Page 4 of 8

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Fri Jun 27, 2008 8:23 pm
by saitama
meneer wrote:wuih...buset dah...nice tips n trik niy...masukin DIY ajah niy om...tinggal tambahin poto2na...

ealah,pake kabel audio bisa toh?telanjur beli kabel ori gw :|
kalo udah terlanjur beli kabel ori berarti kabel ori yang lama bisa di daya gunakan tuh untuk proses DIY kabel busi racing made in GC.com hehehehe

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 12:55 am
by dhemilencok
wah gila si om.. canggiihhh betulll.... salut!
masukin k DIY dong om, sekalian poto2in....

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 12:58 am
by badooy
saitama wrote:
broo tutup distributornya std yaa ataw yang bening soalnya beberapa waktu lalu yang udah lama banget ( sekitar 2 tahunan) ada yang jual tutup distributor transaparan ada yang warna biru, bening, kuning dll tapi kalo ga salah itu buat genio kalo yang buat GC ada ga yaaa

oya kalo pengen kabel busi dengan resistansi kecil ada sedikit trik alternatif juga nieh gini ceritanya:

coba bandingkan pake avometer kabel busi merek msd, red line, dll ( aftermarket ) dengan kabel busi original ternyata eh ternyata kabel busi aftermarket yang memiliki resistansi terkecil adalah MSD dengan besar resistan3 kilo Ohm kalo yang std lupa ga sempat ngukur udah terlanjur ilang

sekarang coba bandingkan lagi dengan kabel audio yang warna merah yang besar nya 8 AWG ternyata kalo pake kabel audio tingkat resistan nya hampir 0 kilo ohm

dengan catatan panjang kabel yang di ukur harus sama contoh kabel busi std panjang nya 1 meter maka kabel aftermarketnya n kabel audio juga panjangnya harus 1 meter gituu

cara bikin nya kabel busi dari kabel audio 8 AWG :

siapin kabel audio warna merah ukuran 8 awg ( kabel positipnya yang biasa di pake power amplifier ) sepanjang +/- 5 mter ( harga permeternya +/- 10rb ), siapin kabel ties ( kabel krek biasanya buat ngerapihin kabel2 bodi ada yang warna putih n item ) 10 biji yang paling kecil, trus siapin selang air dengan ukuran sama seperti kabelnya trus siapin juga cop busi n skun buat busi n distributor ( biasanya ngambil dari cop busi std yang di potong di ambil cop busi n skun kuningannya )

- setelah semua siap masukin kabel audio kedalam selang terus potong sesuai kebutuhan, jangan terlalu pendek n jangan terlalu panjang
- kupas kabel audio sehingga keliatan tembaga nya jangan ter lalu banyak ngupasnya ntar bisa bocor listriknya cukup 0,5 cm
- setelah itu masukan kabel ke dalam cop busi sampe keluar di ujung cop busi trus di kunci pake skun busi , lakukan sama untuk posisi di distributor

udah gitu deeehh di jamin bisa lebih enak n lebih enteng tarikan GC di banding beli kabel busi aftermarket yang MAHAAALLL..... hehehehe
setuju tuh msd paling rendah.. cmn denger2 durabilitynya kurang..
rada2 cepet rusak gitu...

btw, setuju jg tricknya.. tmn gw yg bengkel jg dah ngelakuin..
Nonx motorsport di bandung... pertamanya gara2 mobil fiatnya gakda kabel koil, trus pake kabel antena tivi!!!
ternyata apinya jadi bagusss... trus dia eksperimen pake kabel audio / untuk power amplifier.. koil kijang aja apinya bisa jd biru katanya..

thus, kmrn2 gw kasih kabel busi ex ZC gw yg gak kepake..
ktnya dy mau bikin tu pake kabel power.. tp blom kesana lg sih...

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 1:01 am
by saitama
dhemilencok wrote:wah gila si om.. canggiihhh betulll.... salut!
masukin k DIY dong om, sekalian poto2in....
sabar broo q belom sempet potoin cuma di apalin aja di kepala kalo di poto malah bingung aku nya buat ngejelasin emnding langsung praktek lebih siip hehehehehe

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 1:05 am
by saitama
baduy001 wrote: setuju tuh msd paling rendah.. cmn denger2 durabilitynya kurang..
rada2 cepet rusak gitu...

btw, setuju jg tricknya.. tmn gw yg bengkel jg dah ngelakuin..
Nonx motorsport di bandung... pertamanya gara2 mobil fiatnya gakda kabel koil, trus pake kabel antena tivi!!!
ternyata apinya jadi bagusss... trus dia eksperimen pake kabel audio / untuk power amplifier.. koil kijang aja apinya bisa jd biru katanya..

thus, kmrn2 gw kasih kabel busi ex ZC gw yg gak kepake..
ktnya dy mau bikin tu pake kabel power.. tp blom kesana lg sih...
yuup untuk durability emang kurang coz karetnya terlalu lembek jadi gampang panas n nyebabin listrik bisa bocor

tuh kan udah ada buktinya yang pake trick ini bermanfaat banget n murmerh lhoo kalo koil kijang bisa jadi biru gimana kalo pake koil prestige pula

just info :
warna listrik paling bagus adalah warna biru putih campur ada merahnya di samping2nya koil PS91 sudah hampir mendekati warna itu tapi hati2 kalo pake koil dengan api seperti itu bisa ngerusak CDI n busi

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 1:09 am
by saitama
o iya ada 1 trick lagi buat ningkatin listrik di pembakaran
pake busi dengan resistansi kecil ( autolite = 10 kiloOhm, denso ( std zebra ) = 3 kiloOhm )

hehehehehehe silahkan mencoba dan rasakan hasilnya

btw tukeran ilmu ttg gearbox dong lagi buntu nieh mikirin gear box nyari traksi paling gede tanpa harus ganti gearbox tapi masih belon nemu caranya

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 5:32 am
by meneer
saitama wrote:o iya ada 1 trick lagi buat ningkatin listrik di pembakaran
pake busi dengan resistansi kecil ( autolite = 10 kiloOhm, denso ( std zebra ) = 3 kiloOhm )

hehehehehehe silahkan mencoba dan rasakan hasilnya

btw tukeran ilmu ttg gearbox dong lagi buntu nieh mikirin gear box nyari traksi paling gede tanpa harus ganti gearbox tapi masih belon nemu caranya
ganti Final Gear ajah om...seperti yang udah dilakuin om2 senior ntuh :)

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 11:35 am
by saitama
ga ada trick laen kah tanpa harus ganti part gitu kayak di ganjal atw di di tambah apa gituu coz kalo ganti final gear kan susah n agak kerasa hargana ga jadi tips n trick murmer dong ( hehehehehe ) tapi emang siih semua bengkel yang q tanyain jawabnya ya gitu ganti final gear di gedein lagi tapi ntar takutnya top speednya jadi turun kalo final gear terlalu gede kan jadi lebih cepet naiknya tapi apa top speed juga jadi ikut naek trus kampas kopling matahari roda gila nya gimana kan dari gear box turun ke roda lewat kampas kopling, matahari, sama roda gila apa ada trick khusus???

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 11:43 am
by meneer
saitama wrote:ga ada trick laen kah tanpa harus ganti part gitu kayak di ganjal atw di di tambah apa gituu coz kalo ganti final gear kan susah n agak kerasa hargana ga jadi tips n trick murmer dong ( hehehehehe ) tapi emang siih semua bengkel yang q tanyain jawabnya ya gitu ganti final gear di gedein lagi tapi ntar takutnya top speednya jadi turun kalo final gear terlalu gede kan jadi lebih cepet naiknya tapi apa top speed juga jadi ikut naek trus kampas kopling matahari roda gila nya gimana kan dari gear box turun ke roda lewat kampas kopling, matahari, sama roda gila apa ada trick khusus???
wheeeeeeeeeeeeeee...emang motor ya maen ganjal jadi enak? :lol:

AFAIK, akselerasi dan kecepatan maksimal adalah 2 hal yang bertolak belakang...
kalo pengen dapet akselerasi ya kecepatan berkurang,kalo pengen bisa dapetin top speed ya akselerasi dikorbankan...
tapi menurut gw,untuk pemakaian dalam kota yang nota bene sering stop&go gw prefer akselerasi yang ditingkatkan (ganti FG yang nilainya lebih besar dari std) ini yang lo cari kan?torsi naek,biar mesin ga ngegerung ga karuan...CMIIW lagi deh..


waduh sok pinter gw,padahal mesin gw std... :mrgreen:
ni om2 senior yang lebih berpengalaman soal enjin pada kamarana yah?om iwan...om 001

Re: koil & modul aftermarket

Posted: Sat Jun 28, 2008 11:55 am
by saitama
yayayaayaya kayaknya menarik tuh btw final gear stdnya GC tuh berapa yaa trus yang sesuai untuk GC q yang udah kayak gitu pake barapa yaa trus tuh di jual terpisah ataw harus beli gear set trus harganya berapa yaa trus ada temen2 yang punya final gear ga yaa ( yang udah spek n ga kepake hehehehe ) aku maaauuuuu.......