Temp Radiator dan Air Radiator
- kakadelphi
- GC Lover
- Posts: 405
- Joined: Sun Oct 25, 2009 7:27 am
- Location: Tasikmalaya
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
jadi pake aer apa nich .... dah pake coolant nich ...
air destilasi / air tanah, gimana cara buatnya ...
air destilasi / air tanah, gimana cara buatnya ...
please ding me if you see Z 1614 KC
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
radiator buntu amargi kotor ooooooooooooom..nyuwun di sogrok
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
adalagi cara sesuai manual book..pauluspaska wrote:kalau mau kuras air radiator gaya hardcore:
Kalau sirkulasi air mantap, bubuhkan larutan detergen atau sabun colek ke dalam radiator sebelum mesin hidup
1. hidupkan mesin selama 10 menit. 5 menit juga boleh tapi biasanya belum cukup untuk membuka thermostat, kecuali digas RPM sampe 2000 beberapa saat.
2. buka selang radiator yang menempel di mesin bagian atas pada saat mesin hidup itu, cabut perlahan untuk menghilangkan tekanan. jangan mendadak, air panas bisa muncrat kemana-mana. Waktu melepas selang, bungkus selang dengan kain kering tebal dan lindungi tangan.
3. biarkan air mengalir keluar dari dalam mesin sambil mulut radiator diisi air mengalir terus menerus. Kalau penuh hentikan air masuk. Biasanya air berhenti keluar dari mesin kalau tidak ada lagi air di dalam mesin. sampai suhu thermostat tercapai maka air segar masuk lagi ke mesin.
4. kalau mau lebih hardcore, biarkan thermostat membuka tutup beberapa kali sampai air di radiator habis sama sekali tanpa ada air segar masuk, dengan ditandai uap panas saja yang keluar dari mesin. Matikan mesin, lalu pasang kembali selang dengan erat. Masukan air segar destilasi atau air tanah (saya biasa pakai air tanah, sebab saya sering kuras model begini jadi gak sempat karatan)
buka nipple / baut plastik di bawah radiator, sblh kanan..
trus kuras.. nyalain dikit.. tutup niple.. isi coolant / aqua destilasi...
kalo kurang jelas, buka manual book bawaan mobil halaman sekian ya...
(lagi males ngetik)
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
air destilasi bisa pake air untuk nambah air accu Oom.. yang botol biru.. atau pake aja air tampungan AC rumah..kakadelphi wrote:jadi pake aer apa nich .... dah pake coolant nich ...
air destilasi / air tanah, gimana cara buatnya ...
Jangan pake air mineral ya.. bikin kerak tuh.. mineralnya mengkristal jadi kerak di saluran pendingin..
- kakadelphi
- GC Lover
- Posts: 405
- Joined: Sun Oct 25, 2009 7:27 am
- Location: Tasikmalaya
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
wow ... gak apa2 tuh pake aer aki ... gak karatan tuh .... (sori blom tau nich ..)
kebetulan, di rumah ga punya AC ... abis cuacanya aja udah dingin, masa mo di tambah AC ...
kebetulan, di rumah ga punya AC ... abis cuacanya aja udah dingin, masa mo di tambah AC ...
please ding me if you see Z 1614 KC
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
aki botol biru tuh aer destilasi...mirip2 air suling..mirip juga dengan are buangan AC rumah tuh...kakadelphi wrote:wow ... gak apa2 tuh pake aer aki ... gak karatan tuh .... (sori blom tau nich ..)
kebetulan, di rumah ga punya AC ... abis cuacanya aja udah dingin, masa mo di tambah AC ...
kalo yg botol merah mendingan jangan..bisa memabukkan
kalo perlu tampung ajahlah itu aer buangan AC gedung, rumah,kantor atw resto terdekat...lumayan bisa buat minum kalo haus..aer mahal nih
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- kakadelphi
- GC Lover
- Posts: 405
- Joined: Sun Oct 25, 2009 7:27 am
- Location: Tasikmalaya
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
o0o0o0o ... gitu yach .... tengkyu imponya nich ...
amat berguna sekali ... ;)
amat berguna sekali ... ;)
please ding me if you see Z 1614 KC
- nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
air aki untuk tambahan bda sama accu zuur om.........klo air aki buat tambahan bisa diminum lha wong air suling klo accu zuur kna baju dijamin bolong....
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
ikutan ngasih saran (telat ya..?)
aku pernah gejala temperatur naik mirip oom nanang, waktu servis ke tukang radiator katanya water pump nya yang gak beres (air muncrat waktu mesiun di gas), ternyata masalahnya ada di thermostat yang udah gak buka lebar kalo kena panas.....di buka thermostatnya gak masalah teperatur lagi sampe sekarang. kali aja bermafaat...
aku pernah gejala temperatur naik mirip oom nanang, waktu servis ke tukang radiator katanya water pump nya yang gak beres (air muncrat waktu mesiun di gas), ternyata masalahnya ada di thermostat yang udah gak buka lebar kalo kena panas.....di buka thermostatnya gak masalah teperatur lagi sampe sekarang. kali aja bermafaat...
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
service radiatornya salah diagnosa itu..
kalo digas terus air muncrat berarti ada pergerakan air di saluran pendingin mesin tho? naah itu hasil kerja water pump yang masih berfungsi..
IMHO muncrat itu beberapa sebab:
1- Radiator mampet
2- Saluran pendingin ada yang sudah koroner alias nyempit gara-gara kerak/karat
3- Packing dexel (antara Engine block & Head) udah perlu ganti jadi kompresi mesin bocor, biasanya dari radiator kalau tutpnya dibuka lalu mesin di gas selain air muncrat juga ada keluar asap seperti hasil bakar keluaran knalpot.
4- Thermostat bermasalah..
CMIIW
kalo digas terus air muncrat berarti ada pergerakan air di saluran pendingin mesin tho? naah itu hasil kerja water pump yang masih berfungsi..
IMHO muncrat itu beberapa sebab:
1- Radiator mampet
2- Saluran pendingin ada yang sudah koroner alias nyempit gara-gara kerak/karat
3- Packing dexel (antara Engine block & Head) udah perlu ganti jadi kompresi mesin bocor, biasanya dari radiator kalau tutpnya dibuka lalu mesin di gas selain air muncrat juga ada keluar asap seperti hasil bakar keluaran knalpot.
4- Thermostat bermasalah..
CMIIW