Share Karburator, AC, dan Radiator.

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 702
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by cutemaster » Wed Dec 07, 2011 9:00 am

misroom wrote:
Pa'de Gung wrote:
cutemaster wrote:
misroom wrote:
cutemaster wrote:akhirnya ganti Idle-Up nya om... sekarang dah normal kembali.
txs pa de gung... buat share infonya
ganti idle up berapa om?
lg kena masalah begini juga :|
Pakai Idle-UP merk Denso (baru)+Pasang+ Cek jalur AC
rp. 200 rebu om
200 rb ya..... padahal solenoid idle up nya 50 ribuan..... pasang sendiri juga ga sulit... :-?
maren idle upny ane setting lagi, skg udah oke buat idlenya pas ac nyala..

tp maren ane bawa kejogja suka naek terus ampir mentok tuh suhunya pas ac nyala..
begitu ac dimatiin dibawa jalan juga.. turun sendiri sampe ke normal, separo kurang dikit.

itu apanya yah? fannya? radiatornya or termometernya ngaco?
maaf kalo nubitol OOT :ymblushing:
coba dalam kondisi ac on, lihat fan ac nyala ga om..? sy pernah begini.. ternyata fan AC ga nyala. jadi temperatur naik.. karena ga seimbang kipas dengan beban kerja mesin.
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti :P

User avatar
FleaFly
GC Lover
GC Lover
Posts: 436
Joined: Sat Dec 25, 2010 6:59 pm
Location: Kranggan - Cibubur - Bogor
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by FleaFly » Tue Feb 14, 2012 7:29 pm

Misi om2 ...

Mirip2 nih sm kejadian di mbl saya ...
Td siang sambil ngerjain sambil japrian, minta petunjuk dan arahan dr Om Cutemaster... (Thx mau direpotin ya om)..
Walaupun problemnya blom solve :hammer

Problemnya :
AC off = RPM 500~600
AC on = RPM 200~300
ACnya sih normal, Dingin .. Tp ya itu, RPM drop

1.Cek Solenoid idle up
Image

- Cek arus pake tespen, di socketnya, arus normal = ada setrum
- Akhirnya sy beli baru (yg universal, 50rb) kl denso/ND 175rb-180rb --> begitu di test pasang, tetep drop (untung beli yg murah)

2.Cek selang2 vakum
Image

- Ada beberapa bagian yg nempel getas --> dipotong dikit ujungnya.. Lalu masukin kembali ke tempatnya

3.Cek sambungan T (yg dr plastik), penghubung antara selang2 vakum
- Normal

4.Cek vakum yg di carbu, kebetulan sy pake DC
Image

- Saya isep/kenyot/sedot .. tuas yg ada stelan baut utk idle up AC bergerak
- Saya langsungin selang, yg dr Delco (kalo dipegang pk tangan, anginnya ngisep) ke mulut vacum, ternyata RPM gak berubah, alias tetep drop di 200~300

Mgkn om2 disini ada yg pny pengalaman sama, bisa di share solusinya ...
Apa lg yg hrs dicek ...

Thx before
Phone/WhatsApp : 0812-8(NOL)6-1(NOL)33
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<

User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 702
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by cutemaster » Tue Feb 14, 2012 9:30 pm

Setelah tadi ngobrol - ngobrol dengan om fleafly..

saya lebih curiga kerusakan ada di Vacum AC yang berfungsi untuk menaik dan menurunkan RPM, seperti pada poto.

karena setelah di kenyot/disedot maupun di direct langsung selang vacum dari delco ke vacum ac, tidak ada reaksi di vacum ac (tuas tidak bergerak menarik/tarikan)
kalau di single carb, mestinya tuas tersebut tertarik ke arah dalam vacum dan otomatis akan menaikkan RPM sesuai jarak stopper di karburator.

mudah-mudahan gambar jelek dibawah ini bisa menjelaskan :D
vacum ac.jpg

waktu itu gw juga pernah ada rusak di vacum ini om,
stelah di bongkar.. ternyata membran karet lepas dari dudukannya.
coba lem pakai aibon.. trus di pres kembali. tunggu 2 jam..
coba tiup ga ada bocor, dan membran berfungsi baik.
pasang kembali...

alhamdulillah aman sampe sekarang tuh aibon, sudah hampir 2 tahun. :D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti :P

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by Pa'de Gung » Wed Feb 15, 2012 7:16 pm

Kalo membrannya yg rusak (lapisan karetnya pada ngelupas) bisa di perbaiki ga om..?
Nyoba ta tambal pake sealer ga berhasil.....:(

User avatar
pakdhe eko
GC Lover
GC Lover
Posts: 309
Joined: Thu Jan 05, 2012 3:41 am
Location: Antara Kelapa Gading - Brebes JATENG
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by pakdhe eko » Thu Feb 16, 2012 9:42 am

ini maksute membran bensin (fuel pump) ya? emang bisa dibuka ya membran itu...prasaan gak bisa deh.
D 1399 SJ

PakdhEko - 081213532879
PIN : 3153C632
Si gepeng dari ndeso to kutho

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by Pa'de Gung » Thu Feb 16, 2012 12:54 pm

pakdhe eko wrote:ini maksute membran bensin (fuel pump) ya? emang bisa dibuka ya membran itu...prasaan gak bisa deh.
Bukan om... ni membran vacum.

User avatar
FleaFly
GC Lover
GC Lover
Posts: 436
Joined: Sat Dec 25, 2010 6:59 pm
Location: Kranggan - Cibubur - Bogor
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by FleaFly » Fri Feb 17, 2012 8:57 am

Alhamdulillah... Dah solve...

Di cek lagi, ternyata ada sambungan T (selang vacum) yg leleh, kena panas...
Trus vacum AC yg di carbu, ganti... Copotan dr DC jg, nemu di gudang... Gudangnya siapa yaaa... \=D/✗¡ •:D• ✗¡•:p •✗¡•:$ •✗¡•\=D/

Skr dah normal lagi... dan Hatiku senang....
Phone/WhatsApp : 0812-8(NOL)6-1(NOL)33
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<

User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 702
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by cutemaster » Mon Feb 20, 2012 8:50 am

Pa'de Gung wrote:Kalo membrannya yg rusak (lapisan karetnya pada ngelupas) bisa di perbaiki ga om..?
Nyoba ta tambal pake sealer ga berhasil.....:(
Selama membrannya ga bocor sih.. spertinya ga masalah om..
kalo bocor sih.. belum pernah ngalamin om. mestinya sih.. kalo di sealent tipis (rubber sealent atau Silicon seal) untuk menambal kebocornannya sih bisa om.
kalo kasus saya kemarin.. bibir membran yang nempel di body vacumnya lepas.. trus di lem kembali pakai aibon.
lumayan tahan sampai sekarang om
FleaFly wrote:Alhamdulillah... Dah solve...

Di cek lagi, ternyata ada sambungan T (selang vacum) yg leleh, kena panas...
Trus vacum AC yg di carbu, ganti... Copotan dr DC jg, nemu di gudang... Gudangnya siapa yaaa... \=D/✗¡ •:D• ✗¡•:p •✗¡•:$ •✗¡•\=D/

Skr dah normal lagi... dan Hatiku senang....
hm.. berarti memang jalur ada yang masalah, dan vacum tetap di ganti ya om
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti :P

Post Reply