skir klep

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: skir klep

Post by meneer » Fri Jun 27, 2008 8:28 pm

saitama wrote:q di surabaya bozz kalo di luar sby q ga tau dimana bengkel yang punya alat buat cek kompresi kalo cuma di hitung secara manual pake rumus itu kan berlaku pada saat ada ukuran2 nya kalo mesin kepasang kan kita ga bisa tau kalo pake alat itu ngeceknya pas waktu di pasang n mesin nyala jadi bisa di bandingkan secara itung2an brapa n secara nyatanya berapa
surabaya!?halo surabaya :mrgreen:
ayo gath...


biasanya serpis dimana ya om?
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: skir klep

Post by saitama » Fri Jun 27, 2008 9:28 pm

coba di x-trac jalan sidosermo 2F / 1
di belakangnya cbu world prapen

q tiap hari di situ

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: skir klep

Post by saitama » Fri Jun 27, 2008 9:36 pm

Kurniawan dicky wrote: Bravo Om, ini persis dialami GC ane. Pernah overheat, kompresi bocor, turun setengah, skirklep, pas dipasang kruk as berat...gagal deh malah mesin berasep putih. Trus turn full oversize 50 skalian p n p hasil nya tarikan enteng, suhu stabil. Hanya sayang ada masalah, getaran besar saat dibawah rpm 2000, mesin seperti pincang padahal kompresi semua ok. Kira2 masalahnya dimana Om? kata bengkel karena intake kelewat halus, betulkah?
tx b 4
kalo masih ada gejala ngginjal di bawah rpm 2000 tuh biasanya karena PnP nya terlalu besar ataw posisi noken n askruk ga pas di titik TMA ( biasa di sebut titik 0 ) coba aja suruh bengkel ngepasin timing nya pas di titik 0 bukan dari delco tapi dari posisi gear cam n as kruk harus sama2 0 ada tandanya kok ataw kalo ga gitu kompresi nya gede sehingga agak terasa ngginjal tuh waktu turun head di scrub juga ga head nya ( si papras dinding head nya yang bawah yang nempel ke blok mesin ) kalo di scrub pasti kompresi jadi lebih besar n kemungkinan terasa getaran besar pasti ada punya q di papras 0,5 mm papras maksimal cuma boleh 1mm karena tebalnya dinding head cuma 1,2 mili kalo terlalu banyak bisa overheating karena posisi water jacket terlalu tipis n ga bisa id pake harian karena cepet panas

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: skir klep

Post by saitama » Fri Jun 27, 2008 9:38 pm

justru kalo intake kelwat alus tuh lebih enak aliran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih lancar cuma tetep perhatikan batas dinding water jacket

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: skir klep

Post by badooy » Sat Jun 28, 2008 12:50 am

yog134et wrote:Cuma mau bantu neh om,

Btw abis P n P kemarin kruk as udh dibalance ulang blm om..?
kalo belum, mungkin salah satunya itu atau mungin cam nya udh gak standar?
kalo intake kelewat halus kek nya gak deh om...betul gak om yuda ? om iwan?

Bravo Om, ini persis dialami GC ane. Pernah overheat, kompresi bocor, turun setengah, skirklep, pas dipasang kruk as berat...gagal deh malah mesin berasep putih. Trus turn full oversize 50 skalian p n p hasil nya tarikan enteng, suhu stabil. Hanya sayang ada masalah, getaran besar saat dibawah rpm 2000, mesin seperti pincang padahal kompresi semua ok. Kira2 masalahnya dimana Om? kata bengkel karena intake kelewat halus, betulkah?
tx b 4
[/quote]

lo pnp termasuk di polish bagian in - nya??
afaik, & ngobrol dgn berbagai bengkel.. u/ mobil karbu sebaiknya si in - nya gak dipolish, tetep kulit jeruk.. krn berfungsi jg untuk memecah bensin dan memperbaiki proses pengabutan.....

di OSF jg gitu ktnya, gak enak.. trus willy garet2in lagi deh tu in lobe nya.. (lobe ya klo gak salah istilahna tu lubang cyl head u/ intake)
intakenya gitu jg.. ktnya klo mbl masih karbu jgn lemes2..
boleh dicoba aja dulu tuh punyana om dewa...
gw punya dulu dikasiin om jul sih.. cuman nopek lho karbu+intake+ filter segelundung...

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: skir klep

Post by saitama » Sat Jun 28, 2008 1:15 am

kalo itu yang ga boleh sampe halus tuh yang di intake manipol dari karbu yang masuk ke intake head ( namanya intake juga apa inlet ya?? ) nya broo kalo yang di head nya sebisa mungkin bersih kalo njeruk justru masuknya ke dalam tiap2 klep bisa ga sama broo justru tujuan PnP tuh untuk memperlancar arah masuk pengkabutan bahan bakar itu kalo tetep njeruk kan jadinya ga lancar dong

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: skir klep

Post by meneer » Sat Jun 28, 2008 5:28 am

IMHO...kalo kelewat alus mobil bakal ga enak dipake sehari2...kalopun enak pasti lebih boros
punya gw pas mw PnP dulu ditawarin yang jeruknya masi ada dikit atw bersih gilap kinclong dengan berbagai pendapat dari mekaniknya...akhirnya gw pilih yang daily use alias masi ada jeruknya sedikit2 meski udah dikurangin :)


CMIIW lho ya...CMIIW
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

ketchiro
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 721
Joined: Sun May 25, 2008 3:33 pm

Re: skir klep

Post by ketchiro » Sat Jun 28, 2008 5:48 am

pnp apa an sih???

kalo alat kompresi gue juga pernah liat, anak supir gue punya (kepala montir auto2000), tp khusus busi gede yg buat toyota, jd kg bisa di honda, gue mau tes di supernova ada tdk ya?? thx

ketok pala piston pake obeng minus dari lobang busi?? susah bgt apa kelihatan??

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: skir klep

Post by meneer » Sat Jun 28, 2008 6:05 am

ketchiro wrote:pnp apa an sih???

kalo alat kompresi gue juga pernah liat, anak supir gue punya (kepala montir auto2000), tp khusus busi gede yg buat toyota, jd kg bisa di honda, gue mau tes di supernova ada tdk ya?? thx

ketok pala piston pake obeng minus dari lobang busi?? susah bgt apa kelihatan??
PnP = porting and polish


AFAIK,PnP biasanya berhubungan dengan penghalusan (bisa juga pembesaran diameter) saluran masuk (in) dan buang (ex) yang dari pabriknya sedikit berkontur kasar (kulit jeruk).penghalusan tersebut bertujuan untuk memperlancar aliran masuk campuran bensin&udara masuk ruang bakar serta pembuangan gas hasil pembakaran ke manifold knalpot... CMIIW ;)


masalah alat tes kompresi,kebetulan rekan GC.com gresik ada yang punya dan bisa dipake di GC...
Last edited by meneer on Sat Jun 28, 2008 11:33 am, edited 1 time in total.
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: skir klep

Post by saitama » Sat Jun 28, 2008 11:32 am

alat cek kompresi meter bisa di pake di mobil apa aja dia ada pilihan drat nya kok kalo yang punya beli 1 paket lengkap pasti ada jadi kalo kebesaren pake ukuran drat yang kecil gituuuuu

Post Reply