Page 3 of 4

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 4:27 pm
by General Lee
itu satuan mengukur debit (laju aliran fluida). singkatannya gue lupa, pokoknya belakangnya ada satuan waktunya.
kalau gak salah, loh.

mungkin ada yang tahu singkatan cfm?

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 4:36 pm
by General Lee
nah, satuan cfm itu nantinya juga bisa untuk mengukur kemampuan porting. biasanya menggunakan flowbench. bohong kalau seorang mekanik disebut jago porting kalau blm mampu mengukur kemampuan hasil portingnya tersebut.

bohong juga kalau porting gak boleh licin.

sumber2 yang menyebabkan sebuah flow berkurang ada 8.
1. wall friction 4 % (ini yang disebut bikin licin porting)
2. contraction at push-rod 2 %
3. bend at valve guide 11 %
4. expansion behind valve guide 4 %
5. expansion 25 derajat 12 %
6. expansion 30 derajat 19 %
7. bend to exit valve 17 %
8. expansion exiting valve 31 %

total 100 %

jika semua bisa diminimalisasi otomatis flow potensial sebuah mesin bagus.

ada nih bukunya lagi gue baca. Mau?

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:00 pm
by iphoer
General Lee wrote:itu satuan mengukur debit (laju aliran fluida). singkatannya gue lupa, pokoknya belakangnya ada satuan waktunya.
kalau gak salah, loh.

mungkin ada yang tahu singkatan cfm?
inikah kepanjangannya ?
cfm = Cubic feet per minute which is a measure of gasflow

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:01 pm
by General Lee
kayaknya sih begitu.

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:02 pm
by iphoer
General Lee wrote:nah, satuan cfm itu nantinya juga bisa untuk mengukur kemampuan porting. biasanya menggunakan flowbench. bohong kalau seorang mekanik disebut jago porting kalau blm mampu mengukur kemampuan hasil portingnya tersebut.

bohong juga kalau porting gak boleh licin.

sumber2 yang menyebabkan sebuah flow berkurang ada 8.
1. wall friction 4 % (ini yang disebut bikin licin porting)
2. contraction at push-rod 2 %
3. bend at valve guide 11 %
4. expansion behind valve guide 4 %
5. expansion 25 derajat 12 %
6. expansion 30 derajat 19 %
7. bend to exit valve 17 %
8. expansion exiting valve 31 %

total 100 %

jika semua bisa diminimalisasi otomatis flow potensial sebuah mesin bagus.

ada nih bukunya lagi gue baca. Mau?
Ya ampuunn.. Ampe tau begini.. Om jenderal, mo nanya nih.. Pernah gak PnP? Gw mikir kalo si om ini tau seluk beluk. tetek bengek teori2 ttg mesin, pasti worth it kalo sekalian praktek.

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:12 pm
by General Lee
udah boss. porting polis. tuh saitama udah lihat bentuk portingnya. mulus, lus, lus, lus kayak cermin. murah meriah lagi bikin portingnya. gak sampe 500 rebu.
soal tes flowbench blm gue lakuin soalnya alat itu yang punya di Jogja doang yaitu bengkel MBG.
cara tradisionalnya pake selang air disemprot langsung ke porting. dari situ ketahuan arahnya saja. kalau cfmnya main perasaan. maklum gak ada ukurannya. he, he, he.

enak, bensin irit, power band luas. pokoknya ciamik. (catatan selama bikin portinya benar, loh)

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:27 pm
by General Lee
iphoer wrote:
Ya ampuunn.. Ampe tau begini.. Om jenderal, mo nanya nih.. Pernah gak PnP? Gw mikir kalo si om ini tau seluk beluk. tetek bengek teori2 ttg mesin, pasti worth it kalo sekalian praktek.

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:52 pm
by iphoer
mas..mas..mas.... bisa tolong dikecilin dulu gbrnya ? susyeh nih bukanya.. hehe.
tengkyu..

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:54 pm
by meneer
iphoer wrote:
Ya ampuunn.. Ampe tau begini.. Om jenderal, mo nanya nih.. Pernah gak PnP? Gw mikir kalo si om ini tau seluk beluk. tetek bengek teori2 ttg mesin, pasti worth it kalo sekalian praktek.
wheeeee...om iphoer bijimana sih...
si jendral ijo ini termasuk penggila memaksimalkan kemampuan mesin standet...si ijo-na ampe dah bosen diapa2in,ampe bisa irit skali gitchu :)

Re: injection atau carbu

Posted: Thu Aug 21, 2008 5:55 pm
by meneer
bujut dah...besar amet potona :shock: