Page 2 of 3

Re: knalpot basah

Posted: Wed Feb 18, 2009 10:10 pm
by leo_nerd
pauluspaska wrote:Wah Kabar buruk tuh om....
Biasanya yang kena bukan ring seher, tapi head yang keropos, jadi air masuk ruang bakar....
Kalo nanti service, sekalian periksa ring seher....kalo lemah sekalian ganti mesin hehehehe...
waduh.... serem amat tuh om, gw juga curiganya head, soalnya kompresinya msh lumayan bagus, terakhir di tune up ada rocker arm yang macet, trus kata org bengkelnya rocker arm yg laen dah pada oblak.......
om minta referensi bengkel grandy yg mangstap dong om di daerah jaksel

Re: knalpot basah

Posted: Thu Feb 19, 2009 5:07 pm
by pauluspaska
Sekalian mau inpo....periksa *suling gitu montir bilang, namanya As rocker arm kalo oblak, beli baru deh. Harganya Rp 200 ribu lebih.

soalnya kalo oblak berati as sudah aus. Kalo udah turun mesin semuanya fresh tapi as ini gak diganti, head akan tetep berisik, celah katup gak akan pernah bener, boros, dll....

Mending diitung dulu deh kalo head yang rusak. Ganti head aja sekalian sekitar Rp. 800 - 900K tergantung kondisi. Disini juga ada yang jual. Bahkan udah ada yang PnP juga....
Ganti vtec sekalian...

Re: knalpot basah

Posted: Thu Feb 19, 2009 7:53 pm
by wawiwuwewow
wahhh,,,hmmm mgkn sama ama kejadian sy boss :roll:

sy prnah kjadian headny milley (ga rata) jd air masuk ke silinder,yang akhirny keluar lwt knalpot,trus knalpotny karatan ancur deh coplok dijalan
itu disebabkn sm radiator yg rusak jd sering overheat,banyak part yg memuai.brabe deh
kalo headny masih tebel bisa dipapas,jdny kompresi naek......
(kalo mslhny di head,kalo yg laen2 blm pngalaman :mrgreen: )

ato ikutin saran om paul,skalian aj head P08 vtec (pgn gw jg :cry: ),
ataww kalo kerusakanny bnyk bgt & punya duit lebih skalian swap engine totalllll.....
zcvtec/dohczc/b16/danteman2ygbikinNgiler
huahahah :mrgreen: :mrgreen:
*porkomporkomporkompooor*

Re: knalpot basah

Posted: Fri Feb 20, 2009 8:17 am
by abah
wawiwuwewow wrote:wahhh,,,hmmm mgkn sama ama kejadian sy boss :roll:

sy prnah kjadian headny milley (ga rata) jd air masuk ke silinder,yang akhirny keluar lwt knalpot,trus knalpotny karatan ancur deh coplok dijalan
itu disebabkn sm radiator yg rusak jd sering overheat,banyak part yg memuai.brabe deh
kalo headny masih tebel bisa dipapas,jdny kompresi naek......
(kalo mslhny di head,kalo yg laen2 blm pngalaman :mrgreen: )

ato ikutin saran om paul,skalian aj head P08 vtec (pgn gw jg :cry: ),
ataww kalo kerusakanny bnyk bgt & punya duit lebih skalian swap engine totalllll.....
zcvtec/dohczc/b16/danteman2ygbikinNgiler
huahahah :mrgreen: :mrgreen:
*porkomporkomporkompooor*
waduh, ampe coplok gitu om waw??

oya, kalo head dipapas kan kompresi jadi naek.. sebaiknya diikuti dengan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan kompresi tersebut. kalo engga, bisa knocking dan berujung pada kerusakan piston, bolong gitu..
standarnya gc tuh 9 - 13, itu direkomendasikan pake bensin beroktan 90.. ntar berhubungan dengan tenaga yang dihasilkan juga.

Re: knalpot basah

Posted: Fri Feb 20, 2009 6:12 pm
by Ctrl_Alt_Del
9-13 itu apanya om?

klo overheat tp gak sampe mati mesin bisa bikin head keriting gak ?
dulu gw (taun brp ya lupa) pernah overheat tp gak sampe mati mesin, pokoknya liat jarum dah naek 80% lebih lgsg minggir..
klo kayak gitu head atau blok bisa bermasalah gak?



.

Re: knalpot basah

Posted: Sat Feb 21, 2009 7:00 pm
by leo_nerd
pauluspaska wrote:Sekalian mau inpo....periksa *suling gitu montir bilang, namanya As rocker arm kalo oblak, beli baru deh. Harganya Rp 200 ribu lebih.

soalnya kalo oblak berati as sudah aus. Kalo udah turun mesin semuanya fresh tapi as ini gak diganti, head akan tetep berisik, celah katup gak akan pernah bener, boros, dll....

Mending diitung dulu deh kalo head yang rusak. Ganti head aja sekalian sekitar Rp. 800 - 900K tergantung kondisi. Disini juga ada yang jual. Bahkan udah ada yang PnP juga....
Ganti vtec sekalian...
Rocker arm baru 200rb sebiji apa satu set om, soalnya kan rocker armnya ada banyak tuh..

Kalo head, bisa pake head apa ya om, kemaren ditawarin klep se-renteng punya genio kira2 sama ga om, apa ada yang harus diubah?

MMMMM...... vtec brapaan yaaa......????

Re: knalpot basah

Posted: Sat Feb 28, 2009 4:27 am
by priapadangpasir
leo_nerd wrote:
Rocker arm baru 200rb sebiji apa satu set om, soalnya kan rocker armnya ada banyak tuh..

Kalo head, bisa pake head apa ya om, kemaren ditawarin klep se-renteng punya genio kira2 sama ga om, apa ada yang harus diubah?

MMMMM...... vtec brapaan yaaa......????
VTEC yg mana dulu nih? ;)

Re: knalpot basah

Posted: Sat Feb 28, 2009 11:02 am
by abah
Ctrl_Alt_Del wrote:9-13 itu apanya om?

.
kompresinya om... untuk rentang segitu dianjurkan pake oktan 90 .

Re: knalpot basah

Posted: Sat Feb 28, 2009 11:04 am
by abah
pauluspaska wrote:Sekalian mau inpo....periksa *suling gitu montir bilang, namanya As rocker arm kalo oblak, beli baru deh. Harganya Rp 200 ribu lebih.

soalnya kalo oblak berati as sudah aus. Kalo udah turun mesin semuanya fresh tapi as ini gak diganti, head akan tetep berisik, celah katup gak akan pernah bener, boros, dll....

Mending diitung dulu deh kalo head yang rusak. Ganti head aja sekalian sekitar Rp. 800 - 900K tergantung kondisi. Disini juga ada yang jual. Bahkan udah ada yang PnP juga....
Ganti vtec sekalian...

emang kalo ganti head vtec tapi masih pake karbu efektif ga om?? kalo pake dualcarb kan lumayan lah masih mending, karena karbunya dua. la kalo cuman satu trus standar??

Re: knalpot basah

Posted: Sat Feb 28, 2009 11:08 am
by priapadangpasir
abah wrote:

emang kalo ganti head vtec tapi masih pake karbu efektif ga om?? kalo pake dualcarb kan lumayan lah masih mending, karena karbunya dua. la kalo cuman satu trus standar??
udah pasti gk akan ngejar rpm atasnya..pasokan bensin kurang...