Page 4 of 5

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Dec 08, 2009 9:04 am
by Ctrl_Alt_Del
air muncrat krn radiator mampet, air gak bs ngalir sempurna krn jalur kisi2 radiatornya tersumbat n jadinya keluar lwt tutup radiator.
thermostat itu buat mindah aliran antara blok n radiator.
klo msin dingin termostat masih nutup, air muter2 di blok aja,
klo mesin udah panas thermostat mulai membuka, air muter dari blok ke radiator,

klo termostat dicabut brarti air sebagian muter ke radiator dan sebagian muter2 di blok aja,
nah klo saluran yg ke radiator lancar sih gpp, tp klo yg ke radiaotr agak tersumbat maka air akan lebih banyak muter2 di blok dan lebih sedikit yg muter ke radiator, brarti sedikit air yg didinginkan. sedikit yg didinginkan brarti jarum naek lg.. :P

cmiiw

.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Dec 08, 2009 4:34 pm
by chrisna97
Sekalian tanya kalau kuras radiator memangnya harus berapa lama sekali?

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Fri Dec 11, 2009 8:26 am
by pauluspaska
Om Chrisna,
Kuras radiator bisa 1 tahun sekali atau 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Tergantung kondisi dari air radiator

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Fri Dec 11, 2009 8:43 am
by arozi
pauluspaska wrote:Om Chrisna,
Kuras radiator bisa 1 tahun sekali atau 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Tergantung kondisi dari air radiator
trus kalo waterpump nya om PP, kayaknya kasus estillo kawan ku dan mobilku (sebelum turun setengah) malah aneh,
dia pas RPM agak tinggi (3500) dan 110 kpj - over heat...
tapi kalo pake nyantai RPM under 3000 dan under 80 kpj dipake berjam-jam malah panas nya normal (bawah setengah).
radiator dah dikorek-korek... masih tetap seperti itu
cara cek waterpump normal gak nya gimana ya ? kalo kata tukang bengkel sih normal-normal aja

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Fri Dec 11, 2009 1:49 pm
by shopin
share juga ni om,tempo hari juga ngalami kejadian serupa,waktu gas sering diinjek injek alias ngebut,jarum temperatur naek turun,malah baru beberapa ratus meter uda merah lagi,didiemin,trus tancep lagi,merah lagi..
Tenyata emang sirkulasi air radiatornya gak lancar karena waktu bongkar radiator,keraknya lengket bin kelet gak karu2an..
Dan satu lagi..
Tutup radiatornya g krja buka tutup maksimal karena pernya uda molor..
Bisa di cek juga dari tandon air radiatornya,airnya berkurang,tetep ato malah nambah..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Dec 15, 2009 9:35 am
by purwana
sekalian numpang nanya ya...

radiator GC ku di kasi Coolant (pres**ne), setelah dipakai 2 hari malah temperatunya naik, setelah dicek coolantnya ilang (abis). loh kok...??? :-? :-? saya pikir radiator bocor dicek ternyata nggak, akhirnya saya ganti air AC malah baik2 saja..
pertanyaanya adalah.....kenapa GC saya ngk bisa di pakein Coolant????

ada solusi???

makasih

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Dec 15, 2009 12:57 pm
by ariphrp
keknya bukan gak bisa pake coolant deh Oom..
masalhnya bisa jadi karena saat kuras habis air radiator lalu diisi coolant nggak dibuang dulu udara terjebak di dalam saluran pendingin..
bisa berabe tuh oom., selain over heating bisa bikin selang karet pecah..

caranya:

Habis isi ulang coolant, coba buka nipple/pentil di ujung selang atas radiator yang di dekat mesin.. nyalakan mesin lalu digas pelan sampai dari nipple itu keluar cuma coolant aja nggak ada udaranya.. kencangkan, lalu tambah coolantnya.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Dec 15, 2009 1:07 pm
by nareswari
boleh gak sekalian tanya mumpung judulnya sama.. he he he...
pernah suatu kali abis muter2 bandung begitu matiin mesin terdengar suara air mendidih dari radiator, tapi jarum temperatur rasanya terlihat normal (sedikit dibawah setengah) normal kah? trus kenapa ya bisa terjadi mendidih begitu?

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Dec 15, 2009 3:03 pm
by Ctrl_Alt_Del
itu air/steam yg kluar dari tutup radiator ke tangki barangkali?
selanjutnya iar brkurang ga?




.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Wed Dec 16, 2009 12:50 am
by arozi
nareswari wrote:boleh gak sekalian tanya mumpung judulnya sama.. he he he...
pernah suatu kali abis muter2 bandung begitu matiin mesin terdengar suara air mendidih dari radiator, tapi jarum temperatur rasanya terlihat normal (sedikit dibawah setengah) normal kah? trus kenapa ya bisa terjadi mendidih begitu?
eits... ati-ati itu gejala yang hampir saya alami kemarin beberapa minggu sebelum jebol mesin. L-)
cepetan kuras radiator (bisa jadi banyak kerak, sumbatan atau sistem sirkulasi air yang macet entah selang, water pump, dll) jangan dibiarkan ..... dulu saya dah dinasihatin banyak tetua GC tapi nggak nurut. =;

Parahnya kalo dibiarin lama dan sering, air di radiator tetap kurang, air sebagian melintas ke blok mesin dan sebagian masuk ke cadangan. Biarkan sebentar hari pasti mesin dah melenting..... (wajib turun setengah). Padahal setiap pagi kita pasti jarang buka si tutup radiator dan cek air radiator tapi hanya melihat tinggi air di cadangan radiator... ya gak ? :-$

dan ini ada tips dari om PP (paulus paska) menjawab tentang cek sirkulasi :

Re: cek waterpump
Sent at: Tue Dec 15, 2009 11:09 am
From: pauluspaska
To: arozi

Coba diperiksa saat mesin hidup Kang,
Tapi sebelumnya buka tutup radiator dulu, nyalakan mesin selama 30 menit dan lebih, sambil menunggu kipas radiator menyala, bisa bebersih mesin pakai solar.

Biasanya setelah 30 menit thermostat sudah bekerja.
Untuk memeriksa kekuatan pompa air, periksa waktu idle apakah sewatku thermostat membuka, aliran air di radiator terjadi.
Dan memeriksa kekuatan pompa waktu mesin berputar tinggi, gas mesin diatas 2000 rpm apakah air mengalir deras juga di radiator.

BRAVO OM PP !