Page 3 of 4

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Fri Apr 12, 2013 1:38 pm
by rezayolando
Ajib pengalaman lg.. biar kaga pusing nantinya pasang anu.. mksh om PP d.i.y yg bermanpaat nih..

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Mon Apr 22, 2013 12:50 pm
by 3lm3l3r
pauluspaska wrote:
Om Meler,

Secara praktis lapangan, seharusnya montir jalanan pun paham soal timing, hanya saja spek mobil tiap model dan pembuat bisa berbeda-beda.
Montir hanya fokus pada mesin yang bisa nyala. Timing sesuai spek sering kali diabaikan. Saat mesin bisa nyala, montir akan atur-atur karbu untuk bisa kompensasi kehalusan getaran. padahal ada alat timing light yang bisa dipakai.

Masalahnya montir berbudget kecil gak mau kerja dua kali atau tiga kali kalau timing gak pas. soalnya kudu bongkar timing lagi dan atur ulang penempatannya soalnya itu berarti kerja besar lagi.

Pengapian yang gak pas dikhawatirkan terjadi knocking. Saat piston bergerak ke atas, busi sudah nyala sehingga piston malah disuruh turun. bisa bikin bolong piston

Pengaturan delko itu hanya bersifat 'fine tune' aja. Timing yang pas dan ideal itu membuat posisi delko pas di tengah, selanjutnya kalau kita mau majuin atau munduring delko untuk atur power band bisa dilakuin,
wadu serem juga tuh efek timing ga pas...bisa bolongin piston....siippp om klu gtu pinky mo aq bawa ke jember ada yg mayan paham mesin honda....smoga baik2 saja...makasi om paska :-* :-* :-*

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Mon Sep 02, 2013 1:13 pm
by Kurniawan dicky
Mantap info nya Om PP.
Saya lagi cari referensi tentang kurva pengapian distributor standard GC. Browsing2 belum nemu.
Dari manual GC saya dapet, kondisi vacuum advancer slang nya dilepas didapat 2deg BTDC. Saat slang vacuum advancer dipasang didapat 18deg BTDC (kondisi mesin idle)
Kesimpulan saya itu vacuum bertugas memundurkan timing pengapian (retard) maks 16deg sesuai kevacuuman di intake. Lalu saat RPM naik, itu delko mechanical advancer nya bisa advance timing pengapian sampai berapa?

mohon pencerahan om2 semua.
Trimakasih

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Mon Sep 02, 2013 2:01 pm
by adeindra
ijin nyimak

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Mon Sep 02, 2013 3:33 pm
by pauluspaska
Nah, saya mengambil jalur yang disarankan om Zul untuk mengubah dudukan pelat advancer di dalam delko, akhirnya saya dapat 18 derajat. Pas manual.

Buat om KD, saya kira om bisa coba geser-geser plat itu dan lihat hasil timing jadi berapa.

Memangnya mau pakai bensol ya om, sampai timing mau dimajuin ekstrim?

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Mon Sep 02, 2013 5:39 pm
by indra trisna
ijibn menyimak,,,

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Mon Sep 02, 2013 6:12 pm
by Kurniawan dicky
pauluspaska wrote:Nah, saya mengambil jalur yang disarankan om Zul untuk mengubah dudukan pelat advancer di dalam delko, akhirnya saya dapat 18 derajat. Pas manual.

Buat om KD, saya kira om bisa coba geser-geser plat itu dan lihat hasil timing jadi berapa.

Memangnya mau pakai bensol ya om, sampai timing mau dimajuin ekstrim?
Hehe..bukan om.
Saya pengen tau itu delko kemapuan mengubah timing dari berapa sampai berapa, vacuum advance sama mekanikal advance nya.
Pengen tau ignition timing curve nya untuk bisa mengkonversi ke controller yang bisa diprogram om...
Kan mekanikal advancenya berubah dinamis mengikuti RPM, nah itu sampai berapa derajat?

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Mon Sep 02, 2013 8:28 pm
by rezayolando
master pada kumpul senangnya.. ijin nyimak dulu masih mumet baca dr awal sampe akhir msh bingung..

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Tue Sep 03, 2013 7:27 am
by adeindra
bisa ada yang berkenan fotoin pas ubah letaknya pelat advancer itu engga yaaa

Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)

Posted: Tue Sep 03, 2013 8:57 am
by pauluspaska
Di salah satu video Eric The car guy dalam bahasan mengganti delko mobil hondanya, di dalam delko mobilnya ada semacam sensor untuk pengapian yang sepertinya cocok buat om KD dari pada pasang sensor di pulley.

Delko yang dipasang Eric juga bukan OEM untuk mobilnya tapi tetap bisa dipakai. Dia hanya memasang satu buat bautnya saja. Yang penting baginya bisa menghasilkan api.