Page 14 of 16

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Fri Aug 07, 2015 11:26 pm
by Pa'de Gung
zastraw wrote:
Pa'de Gung wrote: Coba cek dulu aja om..., kalo bener miring ato kuran pres mungkin kuping kancing di tutupnya bisa ditekuk dikit.
Bagian atas radiator sudah diganti kuningan ya om?
Sudah pakdhe. Radiator matic harganya berapa ya? Pengen ganti baru kalo pas ada rejeki. Tapi selalu ada bagian yang lebih urgent diganti. Jadi belum rejeki gangi radiator.
Hmm..kalo gitu coba lepas karet atas tutup radiatornya om (karet yg besar), lalu cari plastik yg tebalnya lebih tipis dari karet itu, potong bulat sama dengan karet, pasang di tempat karet tadi lalu tumpuk dg karet aslinya.
Dengan begitu mungkin karet bisa lebih nempel di bibir lubang radiator.
Harga radiator baru 1450rb manual, matic agak mahal dikit.
Alternatif pake merk koyorad lebih murah

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sat Aug 08, 2015 1:44 pm
by adeindra
Kebetulan baru beli radiator matik di jakarta, dapet merek HAMP kena 1,35juta

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sat Aug 08, 2015 7:59 pm
by zastraw
Pa'de Gung wrote: Hmm..kalo gitu coba lepas karet atas tutup radiatornya om (karet yg besar), lalu cari plastik yg tebalnya lebih tipis dari karet itu, potong bulat sama dengan karet, pasang di tempat karet tadi lalu tumpuk dg karet aslinya.
Dengan begitu mungkin karet bisa lebih nempel di bibir lubang radiator.
Harga radiator baru 1450rb manual, matic agak mahal dikit.
Alternatif pake merk koyorad lebih murah
Bisa dicoba nih. Plastik harus yang tahan panas ya?

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sat Aug 08, 2015 8:00 pm
by zastraw
adeindra wrote:Kebetulan baru beli radiator matik di jakarta, dapet merek HAMP kena 1,35juta
Jakartanya mana opa? Saya taunya di atrium. Ada gak ya?

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Aug 09, 2015 1:45 am
by Pa'de Gung
zastraw wrote:
Bisa dicoba nih. Plastik harus yang tahan panas ya?
Ga harus om..., kan ga sampai 100°C.
Plastik bekas kemasan oli mungkin cukup kuat.

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Aug 23, 2015 3:10 pm
by fafaarif
air radiator kalo buat jarak pendek misal dalam kota aja, jalan trus ngandang gt, setelah beberapa kali jalan (jarak tempuh ga sampe150 km) pasti radiator ngisi skitar sebotol aqua 600ml. tapi klo buat lukot jarak 500an km pull ac non stop(stop istirahat siii) ngisi gada 250ml.
mohon analisa nya suhu....

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Aug 23, 2015 11:18 pm
by Pa'de Gung
Ukuran normalnya sih di 500km air radiator relatif belum berkurang, walaupun masih bisa dibilang aman.
Apalagi 150km..., sangat mungkin ada kebocoran.
Kenapa saat dalam kota berkurang lebih banyak..., karena pemakain dalam kota mesin cenderung lebih panas karena suhu kota yg lebih panas dan laju mobil yg cenderung rendah dgn rpm agak tinggi.
Mesin yg cenderung panas...menyebabkan sirkulasi air dari radiator ke reservoir menjadi sering. Artinya tekanan dlm radiator selalu tinggi.
Jika ada celah di jalur air..., saat tekanan tinggi air bisa rembes keluar.
Saat luar kota...biasanya kecepatan stabil dan terpaan angin cukup dingin kearah radiator, kipas pun jarang berputar, tekanan dlm radiator jarang tinggi jadi kebocoran lebih sedikit.

Itu aja yg saya tau om...

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Mon Aug 24, 2015 12:13 am
by fafaarif
Pa'de Gung wrote:Ukuran normalnya sih di 500km air radiator relatif belum berkurang, walaupun masih bisa dibilang aman.
Apalagi 150km..., sangat mungkin ada kebocoran.
Kenapa saat dalam kota berkurang lebih banyak..., karena pemakain dalam kota mesin cenderung lebih panas karena suhu kota yg lebih panas dan laju mobil yg cenderung rendah dgn rpm agak tinggi.
Mesin yg cenderung panas...menyebabkan sirkulasi air dari radiator ke reservoir menjadi sering. Artinya tekanan dlm radiator selalu tinggi.
Jika ada celah di jalur air..., saat tekanan tinggi air bisa rembes keluar.
Saat luar kota...biasanya kecepatan stabil dan terpaan angin cukup dingin kearah radiator, kipas pun jarang berputar, tekanan dlm radiator jarang tinggi jadi kebocoran lebih sedikit.

Itu aja yg saya tau om...
heee,,, pade Gung lagi, jadi malu banyak bgt keknya masalah di becak ane :lol: thanks bgt bimbinganya Pade
soooo blik lg, jadi analisanya kebocoran ada di jalur perpindahan air antara radiator ke blok mesin dan sebaliknya aja ato bisa juga terjadi di kisi2 radiatornya(bener g ya namanya kurang paham)?

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Mon Aug 24, 2015 12:51 am
by Pa'de Gung
Iya om..., semua jalur yg dilalui air.
Cek yg gampang dilihat dulu, seperti di ujung² selang air, bagian atas radiator, rumah thermostat, dsb.
Bekas rembesan air selalu ada kerak putih/kapur, jadi cukup mudah mencarinya.., apalagi kalo pake coolant.., pasti warna coolant akan tertinggal ditempat bocoran meskipun sudah kering.

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Mon Aug 24, 2015 7:46 am
by fafaarif
iya nih pake water coolah, bukan water coolant hehehe,,,
siap Pade ntar besok dirunut jalur airnya, tapi selama gada air campur olie di radiator brarti gada indikasi water jacket nya kena ya?
pengen pake coolant tapi uda terbiasa diisi air coolah gmn pade, bener ga nanti malah bikin bocor. saya baca2 kok ada 2 pendapat, klo pade pribadi gimana yak?