Page 3 of 8

Re: Share CDI mati

Posted: Wed Jan 25, 2012 8:32 am
by gcabang
pernah jg ngalamin cdi mati, pas jalan tiba2 mesin mati begitu aj dan ga bisa start lagi :(( , sempat ditolongin om Meneer (thx ya), akhirnya diderek ke bengkel ganti cdi cm kena 100k aj. krn ragu kualitas cdi, akhirnya beli copotan lagi 275k. sampai skr aman. buat jaga2 dibagasi ada delco segelundung jg.

yang ngeri gimana seandaine matinya saat kita mo nyalip ya sereeemmm,

Re: Share CDI mati

Posted: Wed Jan 25, 2012 9:57 am
by choElo98
gcabang wrote:pernah jg ngalamin cdi mati, pas jalan tiba2 mesin mati begitu aj dan ga bisa start lagi :(( , sempat ditolongin om Meneer (thx ya), akhirnya diderek ke bengkel ganti cdi cm kena 100k aj. krn ragu kualitas cdi, akhirnya beli copotan lagi 275k. sampai skr aman. buat jaga2 dibagasi ada delco segelundung jg.

yang ngeri gimana seandaine matinya saat kita mo nyalip ya sereeemmm,
wah ada timbunan juga om,,sama nih delco dah sama kek ban serep :D

Re: Share CDI mati

Posted: Thu Jan 26, 2012 9:14 am
by azerocks
kalo kasus ini kenapa bisa terjadi ya?

Quote:
4. cek busi -> dudukan busi paling kanan (kalau kita menghadap ruang mesin) ternyata sudah oblak, diputar berapa kali pun gak mengencang dan ada sedikit oli di badan busi tsb. tiga busi lainnya secara fisik masih oke, mungkin ini yang menyebabkan konsumsi bbm saya beberapa hari terakhir jadi boros yah #maaf potensi OOT#
End of quote.

Re: Share CDI mati

Posted: Thu Jan 26, 2012 12:25 pm
by Pa'de Gung
Drat busi dol ya om...? berarti kopresi di silinder 4 kempos.
Harus turun 1/2 om, di buatin lagi drat businya.

Re: Share CDI mati

Posted: Thu Jan 26, 2012 3:02 pm
by azerocks
iya betul, drat busi dol.. turun 1/2 yah? hadeeeuh... :(

Re: Share CDI mati

Posted: Thu Jan 26, 2012 3:57 pm
by pauluspaska
cari head seken aja om

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Jan 30, 2012 6:04 pm
by azerocks
hmmm...cari head seken ya, om PP? #bukadompetdulu...abissssudahuangnyaaa...hiks# :(

Kemaren sih dengan susah payah busi dikasi seng supaya bisa duduk rapet (ini yang susahnya) di lubang busi, Alhasil rapet juga, #:-s distarter bbrp kali dan akhirnya horeee..hidup juga..!! :ymparty: Berhasil dibawa jalan meskipun ndut-ndutan, pengapian pincang kali ya? :-\ Meskipun demikian tetep syukur alhamdulillaaah.. mudah-mudahan bukan CDI, koil or delconya yang bermasalah. O:-) Tadi pagi dipaksain jalan dari sukabumi ke bandung dan dititipin ke Nonx buat diservis. Bener kata Pa'de Gung, harus turun 1/2 supaya bisa dibuatin lagi dratnya... Jadina weh, sekalian servis ini itu aja dulu...mudah-mudahan minggu depan LX-ku udah jagjag lagi... :) Thanks for the delco price info, om PP. :)

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Jan 30, 2012 11:24 pm
by Pa'de Gung
Biasanya sekalian bersihin ruang bakar & water jacket trus skur klep, mantaabb..

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 10:39 am
by ariphrp
Naah sekarang giliran saya lapor penyakit nih..

sekitar 4 bulan lalu GC pernah mati mendadak.. saya diemin sekitar satu jam.. mau nyala lagi tapi sebentar (gak sampe 100meter) dah mati lagi.. di diemin lagi.. mau jalan, mati lagi.. ditinggal makan dulu di warung.. hehehe.. terus start.. mau nyala dan lancar jaya..

setelah itu kejadian lagi 2 kali.. tapi nggak separah pertama, ditunggu seperempat jam mau nyala lagi dan lancar..

tanya-tanya bengkel katanya fuel pump dah lemah..

dah aja.. saya ganti fuel pump.. bagus.. lancar..
sebulan nggak saya pakai, (tapi dipakai istri) baik-baik saja.. pas saya pulang dan mau pake mobil, si GC ngadat lagi..
curiga coil bermasalah, (padahal belum lama ganti) sekedar bersih-bersih distributor.. nyala lagi dan baik-baik aja..

minggu lalu mati lagi.. kali ini pas mau dipakai, masih di rumah.. starter nggak mau nyala..
bulat tekad kudu ganti coil keknya.. tapi saya check pake avo meter masih dalam range yang disyaratkan (kecuali konektor A & B (yang kecil berdampingan miring) itu nggak terukur hambatan yang seharusnya 0,5 ohm menurut buku manual..

iseng ke toko onderdil (parahnya di mana-mana coil GC pada kosong stock di Pontianak) ada cuma satu dan yang dikual nggak ori dan abal-abal tak brmerek..
pikir, untuk cadangan aja lah.. tapi saya bawa coil saya + avo meter.. ternyata hasil ukur nggak jauh beda yang di toko sama yang saya punya..

Tokonya bilang CDInya dah kena tuuh.. masalahnya di Pontianak nggak ada yang jual hmm..

yah sudah, saya pasang lagi coil.. mobil lancar jaya sudah beberapa hari ini..

tapi apa iya kalau CDI udah kena masih bisa bolak-balik sehat dan mati lagi?

saya curiganya O ring seal di delco yang masuk ke blok mesin itu udah kudu ganti..
karena setiap bersihkan mesin, pasti aja ada lelehan olie di bawah distributor..
dan plat baja 2 lpis yang dipasang di coil juga basah olie..
apa karena olie bocor ke dalam delco bisa bikin mobil bolak-balik keseleg ya?
soalnya setiap habis bersihkan dalam delco, mobilnya sehat wal afiat.. :P

atau bisa bikin CDI mati juga ya kalau olie bocor masuk ke dalam delco?

bingung

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 11:23 am
by choElo98
ariphrp wrote:Naah sekarang giliran saya lapor penyakit nih..

sekitar 4 bulan lalu GC pernah mati mendadak.. saya diemin sekitar satu jam.. mau nyala lagi tapi sebentar (gak sampe 100meter) dah mati lagi.. di diemin lagi.. mau jalan, mati lagi.. ditinggal makan dulu di warung.. hehehe.. terus start.. mau nyala dan lancar jaya..

setelah itu kejadian lagi 2 kali.. tapi nggak separah pertama, ditunggu seperempat jam mau nyala lagi dan lancar..

tanya-tanya bengkel katanya fuel pump dah lemah..

dah aja.. saya ganti fuel pump.. bagus.. lancar..
sebulan nggak saya pakai, (tapi dipakai istri) baik-baik saja.. pas saya pulang dan mau pake mobil, si GC ngadat lagi..
curiga coil bermasalah, (padahal belum lama ganti) sekedar bersih-bersih distributor.. nyala lagi dan baik-baik aja..

minggu lalu mati lagi.. kali ini pas mau dipakai, masih di rumah.. starter nggak mau nyala..
bulat tekad kudu ganti coil keknya.. tapi saya check pake avo meter masih dalam range yang disyaratkan (kecuali konektor A & B (yang kecil berdampingan miring) itu nggak terukur hambatan yang seharusnya 0,5 ohm menurut buku manual..

iseng ke toko onderdil (parahnya di mana-mana coil GC pada kosong stock di Pontianak) ada cuma satu dan yang dikual nggak ori dan abal-abal tak brmerek..
pikir, untuk cadangan aja lah.. tapi saya bawa coil saya + avo meter.. ternyata hasil ukur nggak jauh beda yang di toko sama yang saya punya..

Tokonya bilang CDInya dah kena tuuh.. masalahnya di Pontianak nggak ada yang jual hmm..

yah sudah, saya pasang lagi coil.. mobil lancar jaya sudah beberapa hari ini..

tapi apa iya kalau CDI udah kena masih bisa bolak-balik sehat dan mati lagi?

saya curiganya O ring seal di delco yang masuk ke blok mesin itu udah kudu ganti..
karena setiap bersihkan mesin, pasti aja ada lelehan olie di bawah distributor..
dan plat baja 2 lpis yang dipasang di coil juga basah olie..
apa karena olie bocor ke dalam delco bisa bikin mobil bolak-balik keseleg ya?
soalnya setiap habis bersihkan dalam delco, mobilnya sehat wal afiat.. :P

atau bisa bikin CDI mati juga ya kalau olie bocor masuk ke dalam delco?

bingung
inmyopinion
Kalau berdasarkan postingan pa'de di halaman 1, bisa juga om arip, cdi mati terkena grease brati kalo kena oli bisa juga dong, apalagi kena air bisa short kali, secara cdi kan rangkaian elektronik yg terdiri dari IC, transisitor etc.
jadi mungkin alangkah baiknya isi dalaman delco harus dibersihkan/servis rutin(kebiasaan khan kalo servis cuma tuneup, ganti oli, karburator).