Page 4 of 6

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Mon Aug 30, 2010 11:24 am
by ariphrp
rocker arm nggak ganti oom.. as Rocker arm yang diganti.. seinget saya sekitar 300rb harganya di Pontianak

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Mon Oct 18, 2010 3:07 pm
by cutemaster
Smoga membantu

Metal terdiri dari dua macam, metal duduk dan metal jalan
kalo metal jalan yang kena dari RPM rendah sampai tinggi terus bunyi...(ngak pernah berhenti selama mesin hidup)
tetapi kalo metal duduk yang kena biasanya saat akselerasi saja atau saat gas diinjak pertama kali setelah itu suaranya hilang...hampir seperti suara mesin ngelitik...

Pada Kruk As Terdapat Dua jenis Journal Bearing Yaitu
1. Main Bearing (Metal Duduk) : yaitu journal bearing yang terletak pada Block mesin sehingga merupakan tumpuan utama bagi krukas saat berputar....
ganti metal duduk harus disesuaikan juga dengan diameter kruk as...
penomorannya sama seperti piston...(0.25, 0.50, 0.75, 0.100) penggantiannya harus dilakukan di tukang bubut...
14050_74_1.jpg
Disebut metal Duduk karena Metal ini tidak kemana2 hanya duduk diam di block mesin....


2. Round Bearing (Metal Jalan) : yaitu journal bearing yang terletak pada Batang torak atau Connecting rod....Merupakan bearing bagi batang piston untuk bergerak keatas dan kebawah..
Disebut metal jalan karena metal ini saat bekerja menjadi bearing, metal ini bergerak keatas dan kebawah.

Catatan tambahan :
Jika terjadi Failure dalam penggunaannya misalnya oli kering atau kualitas oli mesin yang kurang baik maka sewaktu-waktu metal dan kruk as akan mengalami keausan..sehingga harus di Oversize. Dalam melakukan oversize batang kruk as akan di kecilkan sampai permukaan menjadi halus kembali sedangkan metal akan di tebalkan menyesuaikan bagian kruk as yang di buang....
Semakin besar oversizenya maka metal akan semakin Tebal. Batang kruk as akan semakin kecil....
journalbearing.gif

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Mon Oct 18, 2010 4:54 pm
by black_lx
wahh... masalah yg sma nich oom.. kmren q dh k bngkel n divonis metalna udah kena or hrus gnti.. brhubung sya lum tau apa2 n btuh budget yg gde,sya urungkan niat untuk perbaikin tuh boil.. smpe skrg pun boil msih tetep enak dpake,tp klo wktu d rpm agk tingi,bnyi tek tek na itu sllu mncul.. jd jga d rpm bwh aja biar g berisik.. oy,skedar info kmren kata yg pny bngkel ongkos betulin n gnti metal dll sktr 5jt.. cz yg ssah hrus trun mesin n cek smuanya.. p bner segitu oom ongkosna?

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Tue Oct 19, 2010 5:40 am
by ariphrp
kur leb segitu oom..

saya sampe 2 kali masuk bengkel..
bengkel pertama ngaco kerjanya udah ngabisin 3 juta yang diganti piston standar+ring, as rocker arm, oil pump, packing2
bengkel kedua baru beres masalahnya.. habis 5 juta ganti metal semua, piston OS 0.50, ring piston, packing2, plat kopling, timing belt, bubut block mesin OS 0.05, sekalian juga service radiator

tapi itu harga di Pontianak.. yang spare parts mahal..
bengkel kedua saya beli piston+ring, plat kopling di Jakarta.. selebihnya bengkel beli di Pontianak

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Wed Oct 27, 2010 9:27 pm
by tonygc90item
cutemaster wrote:Smoga membantu

Metal terdiri dari dua macam, metal duduk dan metal jalan
kalo metal jalan yang kena dari RPM rendah sampai tinggi terus bunyi...(ngak pernah berhenti selama mesin hidup)
tetapi kalo metal duduk yang kena biasanya saat akselerasi saja atau saat gas diinjak pertama kali setelah itu suaranya hilang...hampir seperti suara mesin ngelitik...

Pada Kruk As Terdapat Dua jenis Journal Bearing Yaitu
1. Main Bearing (Metal Duduk) : yaitu journal bearing yang terletak pada Block mesin sehingga merupakan tumpuan utama bagi krukas saat berputar....
ganti metal duduk harus disesuaikan juga dengan diameter kruk as...
penomorannya sama seperti piston...(0.25, 0.50, 0.75, 0.100) penggantiannya harus dilakukan di tukang bubut...
14050_74_1.jpg
Disebut metal Duduk karena Metal ini tidak kemana2 hanya duduk diam di block mesin....


2. Round Bearing (Metal Jalan) : yaitu journal bearing yang terletak pada Batang torak atau Connecting rod....Merupakan bearing bagi batang piston untuk bergerak keatas dan kebawah..
Disebut metal jalan karena metal ini saat bekerja menjadi bearing, metal ini bergerak keatas dan kebawah.

Catatan tambahan :
Jika terjadi Failure dalam penggunaannya misalnya oli kering atau kualitas oli mesin yang kurang baik maka sewaktu-waktu metal dan kruk as akan mengalami keausan..sehingga harus di Oversize. Dalam melakukan oversize batang kruk as akan di kecilkan sampai permukaan menjadi halus kembali sedangkan metal akan di tebalkan menyesuaikan bagian kruk as yang di buang....
Semakin besar oversizenya maka metal akan semakin Tebal. Batang kruk as akan semakin kecil....
journalbearing.gif

+++++
malem om, waduh...nice info, om!
kalo gc saya, awalnya bunyi tek-tek-tek tsb. masih kecil aja (-/+ dari 2 bln yg lalu masih fine).
tapi, semenjak kena "tragedi genangan air, 25 okt '10" kemarin, gc saya kudu bekerja ekstra krn jalan yg luarbiasa padat, akhirnya, sehari kemudian, makin "menggila" om!.

Pertanyaannya:
- apa sih penyebabnya si metal jalan & duduk bisa "sakit"??? krn umur? telat ganti oli? (perasaan dua bulan sekali < 1500 dah ganti pake shell 15-40), atau???
- apa yg kudu dijaga sih om utk mengantisipasi biar ngk kejadian lagi setelah sudah "opname habis-2an" alias sdh sehat lagi?

Terima kasih ya...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Thu Oct 28, 2010 12:31 am
by onta
sakitnya bisa karena:
- kualitas oli jelek (bisa jg olie terkontaminasi, air / sludge "kotoran mesin"
- pompa oli dah lemah
- jalur olie dari pompa ke metal duduk buntu karena sludge
- filter olie yg kurang bagus
- pcv valve buntu
- umur metal karena kondisi di atas.

coba cari thread mendeteksi bunyi2an mesin, perasaan dl pernah di bahas.

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Mon Nov 01, 2010 11:31 am
by choElo98
menyimak..sambil memeriksa Gc..yang kalo panasin pagi juga bunyi tek tek...(kayaknya bunyi sama di bebek Honda Karis** ) :D

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Wed Feb 09, 2011 11:16 am
by blaze0906
izin nyimak gan :geek: ..nouva ane juga bunyi gitu :oops: ..cuma gak sampai 3 menit dipanaskan di pagi hari bunyi tersebut sirna :-o ..untuk seterusnya parkir 12 jam dikantor start lagi bunyi tersebur sirna. Cuma nongol pagi hari di rumah. Oli ane 20-50 shell helix.
1. Kira-kira lebih condong ke oil pump yg sudah telat kerja atau keluarga si metal dah pada aus?
2. Andai mesti replace/service oli pump kira2 costny berapa? :?:
3. Andai mesti turun mesin ganti keluarga metal juga kena berapa? :?:
4. Kira2 untuk pemakaian sehari2 masih aman gak (kira2 40km/hari) ? :?:
Keluhan lain tidak ada, kira2 ada gak bengkel yg cuma mau mengerjakan replace keluarga metal aja, tanpa merembet kemana2, soalnya keluhan lain gak ada sih gan, fuel consump (1:16 "ukuran diambil dari pp tambun-puncak pas habis 11,11 liter premium alias Rp. 50.000), knalpot gak ada asap dan gak bikin perih mata dan hidung :)) ), oil consump juga irit (sbgmana mobil masih muda) ;;)
Alasan utama gak mau ngerembet ke yang lain adalah agar lebih ekonomis :D dan gak mau mobil yg udah enak jadi ada trouble setelah turun mesin. :lol:
terima kasih buat sobat2 yg dah bantu jawab.

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Thu Feb 10, 2011 11:27 am
by Pa'de Gung
Kerja Oil pump menurun bisa aja om, tapi keknya masih wajar. filter oli kotor bisa menghambat kerja pompa oli, ato terjadi peyumbatan pada saluran oli.
Kalo metal dah kena, bunyi itu akan muncul sewaktu2 om, terutama saat mesin mendapat beban berat.
FC 1:16..... irit buanget tuuhh.....

Re: bunyi tek tek tek sewaktu mesin dingin/ bru d hidupkan...

Posted: Thu Feb 10, 2011 1:21 pm
by blaze0906
Pa'de Gung wrote:Kerja Oil pump menurun bisa aja om, tapi keknya masih wajar. filter oli kotor bisa menghambat kerja pompa oli, ato terjadi peyumbatan pada saluran oli.
Kalo metal dah kena, bunyi itu akan muncul sewaktu2 om, terutama saat mesin mendapat beban berat.
FC 1:16..... irit buanget tuuhh.....
pas keluar bunyi aneh itu, ane langsung ganti oli walau baru kepakek 2000km..tapi tetep bgtu ajah..
kalo mesti bersihkan penyumbatan pada pompa oli itu caranya gmana?
klo ganti filter olinya aja berapa tuh gan?
alhamdulillah fuel consump segitu gan, masih sutandar sih..hehehe
trims for share