injection atau carbu

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
General Lee

Re: injection atau carbu

Post by General Lee » Thu Aug 21, 2008 4:27 pm

itu satuan mengukur debit (laju aliran fluida). singkatannya gue lupa, pokoknya belakangnya ada satuan waktunya.
kalau gak salah, loh.

mungkin ada yang tahu singkatan cfm?

General Lee

Re: injection atau carbu

Post by General Lee » Thu Aug 21, 2008 4:36 pm

nah, satuan cfm itu nantinya juga bisa untuk mengukur kemampuan porting. biasanya menggunakan flowbench. bohong kalau seorang mekanik disebut jago porting kalau blm mampu mengukur kemampuan hasil portingnya tersebut.

bohong juga kalau porting gak boleh licin.

sumber2 yang menyebabkan sebuah flow berkurang ada 8.
1. wall friction 4 % (ini yang disebut bikin licin porting)
2. contraction at push-rod 2 %
3. bend at valve guide 11 %
4. expansion behind valve guide 4 %
5. expansion 25 derajat 12 %
6. expansion 30 derajat 19 %
7. bend to exit valve 17 %
8. expansion exiting valve 31 %

total 100 %

jika semua bisa diminimalisasi otomatis flow potensial sebuah mesin bagus.

ada nih bukunya lagi gue baca. Mau?

User avatar
iphoer
GC Whore
GC Whore
Posts: 3571
Joined: Thu May 22, 2008 9:09 am
Location: Bandung, Jakarta
Contact:

Re: injection atau carbu

Post by iphoer » Thu Aug 21, 2008 5:00 pm

General Lee wrote:itu satuan mengukur debit (laju aliran fluida). singkatannya gue lupa, pokoknya belakangnya ada satuan waktunya.
kalau gak salah, loh.

mungkin ada yang tahu singkatan cfm?
inikah kepanjangannya ?
cfm = Cubic feet per minute which is a measure of gasflow
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--

General Lee

Re: injection atau carbu

Post by General Lee » Thu Aug 21, 2008 5:01 pm

kayaknya sih begitu.

User avatar
iphoer
GC Whore
GC Whore
Posts: 3571
Joined: Thu May 22, 2008 9:09 am
Location: Bandung, Jakarta
Contact:

Re: injection atau carbu

Post by iphoer » Thu Aug 21, 2008 5:02 pm

General Lee wrote:nah, satuan cfm itu nantinya juga bisa untuk mengukur kemampuan porting. biasanya menggunakan flowbench. bohong kalau seorang mekanik disebut jago porting kalau blm mampu mengukur kemampuan hasil portingnya tersebut.

bohong juga kalau porting gak boleh licin.

sumber2 yang menyebabkan sebuah flow berkurang ada 8.
1. wall friction 4 % (ini yang disebut bikin licin porting)
2. contraction at push-rod 2 %
3. bend at valve guide 11 %
4. expansion behind valve guide 4 %
5. expansion 25 derajat 12 %
6. expansion 30 derajat 19 %
7. bend to exit valve 17 %
8. expansion exiting valve 31 %

total 100 %

jika semua bisa diminimalisasi otomatis flow potensial sebuah mesin bagus.

ada nih bukunya lagi gue baca. Mau?
Ya ampuunn.. Ampe tau begini.. Om jenderal, mo nanya nih.. Pernah gak PnP? Gw mikir kalo si om ini tau seluk beluk. tetek bengek teori2 ttg mesin, pasti worth it kalo sekalian praktek.
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--

General Lee

Re: injection atau carbu

Post by General Lee » Thu Aug 21, 2008 5:12 pm

udah boss. porting polis. tuh saitama udah lihat bentuk portingnya. mulus, lus, lus, lus kayak cermin. murah meriah lagi bikin portingnya. gak sampe 500 rebu.
soal tes flowbench blm gue lakuin soalnya alat itu yang punya di Jogja doang yaitu bengkel MBG.
cara tradisionalnya pake selang air disemprot langsung ke porting. dari situ ketahuan arahnya saja. kalau cfmnya main perasaan. maklum gak ada ukurannya. he, he, he.

enak, bensin irit, power band luas. pokoknya ciamik. (catatan selama bikin portinya benar, loh)

General Lee

Re: injection atau carbu

Post by General Lee » Thu Aug 21, 2008 5:27 pm

iphoer wrote:
Ya ampuunn.. Ampe tau begini.. Om jenderal, mo nanya nih.. Pernah gak PnP? Gw mikir kalo si om ini tau seluk beluk. tetek bengek teori2 ttg mesin, pasti worth it kalo sekalian praktek.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
iphoer
GC Whore
GC Whore
Posts: 3571
Joined: Thu May 22, 2008 9:09 am
Location: Bandung, Jakarta
Contact:

Re: injection atau carbu

Post by iphoer » Thu Aug 21, 2008 5:52 pm

mas..mas..mas.... bisa tolong dikecilin dulu gbrnya ? susyeh nih bukanya.. hehe.
tengkyu..
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: injection atau carbu

Post by meneer » Thu Aug 21, 2008 5:54 pm

iphoer wrote:
Ya ampuunn.. Ampe tau begini.. Om jenderal, mo nanya nih.. Pernah gak PnP? Gw mikir kalo si om ini tau seluk beluk. tetek bengek teori2 ttg mesin, pasti worth it kalo sekalian praktek.
wheeeee...om iphoer bijimana sih...
si jendral ijo ini termasuk penggila memaksimalkan kemampuan mesin standet...si ijo-na ampe dah bosen diapa2in,ampe bisa irit skali gitchu :)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: injection atau carbu

Post by meneer » Thu Aug 21, 2008 5:55 pm

bujut dah...besar amet potona :shock:
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

Post Reply