Page 3 of 7

Re: VACUM

Posted: Fri Nov 06, 2009 2:46 pm
by fasc
pauluspaska wrote:Tuh pakarnya mesin turun gunung...
kalo vacuum delco disumbat, gak bisa instant waktu nyalip, ada jeda. Nglitik pula...
ya itu om, disumbat karna ada sesuatu masyalah sama pemilik yg lama
pernah konsul ma tukang karbu disini katanya gak pengaruh sama sekali :oops:
ternyata montir ini lebih pinter dibanding insinyur2 jepun, lebih pinter ngawur :lol:

jadi PR-nya ngecek vacuum membran ma governoor advance yak?
thanks

Re: VACUM

Posted: Sat Nov 07, 2009 8:16 am
by yogawisnu
bisa gak om di jelasin fugnsi nya vacum2 itu....
soalnya punyaku ada satu vacum yg dah rusak dan belom keganti....dan kayaknya gak masalah...
vacum yg rusak yg dekat di karbu tp bukan yg buat idle up ac...(sebelah kiri karbu kalo dilihat dari depan)
makasih

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 3:57 pm
by onta
klo yg dikiri lupa namanya.
itu ditengah selang vacuumnya ada dashpot diagp warna ijo yak? (atau dah ilang?)
klo fungsi nda terlalu berpengaruh banyak, cm demi kenyamanan klo ga salah.
Ciri2nya klo masih bagus:
- selang vacuum solenod dilepas, mesin langsung naik ke 2000 rpm
- Pas distarter, suara mesin dari tinggi ke rendah, bruummm (ambil nada sol ke do rendah)

Sepertinya fungsinya menaikkan rpm idle waktu vacuum intake lg rendah.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 4:10 pm
by Kurniawan dicky
Membran vacuum yg kiri itu throtlle controller... sepertinya buat menjaga rpm saat kepakuman di intake drop, biasanya kalo gas langsung dibejek mendadak akan berasa ndut-ndutan.. CMIIW

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 4:17 pm
by fasc
Kurniawan dicky wrote: AFAIK ya,
1. vacuum advance di delco fungsinya untuk maju mundurin timing pulser berdasarkan kevacuuman intake manipold.
2. Kemungkinan vacuum membrannya sudah bocor.... coba slang yg ke membran disedot mulut untuk cek kebocoran.
tanya lagi vacuum membrannya tu yang mana ya, letaknya dimana? kmaren pede uda jelas, ternyata bingung sendiri :lol:
trus gimana cara ngecek vacuum advance masih bagus pa gak? dicoba disedot kok ga ada bunyi cethak-cetehek kayak vacuum yg laen

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 7:30 pm
by yogawisnu
Kurniawan dicky wrote:Membran vacuum yg kiri itu throtlle controller... sepertinya buat menjaga rpm saat kepakuman di intake drop, biasanya kalo gas langsung dibejek mendadak akan berasa ndut-ndutan.. CMIIW
Oh gitu ya,pantesan aja kalo gas d bejek tiba2 pasti ada lag/jeda,trus baru ngacir tuh mobil.kalo beli baru ada gak ya,berapaan harganya.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 8:16 pm
by pauluspaska
membran controller jarang rusak, gak seperti idle up ac.

kalo ada delay waktu dibejek tiba2 itu karena vacum utk narik secondary throtle karbu butuh hisapan kuat primary throtle akibat bukaan yang lebar, jadi dia nunggu ada hisapan kuat dulu.

cari copotan om. sekali lagi barang ini jarang rusak. dashpotnya juga jarang rusak

[Post made via Mobile Device] Image

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 8:27 pm
by yogawisnu
tp punyaku kayaknya emang rusak om PP..tak isep2 gak gerak2 tuh vacum...kalo dashpot c masih ok ....

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 8:28 pm
by pauluspaska
fasc wrote:
trus gimana cara ngecek vacuum advance masih bagus pa gak? dicoba disedot kok ga ada bunyi cethak-cetehek kayak vacuum yg laen
caranya: copot selang vacum delko yang nempel ke cabang kumpulan vacum, sementara ujung yang satu masih nempel di delko, buka tutup delko pake obeng plus (+) di 4 titik, trus sedot selang itu, lihat tuas jeroan delko yang tsambung ke vacum, apakah maju mundur waktu disedot-lepas.

[Post made via Mobile Device] Image

[Post made via Mobile Device] Image

Re: VACUM

Posted: Mon Nov 09, 2009 8:33 pm
by pauluspaska
yogawisnu wrote:tp punyaku kayaknya emang rusak om PP..tak isep2 gak gerak2 tuh vacum...kalo dashpot c masih ok ....
pastikan tuas di membran itu gak nyangkut, beri pelumas wd di mekanis, maju mundurkan pakai tangan.

pastikan juga dahspot gak kebalik masangnya.

[Post made via Mobile Device] Image