Page 3 of 11

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Wed Oct 20, 2010 11:38 pm
by Pa'de Gung
Keknya kepala rotor musti di modif om, supaya medan magnet cukup untuk menghasilkan listrik.
Image

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Thu Oct 21, 2010 9:31 am
by pauluspaska
Ada pertanyaan mendasar yang secara teknis akan ditantang

Untuk aktuator di dalam delko ada bagian yang berputar untuk menyalurkan listrik ke tiap busi. Gap antara tip point lumayan besar. Kalau delko normal, gap tip point itu gak masalah sebab Voltase yang lewat besar sekali sehingga bisa loncat(mengalir), nah pertanyaannya, kalau dengan voltase 12 V dan arus kecil apakah ada aliran? Kalau bisa disiasati menggunakan bahan lain, apakah bisa bertahan berapa lama?

[Post made via Mobile Device] Image

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Thu Oct 21, 2010 3:56 pm
by Pa'de Gung
pauluspaska wrote:Ada pertanyaan mendasar yang secara teknis akan ditantang

Untuk aktuator di dalam delko ada bagian yang berputar untuk menyalurkan listrik ke tiap busi. Gap antara tip point lumayan besar. Kalau delko normal, gap tip point itu gak masalah sebab Voltase yang lewat besar sekali sehingga bisa loncat(mengalir), nah pertanyaannya, kalau dengan voltase 12 V dan arus kecil apakah ada aliran? Kalau bisa disiasati menggunakan bahan lain, apakah bisa bertahan berapa lama?

[Post made via Mobile Device] Image
Mengacu pada gambar om...
Karna coil dipindah di luar dan di masing2 busi, maka keluaran dari igniter yg harus dibagi kesemua coil sesuai timingnya.
Selanjutnya transistor swtching ( mungkin bisa juga pakai SCR yg biasa dipakai di CDI ) yg akan menghubungkan listrik low dari igniter ke coil yg timingnya ditentukan oleh 4 pulser yg ditempatkan di tutup delko.
Untuk pulser pakai punya spd motor karna bentuknya kecil agar mudah dipasang. pulser akan menghasilkan listrik sesaat setelah ada logam yg melewatinya.
Koreksinya om PP.....

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Thu Oct 21, 2010 5:41 pm
by batman
duh gak mudeng ah...:D

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Fri Oct 22, 2010 1:06 pm
by Kurniawan dicky
nareswari wrote::-o :-o kagak ngerti dah yang beginian... yang jelas kayaknya tuh ruang mesin jadi lebih sedikit isinya, he he he bener gak Kang?
Mari belajar bareng om... :) yap.. kelihatan beda ... hehe..
badooy wrote:LANUTAN!!! hihihi...
(lanjutkan tanpa JK) :p
choElo98 wrote:lanjutkan om....
mari kita lanjutkan...
batman wrote:duh gak mudeng ah...:D
lama2 juga mudeng om... :D

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Fri Oct 22, 2010 1:13 pm
by Kurniawan dicky
adi_vostro wrote:ijin memantau Om............ :geek: :geek:

nb : sharing dong Om, keuntungan sistem distributorless ini... :ymhug:
AFAIK.
Api dari coil tidak berkurang karena ada gap loncatan di distributor, tentu tidak ada contact point yang bakalan aus. karena 1 koil hanya melayani 1 cilinder, jadi ada banyak waktu untuk koil mencharge daya..dan kerja koil lebih ringan dibanding kalo 1 koil layanin 4 cylinder. hmmm lainnya apalagi ya...

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Fri Oct 22, 2010 9:58 pm
by Pa'de Gung
Mari dilanjutken om KD..... :ymhug:
numpang nuangin ide..... :D :D :D

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Sun Oct 24, 2010 6:08 pm
by indra trisna
mantab juga idenya,, tp ada konsekwensi FO pengapian tiap piston harus tepat,, salah dikit ja atau penyalaan busi geser beberapa derajat aja malah mungkin akan pincang atau terjadi detonasi. kalau di generator engine contohnya di waukesha or caterpilar, itu yg di sensing adalah putaran fly-wheel, jd di fly-wheel engine ada MPU (magnetic pic-up) yng mendeteksi RPM engine, jd setiap gerak translasi dr piston akan memutar 1/2 kali fly-wheel, jd posisi fly-whell bisa diketahui posisinya terhadap 0 derajat, dan bisa terdeteksi juga gerakan translasi piston itu gerakan apa? (apakah hisap.kompresi,expansi or buang). jd semakin tinggi putaran engine semakin tinggi frekwensi yg dihasilkan oleh MPU, kemudian variabel frekwensi yg dihasilkan MPU berdasarkan RPM engin ini digunakan u/ mengatur FO penyalaan busi, jd akan selalu tepat...
mungkin aplikasi ini bisa dimasukan sebagai input driver 4 ch sprti gbr diatas.

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Tue Oct 26, 2010 7:53 am
by Kurniawan dicky
indra trisna wrote:mantab juga idenya,, tp ada konsekwensi FO pengapian tiap piston harus tepat,, salah dikit ja atau penyalaan busi geser beberapa derajat aja malah mungkin akan pincang atau terjadi detonasi. kalau di generator engine contohnya di waukesha or caterpilar, itu yg di sensing adalah putaran fly-wheel, jd di fly-wheel engine ada MPU (magnetic pic-up) yng mendeteksi RPM engine, jd setiap gerak translasi dr piston akan memutar 1/2 kali fly-wheel, jd posisi fly-whell bisa diketahui posisinya terhadap 0 derajat, dan bisa terdeteksi juga gerakan translasi piston itu gerakan apa? (apakah hisap.kompresi,expansi or buang). jd semakin tinggi putaran engine semakin tinggi frekwensi yg dihasilkan oleh MPU, kemudian variabel frekwensi yg dihasilkan MPU berdasarkan RPM engin ini digunakan u/ mengatur FO penyalaan busi, jd akan selalu tepat...
mungkin aplikasi ini bisa dimasukan sebagai input driver 4 ch sprti gbr diatas.
Se-7 Om Indra, dengan penempatan 4 sensor terpisah2 akan cukup sulit setting FO (firing order) nya. Kalo gak tepat mungkin tiap cylinder punya derajat timing berbeda. Memang kalo mau presisi biasanya menggunakan crank sensor, hanya perlu modul (biasanya diambil bekas mobil lain (ford) dan tentunya musti pakai ECU...kalo udah begini rangkaian pasti jlimet om, saya belum kesampaian.... :)
contoh yg udah aplikasi di mobil jadul carbu
http://datsun1200.com/modules/mediawiki ... title=EDIS" onclick="window.open(this.href);return false;

Re: WTShare / discus Distributorless on GC

Posted: Thu Nov 04, 2010 7:58 am
by Kurniawan dicky
Marin malam...pelajari delco GC...Delco sy lepas, kasih tegangan dari aki motor, kabel menuju koil sy pasang LED dengan resistor.
02112010.jpg
As delco saya putar manual pakai tangan.....
Ternyata lampu LED berkedip saat reluctor mengarah ke igniter, lalu ketika kabel negatif ke led saya sambung ke body delco maka LED menyala....
Kesimpulan sy, igniter berfungsi menyambung dan memutus tegangan negatif yang diambil dari body delco ke koil sesuai instruksi reluctor....

Sy tambahkan gambar isi delco, igniter unit yg biasa orang bilang CDI.... reluctor itu yg seperti baling2 punya 4 bilah
Delco.jpg