Page 3 of 5

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 6:09 pm
by Civic lover
Dulu dipasangin sm temen om,,soalnya saya jg gak ngerti mesin :p
Emang turbo timer gak bisa dipake disembarang mbl ya om? dl kan bnyk mbl2 yg gak pake turbo tp pake turbo timer :D buat gaya2an doang,,hehehe

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 6:12 pm
by maverick_1146
Civic lover wrote:Dulu dipasangin sm temen om,,soalnya saya jg gak ngerti mesin :p
Emang turbo timer gak bisa dipake disembarang mbl ya om? dl kan bnyk mbl2 yg gak pake turbo tp pake turbo timer :D buat gaya2an doang,,hehehe
pas dipasangin turbo timer di mobil om, pas dimatiin mesin juga ga langsung mati ya om..ada jeda dulu baru mati beberapa saat kemudian, walopun kunci udah di off kan.. :-? :-?

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 6:28 pm
by saiful
Weh wehhh...ijin menyimak om....
Kalo menurut sya sih se7 dg Om adeindra..pengendalian diri,..hehehehe...paket murMer..sebatang udud...
Ntar nyontek ya om Han...

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 6:57 pm
by Civic lover
Iyaa om gak lgsg mati mesinnya,,bisa disetting jg waktunya mau brp detik..klo dl saya biasanya 10 detik :D pdhl dl gak ngerti jg fungsinya itu turbo timer :))

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 7:05 pm
by Civic lover
Saya jg sgt setuju sm om adeindra dan om saiful klo pengendalian diri emang jauh lbh murah :D

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 9:47 pm
by Agus Junaedy
Ikutan share ya om. Kalo menurut saya, idle timer (turbo timer) memang lebih direkomendasikan untuk diaplikasikan lebih ke mesin yg memakai turbo (sesuai namanya) untuk membantu proses pelumasan pada komponen turbo itu sendiri. Karena apabila mesin dimatikan setelah dipacu pada rpm tinggi, impeller pada turbo tidak serta merta ikut berhenti, tetapi masih berputar. Nah, seharusnya, berputarnya impeller tsb dibarengi dgn pelumasan, tetapi karena mesin mati, maka oil pump pun ikut ga bekerja. Oleh karena itu, diberi jeda agar putaran impeller dapat melambat. :-)
Om-om yg lain bantuin share dong...

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 10:11 pm
by adeindra
Civic lover wrote:Iyaa om gak lgsg mati mesinnya,,bisa disetting jg waktunya mau brp detik..klo dl saya biasanya 10 detik :D pdhl dl gak ngerti jg fungsinya itu turbo timer :))
hayo ngaku lagi itu dipasanginnya di mobil apa?jangan2 mobil lain yang injeksi lagi xixixi

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 10:27 pm
by saitama
Ooohhhh...... Om maverick udah tua toh..... Brarti udah punya cucu n rambut putih.....

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Fri Jan 18, 2013 10:57 pm
by Civic lover
Agus Junaedy wrote:Ikutan share ya om. Kalo menurut saya, idle timer (turbo timer) memang lebih direkomendasikan untuk diaplikasikan lebih ke mesin yg memakai turbo (sesuai namanya) untuk membantu proses pelumasan pada komponen turbo itu sendiri. Karena apabila mesin dimatikan setelah dipacu pada rpm tinggi, impeller pada turbo tidak serta merta ikut berhenti, tetapi masih berputar. Nah, seharusnya, berputarnya impeller tsb dibarengi dgn pelumasan, tetapi karena mesin mati, maka oil pump pun ikut ga bekerja. Oleh karena itu, diberi jeda agar putaran impeller dapat melambat. :-)
Om-om yg lain bantuin share dong...

ooh gtu ya om fungsinya...baru tau ini :D wah hrs bnyk2 belajar dr om2 dsini niy :) :)

adeindra wrote:
Civic lover wrote:Iyaa om gak lgsg mati mesinnya,,bisa disetting jg waktunya mau brp detik..klo dl saya biasanya 10 detik :D pdhl dl gak ngerti jg fungsinya itu turbo timer :))
hayo ngaku lagi itu dipasanginnya di mobil apa?jangan2 mobil lain yang injeksi lagi xixixi

ampuunn om,,dulu GCnya standar kok om :D :D

Re: ASK: Bisa ga ya GC di pasangin turbo timer...

Posted: Sat Jan 19, 2013 4:01 am
by saiful
Secara teknis sih bisa bisa saja om di pasang turbo timer,karena gc kita gak pake turbo,..bisa di aplikasikan memakai timer off delay untuk ngasih jeda waktu mesin gak lagsung mati setelah kunci kontak off,waktu bisa di setting sesuai kemauan,
Untuk pemasangannya gimana sya jg blm pernah nyoba, tp pada prinsipnya fungsi kelistrikan dari kunci kontak di alihkan ke timer off delay dg menyambung ke kontak A1 dan A2, lalu yg untuk ON / OFF mesin kabel dihubungkan di contact NO (Normally Open) jangan yg contact NC (Normally Close) Karena pada saat kunci kontak On maka contact NC akan jadi open dan NO akan jadi close,demikian sebaliknya.
Fungsi dari contact NO ini dia akan tetep close setelah kunci kontak dimatiin dan sang driver udah ngacir,setelah setting off delaynya terpenuhi maka contact NO akan open dan mesin mati,
Timer off delay bisa di dapat di toko alat2 listrik,murah kok tp pastiin yang ampere nya besar ya om,supaya gak mudah meleleh contact2 di dalamnya.
Maaf kalo ada yg salah,sekedar share tentang fungsi Timer Off Delay..siapa tahu.ada om om yg mau nyoba..hehehehee