klo nyetir katanya enak2 aja ga ngempos mlah enak katanya..gcnya radit kayake juga gtu..bingung juga hehhehe...btw yg lg cari header n knalpot standar gc saya ada kali aja ada yang minat :)

Re: tanya about knalpot

Posted: Fri May 16, 2014 8:48 am
by YudhoAW
adi_vostro wrote:Menurut pendapat saya,,semua perubahan di bagian mesin mengandung konsekuensi..
Termasuk juga di sektor saluran gas buang..
Pabrik Honda tentunya sudah melakukan riset yang mendasar untuk saluran gas buang..segala nya sudah dipikirkan konsekuensi dari berbagai aspek,,misalnya tingkat kebisingan,,efisiensi bahan bakar,,endurance mesin,dll sehingga terciptalah design saluran gas buang standar bawaan mobil..
Perubahan di setiap bagian saluran gas buang pasti ada konsekuensi nya..misalnya :
1. Perubahan di muffler ataupun resonator,,mengganti dengan part Racing (tidak sesuai dengan standarisasi pabrik)..akan didapat perubahan pada tenaga,,bisa meningkatkan tenaga mesin,,tapi juga ada perubahan di faktor lain (perubahan negatif) yaitu suara yg ditimbulkan akan menjadi lebih nyaring,,konsumsi bahan bakar bakal berubah,,endurance mesin juga berubah..tingkat emisi gas buang juga bakal berubah..
2. Contoh yang kedua,,perubahan pada sektor header..memperbaiki atau meriset header bisa mengoptimalkan tenaga mesin..tapi jg mengandung konsekuensi,misalnya tata ruang header di engine bay atau di ground clearence bakal berubah menjadi tidak standar (sering dijumpai pada header 4-1 panjang,,bakal sering mentok karena perbedaan konstruksi dan letak),,konsekuensi yg lain bisa ke perubahan konsumsi bahan bakar (bisa tambah irit ataupun jadi boros tergantung konstruksi header),,dll
3. Perubahan besarnya pipa,,juga terdapat plus minus yang ditimbulkan..
Pabrik Honda tentunya sudah mempertimbangkan semua aspek positif dan negatif tersebut untuk menyesuakan dengan standarisasi market..pernah tau juga di beberapa negara juga menerapkan standarisasi emisi gas buang,,tingkat polusi suara dan udara,,dll untuk setiap merk mobil dan jenis mobil yang dipasarkan di negara tersebut..tentunya honda sudah mendesign produknya,,agar bisa memenuhi standarisasi tersebut..
CMIW....
So,,mau standar apa tidak standar?? Terserah pilihan temen2..karena di indonesiaaaaaaa ini tidak ada regulasi yg jelas.. (Regulasi nya sih ada,,tp penerapannya saja yg blm 100 persen)
Ciamik infonya oom Step, eeh oom Vost... :x :D :ymparty: