Page 3 of 4

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 9:32 am
by zulindra
Tp kok pngaruh bnget ya. Td pas udah dibalik rpm gak anjlok lg. Msn dngn lngsng naik ke 700. Sblumx < 200 dan mati.

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 9:41 am
by cokgus
zulindra wrote:sy udah beli avometer kemarin, cuma gak tau fungsikan (maklum non fisician). minta pencerahan nih. prosedur penggunaan avometer sedetail mungkin.
digital ato analog?..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 9:56 am
by onta
zulindra wrote:Tp kok pngaruh bnget ya. Td pas udah dibalik rpm gak anjlok lg. Msn dngn lngsng naik ke 700. Sblumx < 200 dan mati.
Jadi gini Om, itu vacuum diaphragm klo ga salah namanya fast idle unloader, tersambung ditengahnya ada dashpot.
Coba mobil di start tanpa injek pedal gas, pasti start di rpm 2000 trus turun ke rpm idle 750-1000 tergantung setelan idle.
Posisi tanpa vacuum/mesin diam, fast idle unloader mbuka throttle.
coba mesin nyala, vacuum ke arah fast idle unloader di copot, setel ke rpm 2000-2500.
posisi idle, fast idle unloader sama sekali ga nonjok throttle.
karena di daerah ini ga ada vacuum yg bocor, maka wajibnya tidak mempengaruhi kerja karbu saat idle.
fungsi dashpot sendiri untuk menahan sedotan vacuum spy fast idle unloader turunnya pelan2.
Wajib di cek Om fast idle unloader diaphragmnya bocor, atau dashpotnya sendiri ada yg retak.

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 10:11 am
by cokgus
Nahh master dah kluarin ilmu2nya tuh...
Lanjuuttt..Sorry ada iklan lewat.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 10:55 am
by zulindra
Dah lengkap bnget nih ilmunya. Oya, lubng di dashpot klo kt tiup dua2x terasa beda tekanannya. Ini mungkin yg berpengaruh terhadap lambat cepatnya idle. Saya belum ngecek sih kmponen vakum.

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 12:47 pm
by cokgus
Fast idle unloder itu throttle control bkn om onta?,trus dashpot itu check valve bkn?...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 1:25 pm
by onta
mungkin sih, dah lupa. coba liat manualnya.
klo dashpot mirip check valve, tapi ga buntu.

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 1:40 pm
by cokgus
onta wrote:mungkin sih, dah lupa. coba liat manualnya.
klo dashpot mirip check valve, tapi ga buntu.
kalo di manual throttle control om,jd beda dashpot ma check valve buntu enggaknya..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 1:45 pm
by onta
oh iya ntu, di GC ga ada fast idle unloader ya, adanya di carb prestige :p

Re: Ciri-Ciri CDI dan Karbu Rusak ??

Posted: Fri Mar 26, 2010 3:04 pm
by b2199nb
mangap om2 semua sebelumnya, saya gak mudeng, klo bisa pake gbr om, saya gak ngerti ma istilah2nya, klo liat pasti ngerti om :D tx b4