trouble matic.....

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
zastraw
GC Lover
GC Lover
Posts: 370
Joined: Sat May 24, 2008 1:20 pm
Location: Demak

Re: trouble matic.....

Post by zastraw » Wed May 01, 2013 6:16 am

Punya saya kalo masuk gigi 3 terasa kasar perpindahannya dan ada bunyi jeduk.Untuk perpindahan ke gigi yang lain relatif halus. Kalau mau pindah gigi juga harus lepas pedal gas. Tanda2 rusak kah? Sudah lakukan flush 5 bulan yang lalu. Tapi gejala ga hilang.
H7979DH Class 90's

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: trouble matic.....

Post by pauluspaska » Tue Jun 25, 2013 8:26 pm

Coba dikendurkan dulu tuas yang terhubung kabel ke karbu itu om. (Ini di bodi maticnya ya) Dilihat haislnya apa.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
zastraw
GC Lover
GC Lover
Posts: 370
Joined: Sat May 24, 2008 1:20 pm
Location: Demak

Re: trouble matic.....

Post by zastraw » Fri Jun 28, 2013 2:43 pm

sampai kendor bener atau dikurangi saja teganngannya om?
H7979DH Class 90's

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: trouble matic.....

Post by pauluspaska » Fri Jun 28, 2013 5:42 pm

Kendurkan saja om.

Seringkali yang terjadi adalah settingan karbu gak bagus sehingga pedal gas harus ditekan dalam2 shg kabel itu tertarik, ini menimbulkan tekanan ke matic.

Saya mengalami hal yang sama bbrp waktu lalu setelah turun mesin. Ternyata matic bermasalah akibat perpaduan settingan karbu dan timing mesin.

Setelah karbu dan timing dibereskan, matic mulus lagi.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
mads
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1435
Joined: Sat Sep 04, 2010 5:31 am
Location: jakarta

Re: trouble matic.....

Post by mads » Sat Jun 29, 2013 3:50 am

om PP mau nanya nih, kan saya liat di page 1 katanya sempet ada masalah pas diganti ke oil cooler eksternal ya??itu kira2 bisa di akali ga ya pake oil cooler eksternal yg lebih bagus?? soalnya saya ada rencana mau ganti radiator koyorad alumunium yang aftermarket, nah di radiator nya ga ada oil cooler nya om, jadi mesti pake oil cooler eksternal

sama satu lagi, dulu kabel kick down nya pernah saya ganti..kebeneran yang saya pake bukan punya grand (honda city apa klo salah) nahh sebelom diganti perpindahan metiknya lancar jaya, cm setelah ganti jadi aga ketahanan om jadi mesti ngedorin gas sedikit kadang2 biar mau pindah klo ga pindah nya jadi kelamaan..ada solusi ga om selain ngendorin kabel??soalnya saya udah nyoba ngendorin tapi kayanya ga nemu setelan yang enak kaya sebelom ganti kabel
"No one cares if the roads are terrible where you live. If you're not low, you're not low!"



....

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: trouble matic.....

Post by pauluspaska » Sun Jun 30, 2013 3:52 pm

Om Mad,

Oil cooler di radiator tetap diperlukan untuk memanaskan oli matic saat awal mobil dijalankan. Kalau oli matic dingin, perpindahan gak mulus. Tapi kalau oli kepanasan juga jelek.

Kalau soal kabel sudah dikendorkan tapi matic masih suka nahan, biasanya tindakan yang biasa saya ambil sbb:

- Kuras matic
Kalau gak mempan mulai memeriksa:

- pengapian dan karburator. Kalau mesin dalam kondisi yang optimum matic biasanya mulus jg.
Kondisi mesin saya periksa dari kondisi busi.
Busi saya bersihkan, kalaui gak mempan, ganti busi dengan yang baru, terus bersihkan delko dan kontak-kontak di dlm delco nya.

Sambil bersihkan karbu dan atur ulang.

Tambahan:

Setelah turun mesin beberapa bulan lalu, saya menemukan timing mesin yang gak sesuai membuat matic 'jedag-jedug'. Mesin cenderung lebih panas dan siap untuk lari. Setelah saya atur ulang timing dan karbu, eh lancar lagi tuh
Demikian om Mad
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
zastraw
GC Lover
GC Lover
Posts: 370
Joined: Sat May 24, 2008 1:20 pm
Location: Demak

Re: trouble matic.....

Post by zastraw » Mon Jul 15, 2013 9:59 am

pauluspaska wrote:Kendurkan saja om.

Seringkali yang terjadi adalah settingan karbu gak bagus sehingga pedal gas harus ditekan dalam2 shg kabel itu tertarik, ini menimbulkan tekanan ke matic.

Saya mengalami hal yang sama bbrp waktu lalu setelah turun mesin. Ternyata matic bermasalah akibat perpaduan settingan karbu dan timing mesin.

Setelah karbu dan timing dibereskan, matic mulus lagi.
Sudah dikendorkan. Lebih baik dari sebelumnya. Masuk 3 kadang masih kasar. Agenda selanjutnya service karbu, semoga aja bisa ilang.
H7979DH Class 90's

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: trouble matic.....

Post by pauluspaska » Mon Jul 15, 2013 11:57 am

zastraw wrote: Sudah dikendorkan. Lebih baik dari sebelumnya. Masuk 3 kadang masih kasar. Agenda selanjutnya service karbu, semoga aja bisa ilang.
Nah tuh om itu artinya ini hanya masalah tekanan ke maticnya.
Settingan karbu saja dibetulin, dibuat segar, setelah itu kembalikan lagi kabelnya. Biasanya bisa bener lagi.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
zastraw
GC Lover
GC Lover
Posts: 370
Joined: Sat May 24, 2008 1:20 pm
Location: Demak

Re: trouble matic.....

Post by zastraw » Thu Aug 22, 2013 7:48 pm

pauluspaska wrote:
Nah tuh om itu artinya ini hanya masalah tekanan ke maticnya.
Settingan karbu saja dibetulin, dibuat segar, setelah itu kembalikan lagi kabelnya. Biasanya bisa bener lagi.
Sudah setting carburator, lebih enak perpindahan giginya. Tapi kadang gigi 2 rpm 2000an dan terpaksa turunin rpm karena kondisi jalan otomatis pindah ke gigi 3 dan perpindahannya sedikit kasar. Diapain lagi ya om biar bisa smooth pindah giginya?
H7979DH Class 90's

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: trouble matic.....

Post by pauluspaska » Sun Aug 25, 2013 8:50 pm

Coba sekarang bersihkan pengapian.

1. Cek warna busi. Bersihkan sekalian atau ganti
2. Buka tutup delko, bersihkan kontak kontak listriknya semua. Periksa apakah koil retak. Amplas sedikit rotor delkonya.

Semoga membantu
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply