Temp Radiator dan Air Radiator

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
kakadelphi
GC Lover
GC Lover
Posts: 405
Joined: Sun Oct 25, 2009 7:27 am
Location: Tasikmalaya
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by kakadelphi » Sat Nov 21, 2009 6:30 pm

jadi pake aer apa nich .... dah pake coolant nich ... :-??
air destilasi / air tanah, gimana cara buatnya ... :-?
please ding me if you see Z 1614 KC

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by meneer » Sat Nov 21, 2009 8:07 pm

radiator buntu amargi kotor ooooooooooooom..nyuwun di sogrok :-D
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by badooy » Sat Nov 21, 2009 8:44 pm

pauluspaska wrote:kalau mau kuras air radiator gaya hardcore:
Kalau sirkulasi air mantap, bubuhkan larutan detergen atau sabun colek ke dalam radiator sebelum mesin hidup
1. hidupkan mesin selama 10 menit. 5 menit juga boleh tapi biasanya belum cukup untuk membuka thermostat, kecuali digas RPM sampe 2000 beberapa saat.
2. buka selang radiator yang menempel di mesin bagian atas pada saat mesin hidup itu, cabut perlahan untuk menghilangkan tekanan. jangan mendadak, air panas bisa muncrat kemana-mana. Waktu melepas selang, bungkus selang dengan kain kering tebal dan lindungi tangan.

3. biarkan air mengalir keluar dari dalam mesin sambil mulut radiator diisi air mengalir terus menerus. Kalau penuh hentikan air masuk. Biasanya air berhenti keluar dari mesin kalau tidak ada lagi air di dalam mesin. sampai suhu thermostat tercapai maka air segar masuk lagi ke mesin.
4. kalau mau lebih hardcore, biarkan thermostat membuka tutup beberapa kali sampai air di radiator habis sama sekali tanpa ada air segar masuk, dengan ditandai uap panas saja yang keluar dari mesin. Matikan mesin, lalu pasang kembali selang dengan erat. Masukan air segar destilasi atau air tanah (saya biasa pakai air tanah, sebab saya sering kuras model begini jadi gak sempat karatan)
adalagi cara sesuai manual book..
buka nipple / baut plastik di bawah radiator, sblh kanan..
trus kuras.. nyalain dikit.. tutup niple.. isi coolant / aqua destilasi...

kalo kurang jelas, buka manual book bawaan mobil halaman sekian ya...
(lagi males ngetik) :p

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by ariphrp » Sat Nov 21, 2009 10:21 pm

kakadelphi wrote:jadi pake aer apa nich .... dah pake coolant nich ... :-??
air destilasi / air tanah, gimana cara buatnya ... :-?
air destilasi bisa pake air untuk nambah air accu Oom.. yang botol biru.. atau pake aja air tampungan AC rumah..

Jangan pake air mineral ya.. bikin kerak tuh.. mineralnya mengkristal jadi kerak di saluran pendingin..

User avatar
kakadelphi
GC Lover
GC Lover
Posts: 405
Joined: Sun Oct 25, 2009 7:27 am
Location: Tasikmalaya
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by kakadelphi » Sat Nov 21, 2009 11:22 pm

wow ... gak apa2 tuh pake aer aki ... gak karatan tuh .... (sori blom tau nich ..)

kebetulan, di rumah ga punya AC ... :D abis cuacanya aja udah dingin, masa mo di tambah AC ... :D
please ding me if you see Z 1614 KC

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by meneer » Sun Nov 22, 2009 5:07 am

kakadelphi wrote:wow ... gak apa2 tuh pake aer aki ... gak karatan tuh .... (sori blom tau nich ..)

kebetulan, di rumah ga punya AC ... :D abis cuacanya aja udah dingin, masa mo di tambah AC ... :D
aki botol biru tuh aer destilasi...mirip2 air suling..mirip juga dengan are buangan AC rumah tuh...
kalo yg botol merah mendingan jangan..bisa memabukkan :mrgreen:

kalo perlu tampung ajahlah itu aer buangan AC gedung, rumah,kantor atw resto terdekat...lumayan bisa buat minum kalo haus..aer mahal nih :P
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
kakadelphi
GC Lover
GC Lover
Posts: 405
Joined: Sun Oct 25, 2009 7:27 am
Location: Tasikmalaya
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by kakadelphi » Sun Nov 22, 2009 8:14 am

o0o0o0o ... gitu yach .... tengkyu imponya nich ...

amat berguna sekali ... ;)
please ding me if you see Z 1614 KC

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by nanangsurya » Wed Dec 02, 2009 12:28 pm

air aki untuk tambahan bda sama accu zuur om.........klo air aki buat tambahan bisa diminum lha wong air suling klo accu zuur kna baju dijamin bolong....:)
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

Irul

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by Irul » Mon Dec 07, 2009 11:44 pm

ikutan ngasih saran (telat ya..?)
aku pernah gejala temperatur naik mirip oom nanang, waktu servis ke tukang radiator katanya water pump nya yang gak beres (air muncrat waktu mesiun di gas), ternyata masalahnya ada di thermostat yang udah gak buka lebar kalo kena panas.....di buka thermostatnya gak masalah teperatur lagi sampe sekarang. kali aja bermafaat...

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by ariphrp » Tue Dec 08, 2009 5:12 am

service radiatornya salah diagnosa itu..
kalo digas terus air muncrat berarti ada pergerakan air di saluran pendingin mesin tho? naah itu hasil kerja water pump yang masih berfungsi..
IMHO muncrat itu beberapa sebab:

1- Radiator mampet
2- Saluran pendingin ada yang sudah koroner alias nyempit gara-gara kerak/karat
3- Packing dexel (antara Engine block & Head) udah perlu ganti jadi kompresi mesin bocor, biasanya dari radiator kalau tutpnya dibuka lalu mesin di gas selain air muncrat juga ada keluar asap seperti hasil bakar keluaran knalpot.
4- Thermostat bermasalah..

CMIIW

Post Reply