Page 4 of 5

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Thu Jan 06, 2011 12:50 am
by Koboy
pauluspaska wrote:mengatur masukan angin (baut kecil itu) buat saya tidak bisa terpaku pada berapa putaran. Kenapa? sebab tiap karbu berbeda kondisi dan kondisi jarum baut itu sendiri. Ada yang 1,5 sudah berada dicampuran yang halus, ada yang 3 putaran, ada yang 5 putaran. Saya sendiri lupa berapa putaran tiap kali service karbu.
Yang paling mantap adalah membangun kemampuan merasakan putaran mesin dan pendengaran terhadap suara dari karbu.

Tips merasakan putaran mesin:
a. saat baut dibuka lebar perhatikan putaran mesin dan goyangan
b. Juga saat ditutup penuh perhatikan hal yang sama
c. lalu cari diantaranya dimana mesin berada di putaran yang paling halus.

Tips mendengarkan suara dari karbu:
saat baut dibuka lebar terdengar suara seperti 'whhhoooossss'
perlahan tutup baut sampai suara 'whhooosss' menghalus dan hilang, tutup terus sampai suara berubah. biasanya dibarengi dengan mesin seperti tercekik, putar balik baut sampai sebelum bunyi 'whhoosss' tadi.

[Post made via Mobile Device] Image
maksudnya baud posisi dibuka itu putar ke kanan? gitu ya om...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Thu Jan 06, 2011 10:37 am
by onta
Koboy wrote:om...onta ato om pp , yang dimaksud dashpot, vacum membran sama intake gasket itu posisi sama fungsinya apa sih....bisa minta tolong dijelasin donk.... burem nih....
dashpot itu yg warnanya ijo ada di jalur selang vacuum membran secondary throttle.
vacuum membran ya gunanya tergantung dia nempel dimana.
intake gasket, letaknya di antara intake manifold ke silender head, spy ga bocor, karena besi ketemu besi ga bisa rapet.

untuk setelan angin, cari baut (-) dari kuningan, di belakang karbu.
dibuka bautnya = bensin tambah deres.

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Thu Jan 06, 2011 2:16 pm
by pauluspaska
Koboy wrote: maksudnya baud posisi dibuka itu putar ke kanan? gitu ya om...

[Post made via Mobile Device] Image
Kalau putar ke kanan itu menutup, ke kiri membuka, seperti baut biasa.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Thu Jan 06, 2011 4:30 pm
by choElo98
Koboy wrote: gambarnya kok gak keluar ya om.... kalo item yg bergerigi itu sih setelan besar kecilin gas doank.... yg setelan angin kaga tau....hehehe...

[Post made via Mobile Device] Image
pict yang di hal.2 om... :D
oh ya trims udah dijawab, om onta juga.. :ymapplause:

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Sat Jan 08, 2011 5:43 pm
by Koboy
ok. sama-sama

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Sat Jan 08, 2011 5:46 pm
by Koboy
onta wrote: dashpot itu yg warnanya ijo ada di jalur selang vacuum membran secondary throttle.
vacuum membran ya gunanya tergantung dia nempel dimana.
intake gasket, letaknya di antara intake manifold ke silender head, spy ga bocor, karena besi ketemu besi ga bisa rapet.

untuk setelan angin, cari baut (-) dari kuningan, di belakang karbu.
dibuka bautnya = bensin tambah deres.
o.........dashpot itu yg bikin arah anginnya cuma searah itu ya om....

nah...ini nih...intake gasket maksudnya semacam packing gitu....maaf om....masih belajar sih.....hihihihi...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Wed Jan 12, 2011 11:50 am
by yuni armianto
sama punya aku om.....busi baru , filter bensin ok, kaburator dah aku bersihin,,,,semakin besar gasnya kadang knalpot nembak2

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Thu Jan 13, 2011 8:51 pm
by Koboy
om yuni....kalo pny-ku, mau cari idle nya aja susahnya.....minta ampun....gak nemu2, sampe akhirnya males...sempet punya 2 opsi....jual mobil ato beli mesin GC. soalnya tanya orang2 jawabnya karbu...semua...terus service sampe 5x lbh mungkin setal-setel sana sini...jengkel...akhirnya ganti karbu gak tanggung2 pny prastige sekalian...sama aja...idle blum ketemu...cuma...anehnya...lbh irit...berasa lbh kenceng lagi...aneh kan...hehehe..., pinjem delco, ganti vacum delco krn bocor, cek pcv valve msh bgs, vacum2, selang2nya...sdh semua..sampe khirnya capek, trus males dah nyarinya....tunggu duit aja ganti mesin ato mobil.... hehehehe...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Fri Jan 14, 2011 11:40 am
by pauluspaska
Nah, kalau sudah semua diperiksa, besar kemungkinan dari delko.....(senjata pamungkas dikeluarkan)
Dulu punya saya begitu juga.
Sepertinya dulu itu kalau setel karbu idle dapat di 700 tapi kalau udah dipake, dan terutama kalau digas kenceng, langsung naik di 900, trus kalo suhu luar panas banget idle jadi drop ke 300. Trus akhirnya delko mati total. Mobil gak bisa nyala sama sekali.
Ternyata api di delko udah bocor. Api merambat kemana-mana, ini yang menyebabkan pengapian gak stabil (RPM naik turun)
Langsung ganti delko dan semuanya baik-baik saja sampai sekarang.
Idle di 700

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Posted: Fri Jan 14, 2011 3:37 pm
by Koboy
om pp....dulu pernah dicoba pinjemin delco tuch sama aja....emang sih..minjeminnya cuma pas dibengkel dan distart aja..itupun delco bukan dari mbl yg service juga...tapi nyoba dari tempat lain copotan gitu... apa mungkin delconya kasusnya sama kali ya......

[Post made via Mobile Device] Image