Page 3 of 4

Re: upgrade performa mesin

Posted: Mon Sep 03, 2012 12:13 pm
by b2199nb
adi_vostro wrote:
adeindra wrote:nah tapi elo sempet liat kaga bud die tuh bener ngitung berat piston cintohnya pake timbangan lalu disamain ama piston yang lain gitu yak
Kalo engine balance,,yang ngerjain tukang bubut Bang...mekanik nyerahin semua part2 yg mau di balance ke tukang bubut...dan nggk semua bengkel bubut bisa ngebalance mesin...
nah benul itu, gw gak ikut sih ke bengkel bubutnya, ntar gw tanyain deh ama mekanik gw

Re: upgrade performa mesin

Posted: Tue Sep 04, 2012 4:38 am
by mads
adeindra wrote:gue berasa banget mad terutaman gigi3
mending pakein resonator yang tipisan deh mad
ohh gitu..coba deh ntr dirasa2in tenaga yang sekarang, trus coba pasang resonator dan bandingin..info nya ngebantu banget nihh bang

Re: upgrade performa mesin

Posted: Wed Sep 05, 2012 11:02 pm
by akang
arozi wrote:wow, solo sekarang jadi referensi yah
kemaren kaka galih Nonx juga malah cerita tentang solo
adi_vostro wrote:Just share kemaren ongkos bubut2 + balance di saerah solo kena 1,8 jt..yg di bubut dan di balance itu pulley kruk as,flywheel,dekrup,kampas kopling,camshaft....
Itu diluar biaya buat part dan jasa bongkar pasang ya..
klo bemgkel saerah sih emang udah dr taun 80-an udah biasa ngerubah camshaft .......dan udah jadi rujukan yg suka modif mesin......engine balance mesti urusannya tukang bubut,,,karema mesti ada yg dibubut atau dikurangi bobotnya

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Sep 06, 2012 8:52 pm
by joehanz
Ikutan share yak maren pas turun mesin ganti piston, ring, metal2 dan semuanya dah ditwarin ma bengkelnya mau dibalance dijogja pa solo klo solo lebih bagus n mahal n agak lama soale antri kale ya..soale emang dr dl terkenal jaman ane sma msh suka utak atik motor ya saerah jagonya bubut2 heheh..klo dijogja lebih murah 1 jutaan gtu karena terbatas biaya n pengen cepet kelar jdnya balance dijogja aja..trus masalah resonator maren ganti pake scot pertama jaraknya terlalu deket sm kolektor header cm 5 cm tarikan awal agak berat akhire dirubah jarak dr kolektor header ke resonator 35 cm alhasil tarikan jauh lebih enteng..

Re: upgrade performa mesin

Posted: Wed Sep 26, 2012 11:55 pm
by hattory
bang ijin copas buat forum sebelah yak :D

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Sep 27, 2012 12:18 pm
by adeindra
hahahah gue juga copas dari situs lain kok

mongggoooo

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Sep 27, 2012 12:26 pm
by choElo98
opa, kurang ngerti bahasa tekniknya, apa begini maksudnya:
catalyc converter = tabung kapsul pipa pertama dari header yach?
exhaust pipe = tabung kapsul resonator kedua dari header (setelah tabung catalyc) ?
muffin eh muffler = tabung saringan knalpot belakang (bawah bagasi)
tip = ujung corong knalpot(tabung terakhir/bawah bumper)

barusan di perhatiin, exhaust pipe saya dah ngak da, dah di sambung langsung pake pipa :(

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Sep 27, 2012 3:26 pm
by PapaEmy
choElo98 wrote:opa, kurang ngerti bahasa tekniknya, apa begini maksudnya:
catalyc converter = tabung kapsul pipa pertama dari header yach?
exhaust pipe = tabung kapsul resonator kedua dari header (setelah tabung catalyc) ?
muffin eh muffler = tabung saringan knalpot belakang (bawah bagasi)
tip = ujung corong knalpot(tabung terakhir/bawah bumper)

barusan di perhatiin, exhaust pipe saya dah ngak da, dah di sambung langsung pake pipa :(
bantu jawab yaa:

catalityc converter = tabung kecil di deket mesin letaknya, letaknya harus dekat dgn mesin krn cara kerjanya dgn menggunakan panas disekitarnya, gunanya buat emisi, ngurangin nilai CO, std tiap negara beda2, hanya efektif kalo menggunakan bensin tanpa timbal (unleaded fuel only), utk civic 4th gen di indo belom pake asli bawaannya, kelebihan ramah lingkungan, asap knalpot tidak bau menyesakkan, kekurangannya tenaga mobil berkurang 5-10%, makanya biasanya kl buat ilegal street racing suka dicopot

exhaust pipe = pipa knalpot

resonator = lebih dikenal dgn saringan tengah, gunanya spt dijelaskan di atas

muffler = saringan belakang, gunanya spt udah dijelaskan di atas

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Sep 27, 2012 3:35 pm
by choElo98
standarnya Gc indo, ada berapa tabung semua om?
kalo di Gc saya : 1 tabung kapsul di bawah lantai, trus tabung di bawah bagasi belakang?
nah, antara tabung 1 ama tabung belakang(persis di bawah lantai kaki penumpang), ada bekas las lasan pipa, sepertinya ada bekas tabung kapsul juga. ??

Re: upgrade performa mesin

Posted: Thu Sep 27, 2012 3:41 pm
by PapaEmy
choElo98 wrote:standarnya Gc indo, ada berapa tabung semua om?
kalo di Gc saya : 1 tabung kapsul di bawah lantai, trus tabung di bawah bagasi belakang?
nah, antara tabung 1 ama tabung belakang(persis di bawah lantai kaki penumpang), ada bekas las lasan pipa, sepertinya ada bekas tabung kapsul juga. ??
ada 2 mas, resonator tengah dan mufler belakang, lebih ke depan ada sambungan yg fungsinya sbg flexible utk mredam getaran (kalo masih ori), kalo bekas las2an sambungan bisa aja bekas ganti saringan ato mufler krn kropos dulunya mas tapi tukangnya ga rapi kerjanya jadi bnyk bekas2 sambungan..