Page 4 of 8

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 11:25 am
by ariphrp
bisa jadi ya.. artinya itu CDI vonis sekarat atau cuma terganggu aja ya?

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 11:37 am
by ariphrp
keknya kudu beli CDI nih..

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 12:33 pm
by Pa'de Gung
Tes coil lebih enak langsung cek hasil pengapiannya om.... saat ngadat, buka tutup delko, lepas kabel C di CDI (yg pinggir)-sambung dg kabel agak panjang, kontak on>>gesek2kan ujung kabel tadi ke body. kalo koil sehat percikan api akan muncul di ujung koil.. (awas tegangan tinggi).

CDI ternyata juga bisa 1/2 mati, bedanya CDI bisa ngadat saat mesin panas maupun dingin. kerusakan seperti ini biasanya karena komponen sort, bukan putus.
Bisa jadi oli yg masuk ke delko penyebabnya om, seperti punya saya yg kemasukan grease.
Tapi kek nya oli masuk bukan dari O ring yg di blok mesin om, tapi O ring yg di rotor delko.

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 1:39 pm
by hastono_wang
om2....

saya thn lalu juga ganti cdi dan coil. tiba2 grandmeron ndut2an trus mati gak mau stater. akhirnya tlpn tlpn temen mekanik, stlh dicek, cdi k.o dan coil pecah.
ganti dah cdi dan coil ori honda gc di dealer resmi honda. harga cdi nya 1.5jeti dan coil 450k, kondisi baru gress-segel honda hehe:)

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 4:58 pm
by ariphrp
Pa'de Gung wrote:Tes coil lebih enak langsung cek hasil pengapiannya om.... saat ngadat, buka tutup delko, lepas kabel C di CDI (yg pinggir)-sambung dg kabel agak panjang, kontak on>>gesek2kan ujung kabel tadi ke body. kalo koil sehat percikan api akan muncul di ujung koil.. (awas tegangan tinggi).

CDI ternyata juga bisa 1/2 mati, bedanya CDI bisa ngadat saat mesin panas maupun dingin. kerusakan seperti ini biasanya karena komponen sort, bukan putus.
Bisa jadi oli yg masuk ke delko penyebabnya om, seperti punya saya yg kemasukan grease.
Tapi kek nya oli masuk bukan dari O ring yg di blok mesin om, tapi O ring yg di rotor delko.
Iya oom.. O ring yang di shaft rotor..
bengkel tadi bilang berani bongkar tapi ada resiko malah nggak nyala lagi kalau sampe ada komponen kelistrikan yang putus waktu dibongkar..

ya udah ganti O ring luar aja dulu

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 6:51 pm
by Pa'de Gung
ariphrp wrote:
Pa'de Gung wrote:Tes coil lebih enak langsung cek hasil pengapiannya om.... saat ngadat, buka tutup delko, lepas kabel C di CDI (yg pinggir)-sambung dg kabel agak panjang, kontak on>>gesek2kan ujung kabel tadi ke body. kalo koil sehat percikan api akan muncul di ujung koil.. (awas tegangan tinggi).

CDI ternyata juga bisa 1/2 mati, bedanya CDI bisa ngadat saat mesin panas maupun dingin. kerusakan seperti ini biasanya karena komponen sort, bukan putus.
Bisa jadi oli yg masuk ke delko penyebabnya om, seperti punya saya yg kemasukan grease.
Tapi kek nya oli masuk bukan dari O ring yg di blok mesin om, tapi O ring yg di rotor delko.
Iya oom.. O ring yang di shaft rotor..
bengkel tadi bilang berani bongkar tapi ada resiko malah nggak nyala lagi kalau sampe ada komponen kelistrikan yang putus waktu dibongkar..

ya udah ganti O ring luar aja dulu
Sebenarnya aman kok om, kan kelistrikan cuma CDI dan Coil aja, kalo dua kompunen itu dah dilepas, udah ga ada kabel satupun.
Tapi keknya banyak tuh...temen2 yg punya body delko nganggur dan belum bocor.

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Feb 13, 2012 7:43 pm
by pakdhe eko
Pa'de Gung wrote:
ariphrp wrote:
Pa'de Gung wrote:Tes coil lebih enak langsung cek hasil pengapiannya om.... saat ngadat, buka tutup delko, lepas kabel C di CDI (yg pinggir)-sambung dg kabel agak panjang, kontak on>>gesek2kan ujung kabel tadi ke body. kalo koil sehat percikan api akan muncul di ujung koil.. (awas tegangan tinggi).

CDI ternyata juga bisa 1/2 mati, bedanya CDI bisa ngadat saat mesin panas maupun dingin. kerusakan seperti ini biasanya karena komponen sort, bukan putus.
Bisa jadi oli yg masuk ke delko penyebabnya om, seperti punya saya yg kemasukan grease.
Tapi kek nya oli masuk bukan dari O ring yg di blok mesin om, tapi O ring yg di rotor delko.
Iya oom.. O ring yang di shaft rotor..
bengkel tadi bilang berani bongkar tapi ada resiko malah nggak nyala lagi kalau sampe ada komponen kelistrikan yang putus waktu dibongkar..

ya udah ganti O ring luar aja dulu
Sebenarnya aman kok om, kan kelistrikan cuma CDI dan Coil aja, kalo dua kompunen itu dah dilepas, udah ga ada kabel satupun.
Tapi keknya banyak tuh...temen2 yg punya body delko nganggur dan belum bocor.
Kalo cm butuh body delco saya ada tuh...masih bagus kok cuman ya itu..CDI dan Koilnya bermasalah :D

Re: Share CDI mati

Posted: Tue Feb 14, 2012 6:46 am
by ariphrp
Boleh Oom? berapa maharnya nih?

Re: Share CDI mati

Posted: Tue Feb 14, 2012 6:54 am
by pakdhe eko
ariphrp wrote:Boleh Oom? berapa maharnya nih?
Tapi koil n CDI mati lho ya... ;)

Re: Share CDI mati

Posted: Tue Feb 14, 2012 10:04 am
by Pa'de Gung
ariphrp wrote: Iya oom.. O ring yang di shaft rotor..
bengkel tadi bilang berani bongkar tapi ada resiko malah nggak nyala lagi kalau sampe ada komponen kelistrikan yang putus waktu dibongkar..

ya udah ganti O ring luar aja dulu
Mau nambahin dikit, dulu saya pernah bongkar delko total. Ehh pas dipasang lagi mesin ga mau idup... :D
Padahal sepertinya ga ada yg salah pasang....
Setelah dicermati lebih dalam... ternyata posisi rotor yg ke sentripugalnya kebalik... :( ga ada tandanya sih...
ini menyebabkan distibusi api salah sasaran.......
Setelah saya balik posisinya, langsung jreenggg..... :)