Page 3 of 6

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 8:36 am
by ariphrp
AE21 7DM wrote: kalo ini GD3-q sudah aplikasi lho om ;)
agak lupa sih dengan aplikasinya.yang pasti saluran AC dari kabin sebelah kiri di lubangin sedikit dan dipasang selang kecil [diameter 2cm mungkin yha] kemudian disalurkan ke saluran dekat apa tuh namanya yang ada saluran ke filter udara :D

itu yang bilang seperti itu sapa yha?sepertinya aq familiar dengan kalimat itu :geek:
Di forum diskusi modif mesin juga ada yang ngomong gitu.. tau ya orang dari negara mana.. idenya sih masuk akal

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 1:19 pm
by abah
om2, mu nanya, apakah molekul CO dari dry ice itu ga akan bersenyawa dengan hawa dari bensin?? itu apa ga akan ngaruh negatip gitu?? hidrokarbon kan mudahuntuk bereaksi, apalagi ma CO. ntar mata rantainya makin panjang..

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 2:29 pm
by onta
klo ga salah, pembakaran hydrocarbon hanya dengan O2:
Image

Dry ice tuw CO2 kan? Adanya CO2 cm mengurangi jatah O2 yg hadir di volume udara yg dihisap.
Klo CO = hasil pembakaran kurang sempurna akibat jumlah molekul O2 kurang.
Sebelumnya atom Hidrogen sudah melahap jatah oksigen, tinggal Atom carbon cari sisa2 Oksigen.
Harusnya bisa mengikat 2 molekul Oksigen supaya jadi CO2, eh ndilalah nemunya cuma satu jadilah CO.

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 2:33 pm
by iphoer
sedaaapp... saya puyeng pake rumus sgala.. hihi..
tapi bisa ditunggu hasil percobaan om PP tuh..

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 2:55 pm
by pauluspaska
Wiken ini mau DIY

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 6:59 pm
by badooy
iphoer wrote:sedaaapp... saya puyeng pake rumus sgala.. hihi..
tapi bisa ditunggu hasil percobaan om PP tuh..
duet mawuuttt.. batman & robiinn.. ampyuuun... hihihihi...

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 7:46 pm
by priapadangpasir
onta wrote:klo ga salah, pembakaran hydrocarbon hanya dengan O2:
Image

Dry ice tuw CO2 kan? Adanya CO2 cm mengurangi jatah O2 yg hadir di volume udara yg dihisap.
Klo CO = hasil pembakaran kurang sempurna akibat jumlah molekul O2 kurang.
Sebelumnya atom Hidrogen sudah melahap jatah oksigen, tinggal Atom carbon cari sisa2 Oksigen.
Harusnya bisa mengikat 2 molekul Oksigen supaya jadi CO2, eh ndilalah nemunya cuma satu jadilah CO.
Iya..itu reaksinya bener...koefisien pereaksi dan hasil reaksi juga memenuhi kesetimbangan stoikhiometri...
Yang dibilang om anto soal pembentukan karbon mono oksida (CO) juga benar..sebab yg pertama kali bereaksi dengan gas oksigen (O2) adalah atom hidrogen yang lebih tidak stabil dibandingkan dengan atom karbon (C).Nah..kalo dikaitkan dengan dengan reaksi awal pembakaran bahan bakar CxHy + (x+y/2)O2 ---> x CO2 + y/2 H2O , pemakaian sistem water injection atau dry ice (solid carbon dioxide), malah justru akan mengurangi persentase oksigen yang bereaksi dengan bahan bakar donk?sebab reaktivitas atom H dan C lebih tinggi dibanding dengan bahan bakar.alias singkat kata bukannya tambah sempurna,tapi malah berkurang efisiensi pembakarannya...
Tapi ada hal yang belum diperhitungkan...bahwa namanya gas CO2 ataupun uap air (H2O)...dua unsur ini bisa terurai dan melepaskan O2 yang dibutuhkan untuk pembakaran bahan bakar dan meningkatkan persentase O2 dalam udara yg masuk ke ruang bakar..Jika ada GC ers yg prnh mempelajari Kimia Fisik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan namanya Diagram Fasa..Pada TEKANAN dan TEMPERATUR tertentu, CO2 dan H2O dapat terurai dan masing2 akan melepaskan O2. Dalam hal ini, tampaknya Tekanan dan Temperatur di ruang bakar pada saat langkah kompresilah yang menyebabkan terurainya kedua gas ini.Nah,bagaimana dengan atom C dan H yang bebas?kedua atom ini akan terbuang keluar dan di udara bebas dia akan mengikat O2 lagi membentuk CO2 dan H2O...So, sebenarnya semuanya siklus alamiah...begitu2 aja dan berulang-ulang.. Water injection dan dry ice system...smuanya hasil pemikiran sederhana yang memang terbukti bisa memberikan nilai ekonomis.Hanya sedikit merekayasa komposisi gas dalam udara yg masuk dengan cara menempatkan gas CO2 atau H2O lebih dekat dengan sumber masuk udara ke mesin,hasil yg didapat bisa berbeda..
Tapii....tampaknya malah bisa jadi berbahaya kalau kompresi mesin sudah tidak cukup tinggi lagi untuk memungkinkan terjadinya reaksi pelepasan oksigen pada CO2 dan H2O...so it could be recommended,ONLY if your engine can provide the condition as mentioned above... Good luck 8-)

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 10:29 pm
by ariphrp
Bravo... tengkyu Oom.. penjelasan reaksi kimianya bikin melek nih...

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 11:18 pm
by meneer
beh..tumben si hangga nyaut ginian :lol:

copas darimana mas? :mrgreen:

Re: Dry Ice.. pernah ada yang coba?

Posted: Fri Feb 06, 2009 11:20 pm
by meneer
AE21 7DM wrote: kalo ini GD3-q sudah aplikasi lho om ;)
agak lupa sih dengan aplikasinya.yang pasti saluran AC dari kabin sebelah kiri di lubangin sedikit dan dipasang selang kecil [diameter 2cm mungkin yha] kemudian disalurkan ke saluran dekat apa tuh namanya yang ada saluran ke filter udara :D

itu yang bilang seperti itu sapa yha?sepertinya aq familiar dengan kalimat itu :geek:
hmm...sepertinya pernah kenal deh dengan gaya2 bolongin selang AC kabin trus dibelokin ke TB...ya...ya....
suroboyo style iki rek :lol:

pernah coba juga sih di dualcarb..tapi ko ga signifikan gitu rasanya jadi ya dicopot sadjaaaaaaaaa :D :D :D