Page 15 of 16

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Mon Aug 24, 2015 1:10 pm
by Pa'de Gung
fafaarif wrote:iya nih pake water coolah, bukan water coolant hehehe,,,
siap Pade ntar besok dirunut jalur airnya, tapi selama gada air campur olie di radiator brarti gada indikasi water jacket nya kena ya?
pengen pake coolant tapi uda terbiasa diisi air coolah gmn pade, bener ga nanti malah bikin bocor. saya baca2 kok ada 2 pendapat, klo pade pribadi gimana yak?
Bocor water jacket tidak selalu oli campur air om, bisa cuma air masuk ruang bakar.., tanda²nya selalu ada air di knalpot dan reservoir ga berkurang ato malah terisi.

Kalo kondisi radiator, gasket, pipa saluran ga bagus sebaiknya ga usah pake coolant dulu om. Setelah peremajaan bagian itu...pake coolant ga masalah.

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sat Oct 03, 2015 4:51 pm
by christian hadinata
Pa'de Gung wrote:Coba amati air di knalpotnya om...
Kalo sampai mesin air di knalpot madih ada, mingkin ada bocor di head gasket.
Cek juga di seluruh jalur selang air dan radiator, biasanya ada rembes kecil yg hanya bocor saat mesin panas.
Jadi selalu ada bekas seperti kapur putih (ato warna coolant) di titik bocor itu.
mhin pencerahan pakde..setelah cb ganti pke water colant ternyata bru ketauan air msih berkurang trus..ada bkas kerak warna merah di pipa selang masuk atau keluar ya pakde pkoknya posisiny selang atas yg ke mesin pakde gk tau itu apa namany..apa dstu titik kebcoroanny.. servis radiator udah pakde 1thn sekali..

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Oct 04, 2015 7:15 am
by adeindra
cek kpndisi selangnya posisi ujung itu om
Siapa tau kondisinya memang sudah jelek sehingga bocor aer rembes keluar

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Oct 04, 2015 7:16 am
by adeindra
Atau itu posisi besi tempat tuh selang masuk kr mesin dah karatan
Bisa diganti baru kok itu

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Oct 04, 2015 9:57 am
by christian hadinata
trrnyata selang yg ke pipa bwah intake om..ngerembes disitu jd kerak..kira2 brp harga ya om..brarti gantiny agk susah ya..krn posisiny dkt dgn intake

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Mon Oct 05, 2015 7:34 am
by adeindra
hmm... biasa pipa besi ya itu juga karatan loh
kawenya 100rebu kalo engga salah..

kalo selang kecil kecil deket situ bisa pake punya mobil lain kok yang penting ukurannya dan lekukannya sama
tidak lebih dari 100rebu juga

iya rada susah tapi bisa kok

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Mon Oct 05, 2015 2:18 pm
by Pa'de Gung
christian hadinata wrote: mhin pencerahan pakde..setelah cb ganti pke water colant ternyata bru ketauan air msih berkurang trus..ada bkas kerak warna merah di pipa selang masuk atau keluar ya pakde pkoknya posisiny selang atas yg ke mesin pakde gk tau itu apa namany..apa dstu titik kebcoroanny.. servis radiator udah pakde 1thn sekali..
Pokoknya yg ada kerak ato warna coolant berarti ada bocor disitu om.
Water outlet didepan atas mungkin kropos.., jadi bocor walaupun selang masih bagus dan terpasang kuat.
christian hadinata wrote:trrnyata selang yg ke pipa bwah intake om..ngerembes disitu jd kerak..kira2 brp harga ya om..brarti gantiny agk susah ya..krn posisiny dkt dgn intake
Yg bawah ada 3 bagian...
1. Water inlet tempat selang masuk.
2. Thermostat house, sekaligus menjadi tempat pipa waterpump.
3. Pipa waterpump.

Sebaiknya ganti keseluruhan bagian itu, karena biasanya keropos parah disitu.

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Tue Oct 06, 2015 9:49 pm
by christian hadinata
Pa'de Gung wrote:
christian hadinata wrote: mhin pencerahan pakde..setelah cb ganti pke water colant ternyata bru ketauan air msih berkurang trus..ada bkas kerak warna merah di pipa selang masuk atau keluar ya pakde pkoknya posisiny selang atas yg ke mesin pakde gk tau itu apa namany..apa dstu titik kebcoroanny.. servis radiator udah pakde 1thn sekali..
Pokoknya yg ada kerak ato warna coolant berarti ada bocor disitu om.
Water outlet didepan atas mungkin kropos.., jadi bocor walaupun selang masih bagus dan terpasang kuat.
christian hadinata wrote:trrnyata selang yg ke pipa bwah intake om..ngerembes disitu jd kerak..kira2 brp harga ya om..brarti gantiny agk susah ya..krn posisiny dkt dgn intake
Yg bawah ada 3 bagian...
1. Water inlet tempat selang masuk.
2. Thermostat house, sekaligus menjadi tempat pipa waterpump.
3. Pipa waterpump.

Sebaiknya ganti keseluruhan bagian itu, karena biasanya keropos parah disitu.
siaaapp trima kasih pakde

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Tue Oct 06, 2015 9:50 pm
by christian hadinata
adeindra wrote:hmm... biasa pipa besi ya itu juga karatan loh
kawenya 100rebu kalo engga salah..

kalo selang kecil kecil deket situ bisa pake punya mobil lain kok yang penting ukurannya dan lekukannya sama
tidak lebih dari 100rebu juga

iya rada susah tapi bisa kok
siaaapp trima ksih om ats pencerahannya

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Thu Oct 08, 2015 8:24 pm
by christian hadinata
dibikin pusing lagi dgn civic lx om n pakde..pas manasin my civic ada tetesan air radiator di lantai setelah ditelusuri sumber tetesannya di dkt tutup timing belt di daerah situ pokokny.kira2 apa sdh bcor pak2 di mesin?tp liat cek oli tetep tdk ada perubahan tercmpur air radiator..mhon pencerahannya om n pakde